Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop

Kita tahu jika banyak sekali sekarang youtuber gaming yang bermunculan. Dimana untuk menjadi youtuber gaming itu kita harus menyajikan konten yang berisi bagaimana mereka bermain game tersebut. Nah untuk mendukung kegiatan itu, tentu mereka memerlukan software atau aplikasi yang berfungsi untuk merekam layar mereka, baik itu di laptop ataupun di PC. 


Aplikasi perekam layar sendiri tentu ada banyak sekali, baik itu yang gratis ataupun berbayar. Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan beberapa rekomendasi software rekam layar melalui PC dan Laptop yang bisa menjadi pilihan kalian jika ingin merekam layar untuk konten atau untuk tugas kalian. 


5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop

Aplikasi perekam layar


1. AMD Radeon Software

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop
sumber : asepfahadsultana youtube channel

Rekomendasi dari kami yang pertama adalah Radeon software dari AMD. Disini setiap pengguna GPU AMD bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sudah di bekali dengan sejumlah fitur yang salah satunya adalah instant replay. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan upscaling yang mampu meningkatkan resolusi pada tiap klip yang kalian rekam. Dengan begitu, kualitas rekaman kalian akan jauh lebih baik. 

2. Gamecaster

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop
sumber : vyminal youtube chanel

Software ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, akan tetapi, aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur untuk perekam saja loh, melainkan juga fitur untuk streaming juga. Dari fitur tersebut juga sudah dikonfigurasi agar menggunakan kualitas video gameplay yang diatur secara otomatis dengan GPU sebagai encoder defaultnya. 

Tapi jangan kecewa, kalian bisa mengaturnya manual dengan resolusi 4K juga. dan enaknya, software ini bisa kalian unduh secara gratis.

3. NVIDIA Geforce Experience

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop
sumber : nvidia

Software ini sama dengan yang pertama, yaitu bawaan dari GeForce Experience. Software ini menggunakan GPU encoding sesi perekamnya dan juga menawarkan beberapa pillihan untuk reolusi dan fps. 

Karena software ini bawaan NVIDIA , maka kalian bisa menekan  Alt + Z untuk menggunakannya. Tidak hanya itu saja, kalian bisa merekam sesi sesi tertentu saja dalam semua sesi permainan kalian, atau bisa disebut instant replay.

4. OBS Studio

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop
sumber : azhaleno.com

Selanjutnya adalah OBS Studio atau Open Broadcaster Software yang merupakan aplikasi biasa digunakan oleh para streamer melalui Chanel YouTube atau Twitch mereka. Software ini bersifat open source yang bisa kalian unduh secara gratis. 

OBS sendiri menggunakan CPU untuk render berbagai aktivitas merekam layar menjadi default. Akan tetapi kalian bisa mengubahnya ke GPU juga, dan aplikasi ini juga sudah mendukung resolusi 4K di 60fps untuk aktivitas rekam layar kalian. 

5. Xbox Game Bar

Rekomendasi Aplikasi Untuk Merekam Layar di PC dan Laptop
sumber : windows community

Rekomendasi aplikasi perekam layar terakhir adalah Xbox Game Bar. Aplikasi ini merupakan bawaan dari OS Windows 10. Untuk menggunakannya kalian hanya perlu menekan " windows + G ". Secara default aplikasi ini mendapatkan fps maksimal sevesar 30 fps, namun bisa kalian ubah ke 60 fps dengan resolusi maksimal 1080p.


Nah berikur adalah rekomendasi aplikasi perekam layar untuk laptop ataupun PC kalian. yang bisa kalian manfaatkan untuk merekam layar ketika bermain game atau juga untuk merekam layar sebagai tugas sekolah atau tugas kuliah kalian. Semoga membantu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.