Macam Macam Jerawat Dan Cara Ampuh Untuk Penanganannya

Macam Macam Jerawat Dan Cara Ampuh Untuk Penanganannya

Pasti jengkel rasanya kalau waktu bangun tidur mendadak kamu melihat acne muncul di wajahmu. Nah, supaya bisa menghilangkannya dengan cepat, kamu harus tahu dulu penyebab jerawat di wajah. Kalau kamu ingin tahu penyebabnya, kamu telah berada di tempat yang tepat.

Kulit memiliki kelenjar minyak dan pori-pori. Ketika kelenjar itu memproduksi minyak yang berlebih atau saat kotoran menyumbat pori-porimu, maka pada saat itulah muncul cikal bakal acne. Hingga akhirnya bisa memunculkan acne baik berukuran besar ataupun kecil.
Kalau sudah begitu, pastinya kamu ingin mengetahui apa penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasinya. Karena kalau kamu tahu apa penyebab acne di wajah, pasti kamu akan lebih cepat menemukan cara untuk mengobatinya.

Sudah tidak sabar ingin tahu penyebab jerawat di wajah? Cek artikel di bawah ini sekarang yuk!
Macam Macam Jerawat Dan Cara Ampuh Untuk Penanganannya

Apa Penyebab Jerawat di Wajah?

Penyebab jerawat di wajah bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi munculnya. Untuk penanganannya pun berbeda-beda tergantung dengan apa penyebab jerawat tersebut.

Oleh karenanya, kamu harus perhatikan dengan baik di mana lokasi munculnya jerawatmu. Baru kemudian kamu cari cara mengatasinya dengan tepat. Sehingga wajahmu bisa kembali halus dan bebas acne.

1. Jerawat di Sekitar Garis Rambut

Area garis rambut, yaitu sekitar pelipis dan dahi atas memang sering kali menjadi tempat munculnya acne. Bagi kamu yang sering menggunakan produk minyak rambut, pasti cenderung memiliki acne jenis ini.

Hal ini disebabkan karena minyak rambut bisa menghalangi minyak alami (sebum) yang dikeluarkan dari pori-pori. Hingga akhirnya terjadi penyumbatan dan munculah acne.

Selain minyak rambut, tidak bersih ketika membilas sisa-sisa sabun pembersih wajah ataupun sampo rambut juga bisa menjadi penyebab jerawat di wajah. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya kamu harus memastikan sudah membilas area wajahmu itu dengan bersih. Termasuk pada garis antara wajah dengan rambut.

2. Jerawat di Dahi


Apa penyebab jerawat di wajah khususnya di jidat atau dahi? Benjol kecil yang juga bernama acne yang muncul di dahi ini biasanya berhubungan dengan sistem pencernaan.
Jika jerawatmu muncul di dahi, berarti kamu harus memperhatikan pencernaanmu. Memperhatikan makanan yang kamu makan adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya.
Kurangi makanan olahan cepat saji penyebab jerawat seperti junk food yang banyak mengandung lemak dan perbanyaklah minum air putih. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makan pedas dan minuman bersoda. Karena jenis-jenis makanan dan minuman itu yang berperan besar sebagai penyebab jerawat di wajah.

3. Jerawat di Sekitar Telinga


Kalau kamu ingin tahu apa penyebab acne di sekitar telingamu, sekarang cobalah untuk lebih berhati-hati. Karena penyebab jerawat di wajah yang satu ini adalah berhubungan dengan kesehatan lambung dan ginjalmu.
Hal ini bisa disebabkan karena kamu banyak minum minuman yang tidak menyehatkan dan kurang mengonsumsi air putih. Untuk mengatasinya, kamu harus minum air putih lebih banyak setidaknya 2 liter perhari.
Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak konsumsi beberapa jenis makanan yang bisa membantu kesehatan lambungmu menjadi pulih. Di antaranya adalah bawang putih, paprika merah, kecambah, kubis, dan apel.

4. Jerawat di Hidung

Penyebab jerawat di wajah yang satu ini rupanya berhubungan erat dengan jantung, lho! Seperti diketahui bahwa jantung adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh kita. Sehingga faktor penyebab acne di hidung ini adalah indikasi dari kesehatan jantungmu.
Cara mengatasinya adalah kamu harus rajin olahraga minimal dengan jogging di pagi hari sembari menikmati udara segar. Kemudian perbanyaklah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak baik seperti omega-3 dan omega-6.
Selain masalah jantung, penyebab jerawat di wajah lainnya adalah stres dan kurang tidur. Tentu saja untuk mengatasinya, kamu harus mulai mengelola stres dengan baik. Seperti melakukan olahraga rutin atau meditasi.

5. Jerawat di Pipi


Bagian wajah lain yang tidak luput dari acne adalah pipi. Apa penyebab jerawat di pipi ini?
Sebenarnya, penyebab jerawat di wajah bagian ini bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena tangan yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab.

Pasalnya, bakteri bisa menempel di mana saja. Termasuk di tangan, sarung tangan, ponsel, atau bahkan kain kerudungmu.

Untuk mencegahnya, kamu harus rajin untuk mengganti sarung bantal atau selimut setiap minggu. Sehingga sarung bantalmu akan tetap bersih dan tidak menyimpan bakteri yang bisa bikin pipimu jerawatan.

Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau layar ponselmu selalu bersih sebelum mengangkat telepon. Nggak lucu kan, kalau niatnya mengobrol sayang-sayangan dengan pacar justru membuat bakteri yang menempel di layar ponsel berpindah ke pipimu. Apalagi kalau sampai menimbulkan acne.

6. Jerawat di Dagu


Lalu apa penyebab jerawat yang muncul di dagu? Tumbuhnya acne di area ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon yang sering naik dan turun, terutama ketika menstruasi.

Acne akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi akibat kelebihan androgen. Sehingga akhirnya kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan dan menyumbat pori-pori.

Penyebab jerawat di wajah yang satu ini biasanya kerap dialami oleh para perempuanmenjelang menstruasi, kehamilan, remaja yang sedang puber, atau saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi. Bahkan, diet pun juga bisa memengaruhi kadar hormon dan akhirnya juga bisa menyebabkan acne.

Jika acne disebabkan oleh perubahan hormon, akan lebih baik kalau kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui obat yang tepat bagi jerawatmu. Sementara acne yang diakibatkan oleh diet, kamu sebaiknya mengubah pola makanmu saat ini. Hindari makanan dengan gula tinggi, makanan olahan, dan makanan berlemak.

Mengenali Penyebabnya dan Menghindarinya

Sekarang kamu sudah tahu kan apa penyebab jerawat di wajah? Dengan mengetahui penyebabnya, kamu akan lebih mudah mengatasi acne di wajahmu.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter mengenai masalah kulit yang kamu alami. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup-mu sebelum tidur dan pastikan teknik mencuci muka yang kamu lakukan sudah benar.

Dan tentu saja kamu harus tetap menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dengan banyak meminum air putih dan terus menjaga kesehatan. Karena jika kesehatanmu terjaga dengan baik, kulitmu pun juga terjaga dan acne pun enggan muncul di wajahmu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.