Peneyebab Ketombe Dan 11 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Dirambut

Peneyebab Ketombe Dan 11 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Dirambut

Kamu mungkin sudah tahu dengan pasti seperti apa bentuknya. Tapi tahu nggak kamu, ketombe itu sebenarnya apa sih?

Apa itu Ketombe?

Peneyebab Ketombe Dan 11 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Dirambut

Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga akhirnya terkelupas. Wah, serem, ya? Tapi jangan sedih, ternyata ini biasa terjadi pada banyak orang, kok.

Tapi kalau terus menerus turun dan mengotori bajumu seperti salju, rasa percaya dirimu pastinya langsung terjun bebas. Sudah mencoba berbagai macam merek sampo untuk menghilangkan ketombe tapi nggak memberikan hasil yang memuaskan. Bahkan, ada yang jadi semakin parah, atau seandainya hilang hanya sementara dan besoknya kembali lagi.

Gejala munculnya pun ada beberapa macam yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah rasa gatal kulit, memerah, kulit kering, hingga munculnya serpihan akibat pengelupasan.

Pengelupasan itu merupakan tanda yang paling jelas dan kamu bisa melihat dengan jelas di rambut dan bahumu. Hal ini biasanya terjadi karena tubuhmu sedang meningkatkan laju pembaruan sel-sel kulit. Lalu menyebabkan kelebihan sel-sel muncul di kulit kepala dan memunculkan ketombenya.

Meskipun pengelupasan itu adalah gejala yang paling jelas, tapi kamu seharusnya sudah mulai waspada kalau kulit kepalamu mulai terasa gatal. Apalagi ketika kamu pegang rambutmu, kulit kepala terasa kering dan kaku. Sudah deh, itu pasti gejala munculnya!

Kenali Penyebab Munculnya

Penyebab munculnya itu bisa berbagai macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepalamu. Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya penyebab utamanya adalah mikroba yang terjadi secara alami di kulit kepala manusia yang disebut dengan Malassezia Globosa.

Mikroba tersebut akan mengonsumsi minyak kulit kepala alami yang dinamakan sebum, yaitu minyak yang akan membuat rambut dan kulit kepalamu tetap lembab. Setelah sebum diurai, maka akan menimbulkan asam oleat.

Sayangnya, 1 dari 2 orang sensitif terhadap asam oleat dan kulit kepala meresponnya dengan menjadi iritasi. Respon ke iritasi itulah yang membuat kulit kepala mulai meradang, berwarna merah, dan gatal. Tubuhmu pun langsung memberikan sinyal dengan meningkatkan laju pembaruan sel kulit, sehingga ketombe pun langsung muncul ke kulit kepalamu.

Meskipun akar permasalahannya itu selalu sama, tapi ada juga faktor lain yang bisa membuat masalah rambutmu itu jadi semakin parah. Beberapa yang perlu kamu perhatikan adalah:

1. Jarang Keramas

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan untuk mencegah ketombe datang ke kepalamu adalah dengan mencuci rambut alias keramas. Dengan kamu jarang keramas, akan membuat sel kulit kepala yang sudah mati dan kering menjadi menumpuk. Akhirnya itu yang akan menimbulkan ketombe.

2. Terlalu Sering Keramas

Karena khawatir kalau kamu jarang keramas nantinya memunculkan ketombe, kamu pun langsung rajin keramas setiap kali mandi. Tetapi kenapa masih saja muncul di kulit kepalamu, ya?

Ternyata, terlalu sering keramas juga justru bisa membuat ketombe muncul di kulit kepalamu. Hal ini disebabkan karena terlalu sering keramas justru akan membuat rambut tidak memiliki waktu buat memproduksi minyak rambut alami. Akhirnya kulit kepalamu malah jadi semakin kering.

3. Kulit Kering

Kulit kering bisa saja terjadi di mana saja, seperti di tangan, kaki, wajah, bahkan kulit kepalamu. Dan kulit yang kering bisa menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Apalagi kalau laju pembaruan sel-sel kulitmu sedang aktif, hingga akhirnya ketombemu malah keluar semakin banyak dan membuatmu stres.

