Apple VS Samsung | Siapa Yang Sudah Menggunakan Teknologi Terupdate ?

Apple VS Samsung | Siapa Yang Sudah Menggunakan Teknologi Terupdate ?

Adimasrosid Blog - Pada tahun 2020 ini pihak Apple mungkin terganggu dengan adanya keluaran ponsel pintar dari pihak Samsung dengan seri Galaxy. Sudah tidak asing lagi sejak tahun 2007 iPhone sudah menjadi ponsel pintar terbaik, namun ditahun 2020 ini kehadiran Galaxy, benarkah mampu mengalahkan teknologi dari Apple ? 

Apple VS Samsung


Perlombaan inovasi terus dilakukan oleh semua perusahaan ponsel pintar demi menghadirkan teknologi terbaru dan terbaik bagi konsumen. yuk kita bahas teknologi apa saja yang diluncurkan kedua perusahaan tersebut. 

1. Baterai

Kita mulai dari samsung, dengan peluncuran Galaxy M31 ini pihak samsung memberikan kapasitas sebesar 6000 mAh. Untuk seri M sebelumnya pihak samsung hanya memberikan baterai sebesar 5000 mAh, contohnya seperti Samsung Galaxy M20.

Sedangkan untuk iPhone 11 terbaru hanya memiliki kapasitas baterai 3969 mAh. Untuk pengisian baterai hanya 18 watt saja, berbeda dengan Samsung S20 yang sudah menggunakan pengisian daya baterai sebesar 45 watt.

Namun untuk rumor yang beredar, iPhone akan mengeluarkan produk terbarunya sebanyak dua kali dalam tahun ini. Mengapa seperti ini ? apakah untuk mengejar ketertinggalan iPhone dari segi kamera sampai baterainya ? Mampu kah pihak Apple mampu menyematkan baterai dengan kapasitas jumbo pada ponsel pintarnya ? kita tunggu saja. :)

Baca juga : perbandingan redmi note 7 vs galaxym20

2. Kamera

Berkat teknologi terbarunya yakni Optic Zoom pada seri Galaxy S20 yang dapat memastikan pengguna untuk mengambil gambar dari kejauhan menjadi nilai Plus bagi konsumen. Dengan teknologi tersebut galaxy S20 dan S20+ mampu melakukan 3x Hybrid Optic Zoom, Sedangkan untuk S20 Ultra sendiri mampu melakukan hingga 10x dengan 100x space zoom. 

Berbanding terbalik dengan iPhone yang hanya memberikan resolusi kamera sebesar 12 MP. Namun menurut Lucky sebastian besaran resolusi kamera tidak semata-mata mampu menghasilkan foto terbaik, ada indikator lainnya juga, seperti software,algoritma, sampai kecerdasan buatan. Lucky juga mengatakan bahwa teknologi nona-binning milik samsung bisa menghasilkan foto yang lebih kaya akan detail jika dibandingkan deep fusion milik Apple.

Teknologi Deep Fusion pada Iphone 11 Pro dan 11 Pro Max bisa menghasilkan gambar terbaik dengan menggabungkan 9 foto yang diolah machine learning.Desain zig-zag pada iPhone 11 membentuk sebuah tren diindustri,Bahkan Google Pixel versi terbarunya juga menggunakan desain zig-zag yang sama dengan seri iPhone 11.

Apple VS Samsung


3. Layar

Apabila dari segi layar, pihak Samsung berinovasi pada ponsel pintarnya dengan menghadirkan ponsel lipat Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold. Dengan mengusung tema hybrid, kedua ponsel pintar tersebut menjadi andalan pihak Samsung dalam inovasi teknologi kekinian-nya. 

Namun apabila di lihat dari segi harga, harga ponsel pintar dari Samsung tersebut melambung tinggi, Untuk Galaxy Z Flip sendiri dibanderol dengan harga Rp. 21.888 juta,sedangkan untuk Galaxy Fold dibanderol dengan harga Rp. 30,8 juta.

Sedangkan dari pihak Apple sampai saat ini belum ada tanda tanda untuk mengeluarkan inovasi layar lipat pada ponsel pintarnya. Apple memang sempat berinovasi dengan mengeluarkan poni (notch) untuk memperluas rasio layar, sedangkan sampai saat ini, pihak Apple seperti monoton dalam mengeluarkan inovasi pada layar ponsel pintarnya. 

Baca Juga : Review Samsung Galaxy M

4. Chipset

Jika dari sisi chipset, Samsung dan Apple saling berinovasi, Untuk Samsung sendiri memliki Exynos 990 yang memiliki 8 inti prosesor yang terbagi menjadi 3 cluster, yaitu dual core custom M5 yang kencang, Dual core A76, dan 4 core A55 yang lebih irit daya.

Sementara dari Apple memiliki A13 Bionic hanya memiliki 6 inti prosesor (hexacore) yang terbagi dalam 2 cluster. yakni dual core Lightning yang mengedepankan performa dan 4 core thunder yang mengedepankan ke-efisien-nanya.

Jika dilihat dari kinerja, kedua chipset tersebut tidak terlampau jauh, dan mungkin ini yang menyebabkan iPhone 11 Pro Max hanya memiliki kapasitas baterai 4000 mAh, namun dengan adanya chipset A13 ini iPhone 11 Pro Max mampu bertahan cukup lama. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.