Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan

Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan

Salah satu penyebab yang mengakibatkan baterai cepat habis adalah kondisi fisik baterai yang memang sudah rusakk. Umunya dari tampilan luar saja sudah jelas. Seperti mengembung, keluar cairan, itu semua mengindikasikan jika baterai telah usang.

Selain itu, kondisi pemakaian yang sangat aktif juga membuat handphone normal sekalpun menjadi cepat mengkonsumsi daya baterai. Seperti melakukan panggilan suara terus menerus, melakukan game secara sering dan melakukan streaming video ini mampu menjadi penyebab utama baterai tidak tahan lama. 

Namun ketika kamu mencoba mengabadikan liburan kamu dengna menggunakan smartphone kamu, tapi malah smartphone kamu malah mengalami gangguan sehingga tidak bisa kamu pakai untuk memotret. Sungguh peristiwa ini sangat menjengkelkan bukan ?. lalu bagaimana agar terhindar dari hal teknis seperti itu ? maka dari itu, adimasrosid akan mencoba membahas dan memberikan masukan agar terhindar dari itu semua. 

Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan

Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan

1. Hindari Panas

Panas merupakan musuh terbesar bagi smartphone yang mengguakan baterai jenis lithium-ion. Dan hal seperti ini akan mempengaruhi daya baterai sehingga cepat habis. Maka dari itu, sebaiknya kamu menjaga smrtphone kamu agar tidak melampaui 40 derajat selcius, karena apabila melebihi kondisi tersebut, baterai smsrtphone kamu akan kehilangan 35% kapasitas maksimalnya. 

Gunakanlah aplikasi manajemen dan monitor baterai. Pertimbangkan aplikasi yang berjalan. Dengan menggunakan aplikasi manajemen dan monitor baterai ini bisa membantu kamu dalam menghemat penggunaan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak diperlukan. 

2. Rajin Di Cas

Kata rajin buka berarti berlebihan ya, biasanya sesuatu yang berlebihan ini akan berdampak yang tidak baik. Lakukan proses charger baterai ni jika ada kesempatan dan setidfaknya baterai kamu dalam kondisi 50%. Karena jika baterai dalam kondisi kurang dari 50% akan berpengaruh kurang baik terhadap baterai. Dan ketika sudah 100% kamu juga harus segera mencabutnya, karena jika berlebihan akan membuat smartphone baterai smartphone meledak. Dan bisa mengurangi umur baterai.

3. Jangan Sampai Baterai Habis

Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan keitga adalah jangan sampai baterai habis. Karena kondisi mati saat baterai lithium-ion mati akan menjadi tidak stabil dan sangat berbahaya untuk di charger. Ketika kondisi panas dan di cas saat daya 0% akan membuat kesempatan baterai akan meledak. 

Untuk meminimalkanya, kamu bisa melakukan set brightness sesuai dengan kebutuhan dan jangan teralu tinggi. Hindari penggunaan widget yang menarik tapi mengurangi esensial baterai seperti animasi screen/ wallpaper. Itu semua malah membuat waktu pakai smartphone kamu akan berkurang. 

4. Matikan GPS jika tidak diperlukan

Hal yang sangat biasa dilakukan jika kita bepergian adalah mengaktifkan GPS agar smartphone bisa melacak lokasi kita saat itu juga. Namun tanpa kalian sadari, dalam beberapa kasus ini akan berkontribusi terhadap keausan daya baterai kamu. Selain GPS kamu juga harus mematikan Wi-Fi jika tidak diperlukan. Jika kamu tidak menggunakan GPS dan Wi-Fi sepanjang hari, atau kamu menggunakannya jika ingin memakainya, ini akan membuat daya baterai smrtphone kamu lebih tahan lama. 

Alterative lain. Kamu bisa mematikan wifi dan Bluetooth jika tidak diperlukan, demi menghemat baterai kamu. Untuk baterai smrtphone yangbisa dilepas, perhatikan saat membawa baterai cadangan. Jangan sampai kutub nya bersentuhan, karena hal ini bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

Demikian Tips Agar Baterai Smartphone Bertahan Lama Ketika Liburan jangan sampai liburanmu kecewa karena hal yang sepele ya, maka siapkan semua matang-matang.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.