4. Salah Pilih Sampo

Memilih produk sampo dan conditioner yang cocok dengan kulit kepalamu itu memang susah sekali. Sudah mengira menemukan sampo yang tepat sebagai cara menghilangkan ketombe, tapi nggak lama kemudian ketombemu muncul lagi. Kecewa, dong, ya?

Faktanya, beberapa merek sampo untuk menghilangkan ketombe justru akan menimbulkan reaksi yang lebih parah karena tidak cocok dengan jenis kulit kepalamu. Bukannya menghilangkan ketombe justru menimbulkan masalah yang lebih besar seperti muncul lebih banyak, atau bahkan membuat rambutmu rontok.

5. Infeksi Jamur

Di dalam kulit kepala, terdapat jamur mikroba bernama Malassezia Globosa, yang sebenarnya tidak akan berbahaya bagi kulit. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka jamur ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepalamu hingga munculnya ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Kalau kamu mulai melihat serpihan putih di rambut dan bahu, itu artinya kamu harus segera bergerak cepat untuk membersihkan ketombemu. Daripada berulang kali ganti sampo karena tidak juga menemukan yang cocok, lebih baik coba cara menghilangkan ketombe secara alami, yuk!

Selain lebih aman karena dari bahan-bahan yang alami, namun cara ini juga dipercaya lebih ampuh menangani daripada dengan menggunakan sampo. Jadi tunggu apa lagi? Dicoba sekarang yuk inspirasi cara menghilangkan ketombe secara alami yang ada di bawah ini!

1. Jeruk Nipis

 Jeruk nipis merupakan buah yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya itu saja, jeruk juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis ini cocok sekali digunakan untuk cara menghilangkan ketombe secara alami. Apalagi vitamin C juga berguna untuk menebalkan rambutmu dan mengatasi kebotakan. Siapa yang nggak mau mencoba, kan?

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis pun sangat mudah. Cukup peras buah jeruk nipis dan campurkan air perasannya dengan air secukupnya. Cukup gunakan takaran satu banding satu untuk air perasan dan campuran airnya.

Oleskan campuran itu ke rambutmu dan biarkan sebentar agar meresap ke kulit kepalamu. Setelahnya bilas rambutmu hingga bersih. Gunakan ini secara rutin dua kali dalam satu minggu, dan hasilnya akan bisa kamu dapatkan dengan cepat.

2. Garam

Cara paling mudah, murah, dan cepat, tentunya adalah menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan cepat di dapur. Salah satunya adalah garam dapur.

Selain digunakan sebagai bahan utama memasak, garam ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami. Sifat scrub pada bahan ini mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit kepalamu.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam juga sangat sederhana. Cukup sediakan garam secukupnya, kemudian gosokkan pada kulit kepalamu. Diamkan sebentar agar nutrisi dalam garam bisa sepenuhnya meresap sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk segala hal mulai dari wajah, badan, bahkan hingga ke rambut sekalipun. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Selain bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, lidah buaya juga memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, tapi bisa juga untuk menguatkan akar rambut.

Untuk cara menghilangkan ketombe membandel pun bisa dengan cara mudah. Haluskan daging lidah buaya secukupnya kemudian oleskan merata pada permukaan kulit kepala.

Pijat dengan lembut agar daging lidah buayanya menjadi lebih merasap ke dalam kulit kepala. Diamkan sebelum 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Minyak Zaitun


Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami adalah bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Apalagi minyak zaitun bisa dengan mudah kamu dapatkan di minimarket terdekat.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun bisa dengan cara berikut ini. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, kemudian lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitunnya meresap.

Diamkan selama 30 menit sembari mendengar lagu kesukaanmu. Kalau sudah, tinggal bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin selama dua kali dalam seminggu, nantinya kamu pasti akan percaya diri lagi karena ketombemu kabur.

5. Daun Sirsak

Di dalam daun sirsak, ada sebuah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan yang bernama Acetogenin. Kandungan ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik atau membunuh racun di dalam tubuh.

Oleh karenanya, ada banyak sekali kegunaan daun sirsak ini bagi kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi bisa juga digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan daun sirsak ini juga sangat mudah dan cepat. Siapkan beberapa helai daun sirsak dan tumbuk sampai halus lalu tambahkan sedikit air.

