Tips Bagaimana Riset Keyword Buat Postingan Blog

Tips Bagaimana Riset Keyword Buat Postingan Blog

Salah satu pondasi dalam bermain blogger adalah dengan melakukan riset keyword atau biasanya sering di sebut dengan riset kata kunci. Kenapa hal ini sangat penting ? karena bisa menentukan keberhasilan blog atau artikel yang akan kita buat. Setiap blogger pasti memiliki cara tersendiri dalam melakukan riset keyword ini, akan tetapi intinya tetapi tujuannya tetap sama, yakni memperoleh bahan artikel untuk postingan blog kita.


Cara gampang riset keyword

Riset keyword merupakan cara untuk menentukan kata kunci yang memungkinkan tulisan kita agar banyak dikunjungi dan di baca oleh orang lain. Lalu, bagaimana caranya ? yaps, kalian bisa simak berikut ini. 

Tips Bagaimana Riset Keyword Buat Postingan Blog

Tips Bagaimana Riset Keyword Buat Postingan Blog


1. Menggunakan keyword potensial

Keyword seperti ini bisa menjadi bibit artikel kalian. Pastikan bibit ini kalian tanam dengan benar, agar bisa unggul dan memiliki nilai yang tinggi. Pada dunia blogger, pastikan keyword yang kalian pilih itu menjadi bahan dalam membuat konten yang mana memiliki nilai manfaat yang tinggi, sehingga di cari oleh banyak orang. 

Misalkan saja, kalian ingin membuat topik tentang "smartphone", maka keyword potensial dalam topik ini seperti :

  • Aplikasi edit foto untuk smartphone
  • Cara membuat alikasi untuk smartphone
  • Cara mengubah extensi file dengan smartphone
  • Aplikasi edit video terbaik smartphone

Keyword diatas menjadi potensial karena ada banyak yang mencarinya disearch engine google, atau big san sebagainya, yang mana itu bisa saja mendatangkan trafik organik ke blog yang kalian buat. Sedangkan untuk mencari keyword potensial itu, kalian bisa mengunakan tools seperti ahrefs, ubersuggest, semrush dan kwfinder.

2. Cek volume pencarian

Untuk mengecek volume pencarian keword yang kalian pilih, kalian bisa menggunakan tools keyword planner ( GKP ). Tools ini merupakan produk dari google yang bisa kalian manfaatkan untuk mengecek volume pencarian dan nilai CPC keyword yang kalian pilih. 

Dengan menggunakn GKP ini bisa kalian manfaatkan karena trafik yang terbik adalah pengunjung yang datang dari pencarian google. Saya kira untuk tingkat akurasinya juga cukup baik di GKP dibandingkan tools pihak ketiga seperti semrush dan kwfinder. 

Kalian bisa memanfaatkan tools pihak ketiga in sebagai referensi pembanding saja, dan menggunakan GKP sebagai data utama. Sebagai tabahan, kalian harus memasan extensi keyword everywhere di google chrome agar data voleume pencarian di GKP bisa terlihat.

3. Cek tingkat persaingan

Tujuanya agar mempermda optimasi konten, baik itu dari sisi on page atau off page. Jangan sampai kalian salah dalam memilih lawan. Sudah nulis panjang dan lebar, eh ternyata tidak muncul di google. Dan artikel yang kalian buat hanya nangkring di entah halaman berapa, alhasil trafik yang kalian dapat hanya sedikit, dan bahkan bisa saja kalian tidak mendapatkan trafik dari google. 

Kalian bisa memanfaatkan tools keywordrevealer, disana kalian bisa melihat seberapa ketat persaingan keyword yang kalian pilih. Tools tersebut bisa melakukan 3 keyword perhari dalam 1 akun. 

Atau kalian bisa melakukan dengan manual, dengan cara melakukan pengecekan langsung blog yang nagkring di page one. Jika yang nangkring di page one adalah artikel lawas, dan tidak update, tidak lengkap, dan di tulis ala kadarnya. Maka ini bisa menjadi potensi untuk bisa di geser. 

4. Rangkum data yang kalian riset

Agar mudah dalam mengelola postingan, kalian bisa menyimpan data keyword yang kalian cari dalam excel beserta rinciannya, kumpulkan minimal 100 - 400 keyword untuk bahan postinganya, Setelah itu mulailah membuat artkel, silakan buat artikel yang memiliki volumen tinggi dan memiliki tingkat persaingan yang rendah.

5. Lakukan keyword tracking

Untuk melihat perkembangan keyword setelah membuat artikel, kalian bisa tracking posisi di mesin pencari google. Jika artikel dalam blog kalian banyak, kalian bisa memanfaatkan whatsmyserp 

Tools itu cukup bagus dan akurat untuk melacak posisi keyword yang kalian posting, baik itu dalam versi mobile atau versi dekstop. 

Nah itulah beberapa tips dalam mencari keyword untuk bahan postingan blog, silakan kumpulkan data keyword potensial sebanyak banyaknya, dan jangan hanya mengandalkan tools, tetapi riset juga secara manual agar data yang kalian dapat lebih akurat. Sebagai permulaan kalian bisa mencari tingkat yang easy dulu, dan memiliki volume pencarian minimal 500, agar lebih mudah masuk ke page one google.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.