Daftar Jus Paling Cepat Menurunkan Kolesterol dan Dapat Diolah Sendiri

Daftar Jus Paling Cepat Menurunkan Kolesterol dan Dapat Diolah Sendiri

Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab utama penyakit seperti stroke, serangan jantung dan angina. Oleh sebab itu, mengapa menjaga kadar kolesterol teteap stabil itu sangat penting. 


Selain mempraktikan pola hidup yang sehat, sebenarnya ada banyak sekali cara menurunkan kolesterol. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan asupan harian. Ada beberapa makanan alami yang bisa kita konsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kolesterol. Salah satunya dengan meminum jus baik dari buah ataupun sayuran. 


Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas jus penurun kolesterol sebagai alternatif menjaga kesehatan. Jadi simak artikel ini sampai selesai ya. 


Jus Penurun Kolesterol

jus penurun kolesterol


Apel, Wortel dan selederi

Resep kombinasi dari apel, wortel dan selederi diyakini dapat menurunkan kolesterol. Kalian cukup menyediakan 2 buah wortel, 2 daun selederi dan 2 buah apel hijau. 

Caranya, potong selederi sekitar 1/2 - 3/4 bagian, lalu potong wortel dan apel menjadi potongan kecil. Setelah itu , masukan ke dalam juicer atau blender sampai halus. Resep ini akan menghasilkan sekitar 375ml.

Jika kalian ingin lebih banyak, kalian bisa menambahkan sayuran berair seperti mentimun. Rasa jus ini sedikit pahit karena ada campuran daun selederi di dalamnya. Namun, jangan kawatir, karena kasiatnya sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Jus Alpukat

Jus penurun kolesterol dan jantung selanjutnya adalah jus alpukat.Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat  pada alpukat membantu tubuh untuk menhilangkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Khusus untuk jus alpukat, kalian nggak perlu menambahkan gula, apalagi susu kental manis. Jika kalian ingin rasa yang sedikit manis, kalian bisa mencampurkan dengan buah lain seperti semangka. 

Jus Delima

Delima merupakan buah untuk menurunkan kolesterol yang ampuh dan sering dijadikan jus. Seperti banyak buah buahan lainnya, delima mengandung antioksidan yang kuat terutama jenis polifenol. Delima sangat ampuh mengusir banyak penyakit mengingat kandungan antioksidannya lebih banyak dari buah buah lainya. 

Jika dijadikan jus, delima mengandung 3 kali lebih banyak antioksidan daripada teh hijau. Karena alasan ini delima dikenal dengan jus untuk menurunkan gula darah dan kolesterol.

Apel, seledri, jahe, lemon, bayam, jeruk

Resep jus penurun kolesetrol yang satu ini merupakan perkembangan dari resep pertama sebelumnya. Hanya saja ditambahkan buah jeruk dan lemon untuk mengurangi sensasi pedas yang ditimbulkan oleh jahe.

Caranya ambil 3 buah apel, 4 daun seledri, 1/4 jahe, 1/2 buah lemon (dengan kulit), 2 genggam bayam, dan 1 buah jeruk yang telah dikupas. Potong semua bahan menjadi kecil-kecil agar mudah diblender. Hasilnya, Anda akan mendapatkan jus sebanyak 790 ml atau sekitar 2 gelas besar.

Untuk rasa jus ini sedikit lebih manis dan tidak terlalu pedas. Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, jus alami ini juga dapat mengatasi masalah gangguan tidur.

Jus Pear

Buah pear dipercaya memiliki kandungan lemak, karbohidrat, zat besi, natrium, serat protein, vitamin B3 niacin, vitamin B2 ribloflavin dll. Buah pear ini juga menyimpan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas. 

Kandungan tersebut menjadikan buah pir untuk mengurangi kekauan jaringan-jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Jenis serat yang terkandung pada buah pir adalah pektin yang diyakini dapat mengikat kolesterol jahat dan mengangkutnya keluar dari dalam tubuh. 

Jus wortel

Jika kalian merasa susah dalam mengontro kolesterol, maka mengkonsumsi wortel atau jus wortel bisa menjadi jawabannya. Tidak seperti jus lain, wortel sangat aman kalian konsumsi setiap hari.

Wortel sendiri mengandung potasium yang sangat bai dan membantu menjaga tingkat kolesterol agar tetap seimbang dan sehat. Kamu bisa menikmati jus wortel ini secara murni tanpa campuran apapun. Jika kalian ingin mendapatkan kandungan yang lebih sempurna, disarankan untuk mencapurkan dengan buah buah lain. 

Pada dasarnya, mengkonsumsi sayur dan buah merupakan cara yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol, karena keduanya mengandung serat yang tinggi. Hanya saja, setiap jenis bahan makanan memiliki kadar nutrisi yang berbeda beda dan cara penggunaan yang berbeda juga. 

Nah itulah beberapa jus yang berguna untuk menurunkan kolesterol paling ampuh. Gimana menurut kalian? Semoga artikel ini membantu kalian yang berniat untuk menjaga tingkat kolesterol.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.