Banyak yang Belum Tahu | Berikut Daftar Makanan Populer di Korea

Banyak yang Belum Tahu | Berikut Daftar Makanan Populer di Korea

Kita tahu jika setiap negara pasti memiliki makanan khas untuk masing masing negara, yang juga akan menjadi identitas dari negara tersebut. Seperti di Indonesia sendiri contohnya, ada beberapa makanan dan minuman khas, seperti rendang, es cendol, kerak telur, hingga berbagai jenis sambal.


Nah, siapa yang sering mencicipi berbagai makanan khas negara lain? saat ini kita tidak lagi merasa sulit untuk menemukan makanan khas negara lain, karena sudah banyak yang menjual di minimarket, supermarket dan ada juga pada jualan online. 


Kiita juga bisa mencoba untuk memasak sendiri dirumah dengan cara menonton tutorial yang ada di website atau di youtube. Nah untuk makanan khas korea sendiri, apakah kalian sudah pernah mencoba ? Ternyata ada banyak makanan korea yang terkenal lo. Yuk ketahui berbagai makanan populer dan khas di korea berikut ini. 


Kimchi


Daftar Makanan Populer di Korea


kalian pasti sudah tidak asin lagi dengan nama makanan ini, kimchi merupakan makanan populer dari korea yang hapir selalu ada pada hidangan khas negeri gingseng ini. Nah, untuk kimchi ini ternyata sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu loh. 


Kimchi merupakan sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas, biasanya sayuran yang digunakan sebagai bajan baku kimchi adalah sawi putih atau lobak. Sayuran yang sudah dipotong kemudian dicampurkan dengan bumbu pedas yang terbuat dari kecap ikan, bawang putih , cabai , dan bubuk cabai merah. 


Kimchi dapat dimakan langsung atau difermentasikan dulu selama beberapa hari. Bukan hanya sawi putih dan lobak saja, dikorea ada lebih dari 200 variasi kimchi loh. 


Kimbap


Daftar Makanan Populer di Korea


Kimbab merupakan nasi gulung yang diisi dengan sayuran, daing ayam, atau ikan yang kemudian diiris tipis. Seluruh isian tersebut lalu disusun, digulung dengan dibungkus berupa naori atau lembaran rumput laut. 


Walau isinya berupa nasi, sayur, dan daging, kimbap biasanya dijadikan sebagai camilan oleh warga korea. Sekilas kimbap memeliki bentuk yang mirip dengan sushi gulung dari jepang. 


Tteokbokki


Daftar Makanan Populer di Korea


Makanan ini cukup mudah ditemkan disini, banyak pedagang pinggir jalan yang menjualnya, uniknya, dulu makanan ini merupakan makanan khas korea dari kerjaan loh, bahkan resepya sudah ada sejak ribuan ahun lalu. 


Tteokbokki sendiri terbuat dari kue beras rebus, kue ikan, telur dan berbagai makan sayuran yang kemudian diberi saus pedas manis berwana merah yang disebut dengan gochujang.


Bibimbap


Daftar Makanan Populer di Korea


Makan populer dari korea selanjutnya adalah bibimbap, yang bisa kalian temukan dimana saja, mulai dari foodcurt hingga resotoran besar. Sekilas makanan ini mirip dengan nasi campur.


Bibimbap sendiri terbuat dari nasi hangat, sayuran, telur, daging, cincang, mauapun seafood. kemudian nasi nya ditambahkan dengan saus gochujangm sehingga memberikan rasa dan aroma yang khas. 


Samgyeopsal


Daftar Makanan Populer di Korea


Untuk lidah orang Indonesia, mungkin makanan khas korea ini agak sedikit seulit untuk dilafalkan, Samgyeopsal merupakan hidangan yang menyajikan bahan utana berupa daging perut babi panggang dengan tekstur yang tebal dan berlemak. 


Daging babi yang diasjikan pada umumnya tidak diberi bumbu alias hanya dipanggang saja, setelah daging matang, barulah diberibumbu sederhana berupa saus pedas. Daging bagian perut babi dikorea sendiri menjadi bagian favorit untu 85% orang dewasa, menurut informasi survei yang dilakukan oleh koperasi pertanian korea pada tahun 2006. 

Uniknya, daging yang digunakan merupakan daging impor, bukan daging lokal. Akasanya daging yang impor dari negar lain seperti belgia, dan belanda mempunya harga yang lebh murah dibandingkan daging babi dalam negeri. 


Nah dari sekian daftar makan diatas, apakah makanan yang kalian favoritkan? Dari sekian banyak orang yang berkunjung ke korea, mereka mengaku jika kimchi menjadi hidangan pertama yang wajib dicoba setelah tiba di negeri gingseng ersebut. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.