Mau Beli PS5? Berikut Hal yang Wajib Kalian Tau

Mau Beli PS5? Berikut Hal yang Wajib Kalian Tau

 Playstation terbaru akhirnya hadir dengan penawaran yang menarik. Pada konsol ini, kamu akan melihat grafik yang lebih baik pada game yang kamu mainkan. PS 5 juga sudah mendukung kecepatan refresh yang cukup tinggi dimana akan berdampak pada game yang kamu mainkan akan terasa lebih lancar. 


Belum lama ini, pihak Sony sudah merilis spesifikasi dan gambar terbaru PS5. Sejauh ini, kelebihan Playstation 5 sangat signifikan dibandingkan generasi terdahulunya. Namun, para gamer harus sabar menunggu, karena baru akan rilis di akhir tahun ini. 


Informasi spesifikasi yang dirilis oleh Sony, membuat kita tahu apa saja kelebihan-kelebihannya. Bagi Anda yang penasaran, cek kelebihan PS5 yang akan kami bagikan berikut ini:


8 Hal yang wajib kamu ketahui sebelum membeli PS5


keunggulan PS5


1. Terdiri dari 2 versi konsol namun mereka tetap sama

Seperti microsoft, sony juga menjual dua versi konsol generasi berikutnya yang akan datang. Namun untuk sony sendiri perbedaannya terdapat pada drive disknya. Untuk drive Blu-ray 4K kamu harus mengeluarkan uamh USD$ 499,99 sedangkan untuk versi digital edition PS5 dengan harga USD$ 399,99 yang akan terlihat lebih tipis dari satunya.


PS5 ini sudah didukung oleh kostum CPU AMD Zen 2 dengan 8 inti dan GPU berbasis AMD Radeon RDNA 2 kustom yang akan membuat kekuatan grafis mentah 10,28 teraflop. Selain itu konsol ini juga sudah menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU PS5, yang mana akan berjalan lebih cepat dari biasanya ketika CPU tidak berjalan dengan sempurna. 

2. Load Times PS5

PS5 mengusung solid state drive (SSD), yakni sebuah hardware yang lebih ngebut ketimbang hard disk tradisional. SSD ultra-cepat di PS5 akan mengurangi waktu loading. Kebanyakan game yang dimainkan pada konsol PS5 memiliki waktu loading yang lebih cepat dibandingkan dengan PS4. Seperti game spider-man: Miles morales misalnya, yang tercatat memiliki waktu 17 detik untuk loading, sedangkan pada PS4 membuthkan waktu 1 Menit 27 Detik.


Tidak jauh berbeda dengan smartphone pada umumnya, pada konsol PS5 ini sebagian ruang penyimpanannya juga sudah dipakai untuk data sistem. 

3. Perbandingan PS5 vs Xbox Series X vs Xbox Series S

untuk PS5 Sony sendiri sudah mendukung output hingga 8K dan menjanjikan grafk 4K hingga kecepatan refresh 120Hz. Horsepower konsol yang ditingkatkan ini akan menghasilkan efek yang lebih realistis pada game yang anda mainkan. 


Semua perangkat keras itu dikemas ke dalam konsol game terbesar dalam sejarah modern. dengan drive disk berukuran kira-kira 390mm x 104mm x 260mm (tinggi sekitar 15,4 inci, dalam 4,1 inci, dan lebar 10,2 inci). Jika dibandingkan dengan Xbox Series X (yang lebih besar dari konsol generasi mendatang Microsoft), yang berukuran 301mm x 151mm x 151mm. Dan kedua konsol itu jauh lebih besar dari Xbox Series S.

4. Audio 3D yang imersif

kita tahu bahwa Sony telah menciptakan teknologi audio sendiri untuk PS5 yang disebut Tempest 3D Audio Engine. Audio ini menggunakan hardware yang dibangun khusus serta algoritma software untuk membuat suara audio dalam game lebih realistis dan nyata. Dengan kata lain, itu akan jauh lebih imersif ketimbang generasi sebelumnya.


Perbedaannya, menurut kata Cerny, adalah bahwa solusi khusus akan bekerja dengan semua headphone stereo di pasaran, dan pada akhirnya soundbars, speaker TV dan sistem hiburan rumah – tidak seperti Dolby Atmos.

5. Game PS4 dapat dimainkan di PS5

PS5 buatan Sony ini akan kompatibel dengan game PS4. Menurut Cerny, “hampir semua” dari 100 game teratas PS4 akan dapat dimainkan saat diluncurkan. Tapi game PS4 apa yang akan dimasukkan? Menurut Cerny, 100 game teratas sedang diurutkan berdasarkan waktu bermain, tetapi kami tidak tahu persis game mana yang akan berhasil.


Sony belum mengkonfirmasi apakah PS5 kompatibel dengan PS3, PS2 atau PlayStation asli, tetapi sepertinya tidak mungkin. Sejauh ini, perusahaan hanya berfokus pada kompatibilitas dengan PS4.

6. 4K UHD Blu-ray drive 

PS5 akan memiliki pemutar Blu-ray 4K bawaan. Yang berarti bahwa PS5 juga dapat menjelma sebagai sistem hiburan rumah, tidak hanya sebagai konsol game saja. Selain itu, PS5 juga dapat memproduksi konten beresolusi hingga 8K. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bermain game dengan resolusi 8K.

7. Kontroler dengan Haptic Feedback

Kontroler PS5 ini sudah menggunakan haptic feedback, yang menggantikan vibrasi tradisional. Feedback haptic ini membuat feedback yang lebih responsif dan sensitif yang mana dapat menyesuaikan berbagai kondisi game.


Akan ada feedback berbeda antara game racing dan game first person shooter ketika dimainkan. Kontroler ini juga akan memiliki trigger adaptif yang dapat diprogram sesuai tingkat ketegangan game.

8. Desain lebih futuristik

Seperti generasi terdahulunya, setiap merilis konsol baru, Sony selalu membuat perubahan pada bentuknya. Hal ini juga berlaku pada PS5. Desainnya lebih futuristik dan dibuat sedikit lancip. 


Pengguna juga dapat meletakkan PS5 secara horizontal. Dengan begitu, konsol tidak akan memakan ruang penyimpanan. Controller-nya dibuat berbeda dan tampak lebih nyaman ketika dipegang. 


Kesimpulan


Dari 8 poin diatas merupakan keunggulan dari PS5 dibandingkan seri terdahulunya. Kelebihan-kelebihan tersebut hanya bisa didadpatkan di konsol generasi terbaru ini. Pengguna bahkan bisa menikmati game-game PS4 tanpa harus membeli konsolnya. Hal ini akan menghemat Anda yang belum mencoba berbagai game di PS4.


Sistem loading yang terkadang membuat kita jengkel, juga sudah tidak ada lagi. Cukup menunggu 1 detik saja, kita sudah bisa memainkan game yang kita sukai. Semua kelebihan di atas tidak lepas dari spesifikasi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 


Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah tahu apa saja kelebihan Playstation 5 dibandingkan generasi terdahulunya. Sudah tidak sabar ingin melihat dan membelinya? 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.