Tidak Banyak yang Tahu | 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Tikus

Tidak Banyak yang Tahu | 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Tikus

Keberadaan tikus dalam rumah memang meresahkan bukan ? Selain merusak perabotan rumah tangga, Tikus juga bisa menyebarka penyakit loh. Sebenarnya ada eberapa cara untuk mengusir tikus di rumah kita, misal saja seperti mengunakan racun atau perangkat tikus. Namun, hal itu juga meresahkan bukan? Karena kalian harus membuang bangkai tikus yang sudah mati jika terkena perangkat yang kita pasang.

Nah daripada seperti itu, kalian bisa menggunakan tanaman berikut ini sebagai pengusir tikus pada rumah kalian. Selain aroma nya yang segar, tanaman ini juga bisa mempercantik ruangan kalian. Penasaran tanaman apa yang tidak disukai tikus ? Yuk simak artikel ini . 

5 Tanaman Pengusir Tikus

1. Daun sage

5 Tanaman Pengusir Tikus


Tanaman ini kerap kita jumpai sebagai tanaman hias. Tanaman sage yang di tanam di halaman rumah kita ternyata bisa juga kita manfaatkan sebagai pengusir tikus got loh. Tanaman sage hijau dan sage putih, keduanya bisa kita manfaatkan untuk pengusir tikus pada rumah kita. Karena bau dari tanaman tersebut yang terlalu menyengat sehingga tidak disukai oleh tikus. 

Apalagi kalau tanaman itu di taruh di dalam pot dan diletakkan di dalam runagan rumah kita, tanaman sage ini akan mengeluarkan aroma yang lebih pekat. Namun, jika kita hendak meletakkan di dalam ruangan rumah kita itu terlalu tricky, mengingat tanaman sage ini butuh sinar matahari setiap hari. Paling tidak kamu harus memilih sudut rumah kamu yang bisa terjangkau oleh sinar matahari, atau kalian juga bisa meletakkan tanaman sage ini diluar rumah di siang hari, dan memasukan ke ruangan pada malam harinya. 

2. Tanaman bawang

5 Tanaman Pengusir Tikus


Tanaman bawang, baik itu bawang merah atau bawang putih, keduanya memiliki aroma yang menyengat bukan ? Bahkan itu bisa membuat pedih di mata. Dari itu lah yang membuat tanaman bawang ini bisa kita manfaatkan untuk pengusir tikus yang ada dirumah kita. 

Kalian bisa menaruhnya di dalam pot, dengan menggunakan tanah yang lembab, dan biarkan tumbuh daunya. Tanaman bawang ini bisa kalian letakkan di dapur yang mana itu sering dilewati oleh tikus. Jadi bisa sekalian kalian manfaatkan untuk pengusir tikus yang ada di rumah kalian. 

3. Bunga lavender

5 Tanaman Pengusir Tikus


Bunga yang terkenal dengan warnanya yang menarik ini bisa kalian manfaatkan untuk mengusir tikus yang ada di rumah kalian juga. Bunga lavender ini banyak sekali manfaatnya, selain untuk minyak aroma terapi, ternyata bisa juga kalian manfaatkan untuk pengusir tikus, dan bahkan tidak hanya tikus saja, bunga ini juga bisa mengusir kutu dan nyamuk yang ada rumah kita.

Kalian bisa memotong bagian tangkai bunga lavenderm lalu simpan di dalam vas bunga. Selain itu, kalian juga bisa menanamnya di dalam pot kecil lalu meletakkanya pada ruangan kalian. Aroma yang enak dari bunga lavender ini juga baik untuk saluran pernafasan kalian. 

4. Aromah daun mint

5 Tanaman Pengusir Tikus


Daun mint adalah salah satu tanaman yang cukup mudah tumbuh dan banyak sekali manfaatnya. Selain aroma nya yang menyegarkan, daun mint juga memiliki kandungan antioksidan yang baisanya dimanfaatkan untuk menambah kesegaran pada minuman. Selain itu, aroma daun mint juga bisa kalian manfaatkan untuk pengusir tikus got. Kamu bisa menanam tanaman ini pada pot kecil lalu letakkan ada ruangan rumah kalian. 

Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan media air, kalian cukup menaruh tanaman ini utuh dengan akarnya, lalu letakan di dalam pot berisi air, lalu letakkan di atas meja. Umumnya daun mint akan cepat menguning jika kurang dengan sinar matahari, Jadi kalian harus telaten jika ingin menanam tanaman ini untuk mengusir tikus yang ada dirumah kalian. 

5. Bunga marigold

5 Tanaman Pengusir Tikus


Bunga ini memiliki mahkota yang bertumpuk dan berwarna. Tanaman yang biasnya digunakan untuk tanaman hias ini, bisa kalian manfaatkan untuk mengusir tikus yang ada rumah kalian. Kalian bisa meletkkan di dalam pot lalu menaruhnya di sudur ruangan rumah kalian. Tampilannya juga menarik, bisa kalian manfaatkan untuk menghias ruangan kalian juga. 

Selain bisa mengusir tikus, tanaman ini juga bisa kalian manfaatkan untuk mengusir ular juga, Namun marigold harus ditanamn di halaman rumah agar bisa tumbuh liar dan mengasilkan aroma yang lebih pekat. Karena tanaman ini bisa tumbuh mencapai 1,5 meter, bisa kalian manfaatkan juga untuk pagar halaman kalian. 

Nah itu lah beberapa tanaman yang bisa kalan manfaatkan sebagai pengusir tikus. Selain bermanfaat sebagai pengusir tikus, tanaman ini juga aman untuk anak anak. dan juga membuat ruangan kalian lebih estetik. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.