Cara Menghilangkan Embun Pada Jam Tangan

Cara Menghilangkan Embun Pada Jam Tangan

Jam tangan itu tidak punya kelemahan selain cuaca dan baterai. Nah. jika cuacanya pas lagi sering hujan kayak saat ini, jam tangan rentan banget terena penyakit yang namanya berembun. Embun yang terjebak di dalam jam tangan dan menyebabkan tampilan jarum jam menjadi tidak terlihat dengan jelas karena kelembaban, terutama permukaan jam nya tidak kencang alias ada celah yang bisa dimasuki air. Jika embun yang masuk nggak parah itu bisa hilang sendiri, tapi jika parah, malah akan membuat jam kamu rusak loh. 

Nah, sebelum jam kamu masuk ke tukang servis gara gara berembun. Alangkah baiknya kamu mencoba dulu beberapa tips menghilangkan embun pada jam tangan. 

Cara Menghilangkan Embun di jam tangan

Cara Menghilangkan Embun di jam tangan

1. Mengangin-anginkannya di tempat terbuka


kamu hanya perlu meletakkan jam tangan yang berembun di tempat terbuka, yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Tapi jangan terkena sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa meletakkannya di dekat perapian, diatas TV dan dibawah sinar lampu, atau juga du tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang lancar akan menguapkan embun yang terjebak di jam tangan kamu. 

2. Ketika hujan, bungkus jam tangan yang berembun dengan handuk


Ketika hari sedang hujan, bungkuslah jam kamu dengan handuk dengan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Lalu letakkan di tempat terbuka. Atau bbisa diletakkan di tempat yang sedikit terang. 

3.Direndam dalam tumpukan beras. 


Mungkin kamu semua sudah tahu, pertolongan pertama untuk HP yang terendam atau terkena air adalah dengan merendam di dalam tumpukan beras. Namun asal kalian tahu, hal ini juga berlaku di jam tangan yang berembun. Beras bisa menyerap air dengan baik. Kamu tinggal rendam jam tangan kamu yang berembun ke dalam beras untuk menghilangkan uapya tanpa membukanya terlebh dahulu.

4. Dengan menggunakan lilin.


Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan lilin yang tinggal sedikit atau lilin yang memang memiliki ukuran pendek, agar panasnya terasa sampai ke permukaan jam tangan. Nayalakan lilin, lalu taruh jam tangan kamu yang berembun itu di dekat lilin tersebut. Cara seperti ini akan bekerja cepat jika kamu menggunakan beberapa batang lilin sekaligus. Tapi hati-hati, jangan sampai jam tangan kamu ternakar loh.

5. Letakkan jam tangan yang berembun di dekat kipas lamptop.


Manfaatkan panas yang keluar dari laptop atau komputer kamu untuk menghilangkan embun pada jam tangan kamu. Cara seperti ini memang memakan waktu yang lebih lama daripada cara cara yang lain. Tapi, jika kamu tidak terburu - buru, kamu bisa menaruh jam tangan kamu di samping laptop kamu sambil bekerja atau bermain game. 

6. Menggunakan silica gel.


siapkan satu atau dua kemasan silica gel, lalu letakkan di dalam toples yang tertutup. selanjutnya masukkan silica gel dan jam tangan yang berembun itu kel dalam stoples, lalu tutup rapat - rapat. Diamkan selama semalaman.

7. Menggunakan hair dryer.


Atur hair dryer dengan tingkat panas yang paling rendah. Llalu arahkan ke jam tangan, ingat jangan terlalu dekat, kasih jarak sekitar 15 cm. lakukan proses ini sampa embun pada jam tangan kamu mengering. 

Nah, berikut adalah cara menghilangkan embun pada jam tangan. Tips agar jam tanganmu  nggak berembun lagi, hindari jam tangan mu dengan air, hujan atau terik yang meyengat. jika udah terlanjur mengembun, segera atasi sebelum akhirnya merusak bagian dalam jam tanganmuu. Semoga membantu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.