Sejuta Manfaat Dari Daun Ungu Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Kita.

Sejuta Manfaat Dari Daun Ungu Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Kita.

Tanaman bernama latin graptophyllum pictum ini merupakan obat obatan yang berasal dari papua nugini dan polinesia, yang sudah menyebar ke Indonesia. Tanaman yang biasanya disebut daun ungu ini adalah termasuk kedalam tanaman apotik hidup dan kerap dibudidayakan di pekaranan rumah. Karena daun ungu ini memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan sehari-hari dan merupakan salah satu ramuan tradisional untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan. Berikut ini adimasrosid akan memberi ulasan dari manfaat daun ungu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang wajib anda ketahui. 

Manfaat Dari Daun Ungu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Dari Daun Ungu

1. Pelembut Kulit

Daun ungu ini disebut juga daun temen-temen oleh orang sunda, ternyata daun ungu ini ampuh dalam membuat kulit menjadi lembut dan tidak kering. kandungan Emolien  dari dalam daun ungu ini dapat mencegah dan bisa mengurangi kekeringan pada kulit kamu, yang bisa kamu gunakan untuk menlindungi kulit kamu dari terik panas matahari, sehingga mampu melembabkan kulit lebih lama lagi. 

2. Menyembuhkan Borok

Bagi kamu yang memiliki borok atau bekasluka lama yang tidak kunjung hilang, kamu bisa menggunakan daun ungu untuk menghilangkan borok pada tubuh kamu. Caranya cukup mudah, kamu perlu menumbuk bebrapa lembar daun ungu dengan sedikit air. Lalu setelah lembut, tempelkan daun ungu yang telah ditumbuk tadi ke bekas luka atau borok kamu. Lakukan ini secara rutin setiap hari agar borok kamu segera hilang.

3. Menyembuhkan Bisul

Daun ungu ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pemasakan bisul, sehingga bisul yang ada di tubuh kamu akan segera kempes dan menghilang. Sama seperti cara untuk menghilangkan borok pada tubuh anda, yaitu dengan menempelkan pada bisul kamu. Jangan lupa untuk melakukan ini secara rutin sampai bisul kamu menghilang dan kulit kamu menjadi mulus lagi.

4. Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar ini tentu sangat mengganggu bagi kaum wanita. Untuk mengatasi masalah yang seperti ini, kamu bisa mnggunakan daun ungu sebagai obat pengganti obat dari bahan kimia. Rebus 10-15 gram daun ungu dengan 2 gelas air, sampai air susut menjadi 1 gelas. Lalu minum air rebusan daun ungu tadi sebelum dan sesudah haid. 

5. Mencegah Sakit Menopause

Tanaman ini memiliki daun berwarna ungu kemerahan. Daun ungu ini juga memiliki khasiat untuk mencegah rasa sakit ketika menopause. Kadang wanita yang mengalami menopause dini karena factor tertentu, tapi juga bisa factor usia. Untuk mencegah sakit ketika menopause ini kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun ungu secara rutin. Supaya ketika kamu mengalami sakit menopause, kamu tidak akan merasa sakit lagi. 

6. Mengobati Pembekakan

Ibu yang sedang menyusui untuk bayi nya pasti mengalami pembekakan dibagian payudara. Pembekekan ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat terganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi pembekakan ini kamu bisa menkonsumsi daun ungu. Daun ungu ini disebut daunt tobi-tobi di ternate ini memiliki sejuta manfaat yang salah satu nya bisa mengurangi pembekekan. 

7. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun ungu memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu khasiatnya bisa memperlancar buang air kecil. Di daerah Madura, daun yang disebut karotong ini bersifat diuretic. Diuretik adalah istilah untuk merujuk pada suatu kondisi dimana penyebab naiknya laju urinasi. Sifat diuretic pada daun ungu ini bisa menambah kecepatan pembetukan urin di dalam tubuh kamu, sehingga bisa memperlancar buang air kecil kamu. 

8. Memperlancar BAB

Selain untuk memperlancar buang air kecil , daun ungu ini juga bisa untuk memperlancar baung air besar. Daun ungu  ini memiliki sifat laksatif yaitu sifat dari makanan atau obat yang bisa membuat usus berkntraksi sehingga kotoran bisa bergerak dengan mudah di usus. 

9. Meredakan Peradangan Organ Tubuh

daun ungu ini memiliki Sifat inflamasi yang dapat menghilangkan radang pada organ tubuh yang disebabkan karena mikroorganisme ( non infeksi) , melainkan timbul karena terjadinya luka atau cidera ringan dan infeksi. 

10. Menurunkan Demam

Sifat antipiretik dari daun ungu ini bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam. Caranya dengan meminum air rebusan dari daun ungu ketika kamu sedang demam. 

11. Meredakan Nyeri

Rasa nyeri yang menyerang tubuh kita ada berbagai macam, seperti sakit encok, dan rematik. Sifat analgesik dari daun ungu ini bisa berkhasiat untuk meredakan nyeri yang kerap datang ketika seseorang sudah berusia lanjut. 

12. Menyembuhkan Diabetes

Diabetes atau bisa disebut penyakit gula ini disebebkan karena pengaruh pola hidup yang tidak sehat dan makanan yang dimakan tidak diatur. Daun ungu ini bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan penyakit gula, kamu bisa meminum air rebusan daun ungu secara teratur 1 kali sehari. 

13. Antiplak Gigi

Gigi kamu penuh dengan karang gigi atau plak gigi ? kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi daun ungu, karena daun ungu ini mampu membersihkan dan menghilangkan plak gigi. 

14. Mengetasi Sembelit

Penyakit sembelit ini terjadi karena makanan yang kamu konsumsi tidak mengandung serat dan sulit untuk dicerna. Jika mengalami ini, kamu cukup mengkonsumsi air rebusan daun ungu ini agar bisa lancar bab. 

15. Mengatasi Wasir

Wasir atau sering disebut ambeien ini adalah penyakit yang mana pembuluh darah vena diagian terbawah poros usus mengalami pembengkakan atau pembesaran. Hal ini ditandai dengan adanya benjolan kecil di sekitar anus yang berwarna merah kebiruan. Sering terjadi juga oendarahan setelah BAB. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa merebus 10 -15 lembar daun ungu dan minum air hasil rebusan sekali sehari selama 1-2 bulan. 

Seperti itu lah Manfaat Dari Daun Ungu Untuk Kecantikan dan Kesehatan, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam adimasrosid.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.