9 Cara Efektif Agar Skripsi Dapat Selesai Dalam 1 Semester

9 Cara Efektif Agar Skripsi Dapat Selesai Dalam 1 Semester

Skripsi memang menjadi sebuah momok menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa. Penentu kelulusan ini terkadang dapat membuat mood berantakan. Tapi walaupun seperti itu, Semua mahasiswa tidak dapat memilih pilihan selain, selain mengerjakan skripsi sampai tuntas agar segera menyandang gelar sarjana.

9 Cara Efektif Agar Skripsi Dapat Selesai Dalam 1 Semester.

Buat sobat yang sedang mengerjakan skripsi, yuk coba simak 9 Cara Efektif Agar Skripsi Dapat Selesai Dalam 1 Semester.

9 Cara Efektif Agar Skripsi Dapat Selesai Dalam 1 Semester. 

1. Membuat target sendiri.

Target ini sangat penting agar sobat bisa tahu kapan skripsimu bisa terselesaikan. misalkan saja 1 bulan sobat harus menyelesaikan 1 bab. karena ini bisa menjadi alaram bagi sobat agar sobat tidak bersantai ketika target tidak tercapai.

2. Selalu memiliki progress baru tiap minggu

Target bulanan saja tidak cukup loh, sobat harus memacu diri sendiri dengan selalu membuat progress setiap minggu. Cara ini cukup ampuh buat sobat untuk tidak bermalas malas an dan bersungguh - sungguh dalam mengerjakan skripsi

3. Luangkan 3-4 jam untuk mengerjakan skripsisetiap hari

Pasti disaat kalian mengerjakan skripsi , jadwal kuliah kalian sudah mulai longgar kan ?tetapi bukan berarti sobat bebas bersantai. Luangkan 3-4 jam dalam sehari untuk mengerjakan skripsi. Entah itu menulis, membaca referensi, menyebar kuisioner, atau apalah yang berhubungan dengan skripsi sobat.  Cara ini agar skripsi sobat tidak mangkrak

4.Berikan reward pada diri sendiri ketika mencapai target

Untuk ini tidak perlu mewah kok, cukup yang sederhana saja, yang penting sobat bisa bahagia, misalkan setiap mencapai target nanti sobat dapat makan enak, bisa beli baju, bisa jalan jalan, dll.
Cara ini berguna untuk menghargai diri sendiri atas kerja keras sobat dan dapat menjadi motivasi bagi sobat untuk mencapai target selanjutnya.

5.Jadikan cerita teman yang sukses sebagai pemicu untuk makin rajin

Biasanya ada rasa persaingan antar mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sobat bisa memanfaatkan hal ini untuk berkompetisi secara sehat. Pacu diri sobat dengan pertanyaan ini " Jika dia bisa cepat selesai, kenapa kamu tidak ?". Cara iini ampuh untuk mendorong semangat sobat.

6. Minta bimbingan dari kakak tingkat

Selain berkompetisi secara sehat dengan teman seangkatan, sobat juga bisa meminta bimbingan dari kating (kakak tingkat) yang berrestasi. Kating yang sudah menyelesaikan skripsi terlebih dahulu dapat dijadikan tempat bertanya dan berkonsultasi.

7. Aktiflah berkonsultasi ke dosen pembimbing 2-3 kali seminngu.

Dospem juga memiliki segudang kesibukan, jadi jangan mengganggu beliau yang mengejar sobat. Inisiatiflah dan jangan pasif. Luangkan waktu paling tidak 2-3 kali seminggu untuk bertemu dosen pembimbing. Semakin rajin sobat konsultasi maka semakin cepat sobat menyelesaikan skripsi,

8. Hindari mengikuti kegiatan yang menyita banyak waktu dan bisa mendistraksi

Meski hanya menyelesaikan skripsi dan berlimpah waktu luang, namun jangan jumawan dulu. Bukan berarti sobat bisa seenaknya bermain atau justru terlibat dalam kegiatan tertentu. Jangan jadikan kesibukanmu fokus utama yang menggeser kepentingan menyelesaikan skripsi.

9. Banyak hal yang bisa di dapat setelah wisuda, jadi jangan sia siakan waktu

Jika semangat sobat menyelesaikan skripsi mulai padam, ingat bahwa biaya kuliah sobat tidaklah murah. Orang tua sobat harus bekerja membanting tulang demi membayar biaya kuliah sobat, apakah sobat tega dengan membalas kuliah bersantai - santai.

Selain itu, jangan biarkan umurmu terbuang dengan percuma. Pasalnya banyak lowongan kerja yang menetapkan batasan umur. Bahkan banyak hal baik yang bakal kalian dapatkan setelah kalian bekerja.

Lalu kenapa harus menunda ?? Siap meyelesaikan skripsi ??

1 comment

  1. Great blog you have got here.. It's difficult
    to find good quality writing like yours these days. I seriously appreciate people like you!
    Take care!!

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.