Demi Cegah Penyebaran Corona - IBM Keluarkan Komputer Super Canggih

Demi Cegah Penyebaran Corona - IBM Keluarkan Komputer Super Canggih

Adimasrosid - Internasional Business Machine Corporation ( IBM ) telah merancang komputer super canggih dengan bantuan otak kecerdasan buatan ( AI ) yang di claim mampu menganalisa senyawa obat yang efektif untuk menghentikan infeksi virus corona (SARS-COV-2).

Demi Cegah Penyebaran Corona - IBM Keluarkan Komputer Super Canggih


Kita tahu bahwa hingga sampai saat ini belum ditemukan obat dan vaksin khusus untuk pencegahan virus korona ( covid-19 ) yang telah menjangkit dunia. Berdasarkan rangkuman dari cnn indonesia. super komputer dari IBM ini mampu mengidentifikasi 77 senyawa obat yang menunjukan harapan dalam mengobati dan memerangi virus korona.

Dimulai dengan lebih dari 8000 senyawa, penggunaan komputer super ini memungkinkan para peneliti untuk cepat dalam mengidentifikasi obat mana yang lebih efektif dari pada yang lain dan tentunya dalam waktu yang singkat. 

Komputer super ini memliki kekuatan 200 petaflops, yang berarti bahawa ia memiliki kecepatan komputasi sebanyak 200 kuadriliun perhitungan setiap detiknya. kekuatan ini 1 juta kali lebih kuat jika dibandingkan dengan laptop dengan kecepatan processing tercepat yang ada. 

Obat - obatan yang diidentifikasi, secara teori akan mengikat protein dan mencegah virus dari mendatangkan malapetaka bagi tubuh manusia. Jeremy Smith anggota dari peneliti ini, memperingatkan bahwa ini belum berarti nereka menemukan obatnya. 

Menurut Smith, pada hasil penelitianya dengan tim IBM beserta super komputernya tidak berarti bahwa mereka telah menemukan obat atau perawatan untuk virus korona. " kami sangat berharap, bahwa temuan komputasi ini akan menginformasikan studi masa depan dan memberikan kerangka kerja yang akan digunakan oleh para peneliti untuk menyelidiki senyawa ini lebih lanjut," ujarnya. Tim di Oak Ridge National Laboratory akan mejalankan simulasi di Summit dengan menggunakan model lonjakan virus corona yang lebih akurat. 

Sampai saat ini, tim peneliti dari banyak negara juga tengah berjuang habis-habisan demi untuk menemukan obat atau vaksin virus covid-19. Semuanya bekerja dengan cara yang paling tepat agar virus yang sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) ini dapat segera teratasi.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.