Gunakan campuran tersebut sebagai masker pada rambut dan oleskan hingga merata. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

6. Lemon

Seperti halnya jeruk nipis, lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Karena sama seperti jeruk nipis, lemon juga mengandung kandungan vitamin yang sama besarnya, sehingga cocok sekali digunakan sebagai penghilang ketombe di kulit kepala Anda.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan lemon pun juga sama seperti ketika menggunakan jeruk nipis. Peras buah lemon kemudian campurkan dengan air secukupnya.

Oleskan campuran air tersebut pada rambut dan biarkan sebentar hingga meresap pada kulit kepala. Bilas dengan air bersih dan dapatkan hasilnya setelah rutin melakukannya setidaknya dua kali dalam satu minggu.

7. Minyak Kemiri

Kamu mungkin lebih mengetahui minyak kemiri digunakan sebagai minyak penyubur rambut. Namun ternyata, minyak dari biji kemiri ini bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Penggunaannya bahkan sangat sederhana dan mudah. Cukup dengan menggunakan minyak kemiri sebelum keramas. Biarkan selama 30 menit sambil update status di media sosialmu, lalu bilas dengan air bersih.

8. Minyak Almond

Jenis minyak selanjutnya yang bisa juga kamu gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond. Hal ini dikarenakan minyak almond mampu bekerja secara efektif dengan menyingkirkan sel-sel yang mati dan menyembuhkan kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan minyak almond juga sangat mudah. Oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata, kemudian lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak almondnya meresap.

Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sebelum keramas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

9. Cuka

Mungkin kamu merasa aneh jika ternyata cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Karena selama ini kamu kira cuka hanya bisa digunakan sebagai salah satu bahan makanan.

Ternyata, cuka memang sangat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Asalkan kamu tetap harus berhati-hati jangan sampai menggunakan cukanya terlalu banyak.

Cara ampuh menghilangkan ketombe dengan cuka bisa dengan menyiapkan satu sendok teh cuka dan dioleskan secara merata pada kulit kepalamu. Biarkan beberapa saat sampai meresap kemudian bilas dengan air sampai bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan dua kali dalam seminggu.

10. Baking Soda

Perempuan yang suka membuat kue mungkin lebih mengenali baking soda sebagai salah satu bahan yang memiliki kegunaan agar adonan kue bolu mengembang. Padahal ternyata baking soda juga memiliki banyak kegunaan lain yang berguna bagi tubuh kita, salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen.

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan baking soda adalah dengan cara menyiapkan setengah sendok teh baking soda. Larutkan dengan sedikit air hingga mengental kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala.

Biarkan selama beberapa saat di kulit kepalamu, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Seperti halnya cuka, jangan menggunakan baking soda terlalu banyak dan terlalu sering.

11. Bawang Merah

Kamu pernah nggak, sih, melihat ada orang tua yang memberikan tumbukan bawang merah ke kepala bayi? Katanya itu bermanfaat agar rambut si bayi perempuan atau laki-laki jadi lebih lebat.

Tapi ternyata salah satu bahan memasak yang banyak ditemukan di dapur ini tidak hanya bagus untuk membuat rambut menjadi lebat. Kamu juga bisa menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe membandel menggunakan bahan ini juga sangat mudah. Siapkan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya dan ditumbuk halus.

Oleskan tumbukan bawang merah halus itu ke kulit kepalamu dan diamkan selama beberapa saat. Kalau sudah, bilas dengan air sampai kulit kepalamu menjadi bersih.

Dapatkan Kembali Rambut Indahmu yang Bebas Ketombe

Jadi dari cara mengatasi ketombe dan gatal yang ada di atas, mana kira-kira yang akan kamu coba untuk menghilangkan ketombemu? Karena kebanyakan bahan-bahan pada cara menghilangkan ketombe secara alami bisa ditemukan dengan mudah, kamu pasti bisa langsung mencobanya segera.

Tapi kamu juga harus selalu ingat, karena bahan yang digunakan adalah bahan alami, kamu tidak akan bisa mendapatkan hasilnya secara instant. Kamu harus rutin menggunakan bahan tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Lalu kalau akhirnya sudah mendapatkan hasil yang kamu inginkan, jangan lupa untuk menjaga supaya ketombe tidak kembali ke rambut indahmu, ya. Nggak lucu kan kalau bahumu jadi dihujani salju lagi karena ketombe mulai bermunculan lagi di kulit kepalamu!

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.