Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaru dan Terbaik

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaru dan Terbaik

Menggantikan TV analog menjadi TV digital diera sekarang ini menjadi salah satu hal yang penting bagi sebagian orang. Tanpa adanya set top box, TV digital kalian tidak akan dapat digunakan. Hal seperti ini karena set top box TV digital berfungsi sebagai penerima dan pengonversi sinyal menjadi suara dan gambar untuk ditampilkan pada TV. 

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaru dan Terbaik



Apabila kalian ingin mencari poduk set top box TV digital yang bagus untuk kalian gunakan dirumah, bsrikut kami rekomendasikan beberapa produk yang bisa menjadi pilihan alternatif kalian. Sebelum itu, ada baiknya kalian mengetahui tips memilih set top box TV digital yang terbaik agar kalian tidak salah dalam membeli set top box TV digital.

Tips Memilih Set Top Box TV Digital 

Tips memilih set top box TV digital ini bertujuan agar kalian bisa memilih produk yang tepat untuk kalian gunakan. Lantas apa saja tipsnya ? yuk simak berikt ini. 

1. Perhatikan Sertifikat Kominfo

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah kepemilikan sertifikat kominfo, karena sertifikat kominfo ini merupakan jaminan jika set top box TV digital yang kalian beli dapat digunakan. 

Selain itu, kalian juga perlu untuk memperhatikan tanda DVB-T2 atau MODI pada set top box yang kalian beli, hal ini untuk memastikan set top box bisa digunakan untuk siaran TV digital.

2. Menyesuaikan dengan Kebutuhan 

Saat ini sudah banyak sekali produk set top box TV digital yang dijual dipasaran, mulai dari harga murah sampai dengan harga mahal. Selain itu, berbagai produk tersebut juga ada yang menawarkan fitur yang bisa menghubungkan TV dengan internet. Apabila kalian tidak membutuhkan koneksi internet, sebaiknya kalian membeli set top box TV digital yang tidak memiliki fitur tersebut. 

3. Mencari tahu Review dulu

Tips memilih set top box terbaik yang kalian perlu perhatikan adalah mencari tahu review dari produk tersebut. Alangkah baiknya lagi, jika kalian mencari tau mengenai seluk beluk setiap produk yang kalian ingin beli. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian karena kalian membeli barang yang belum dimengerti. Nah pada artikel ini, kita juga akan memberikan rekomendasi set top box TV digitl yang sudah terjamin kualitasnya. 

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaru dan Terbaik

Saat ini sudah banyak sekali produk set top box TV digital yang beredar dipasaran. Beberapa produk set top box TV digital tersebut juga memiliki kualitas yang cukup baik, namun tetap memiliki harga yang murah dan pas dikantong. 

1. Matrix Apple DVB-T2

Yang pertama adala Matriix Apple DVB-T2 yang mana produsennya sudah begitu terkenal sebagai penyedia receiver parabola. Dalam rangka memenuhi permintaan pasar akan set top box TV digital, matrix dalam hal ini mengeluarkan Matrix Apple DVB-T2 yang tentunya memiliki harga yang terjangkau. 

Walaupun harganya tergolong murah, namuan banyak memberikan review positif pada produk ini. Karena atena UHF yang digadang - gadang dapat menangkap sinyal dengan lebih baik dibandingkan produk lainnya. Karena itulah, tidak heran jika gambar yang dihasilkan oleh  Matrix Apple DVB-T2 ini akan tampak lebih jernih dan bagus. Tidak hanya itu, set top box Matrix Apple DVB-T2 ini sudah dilengkapi dengan 2 output, yaitu HDMI dan RCA dan terbebas dari biaya bulanan. 

2. STB Tanakan DVB-T2

Tanaka merupakan merk penyedia set top box TV digital yang berikutnya, yang ini juga tidak kalah populer jika dibandingkan dengan Matrix. Salah satu produk set top box yang terbarunya adalah STB Tanakan DVB-T2, yang baru saja di dirilis pada tahun 2021. Produk set top box ini hadir dengan mengantongi setifikat kominfo juga. 

Sebagaimana produk set top box TV digital lainnya,  STB Tanakan DVB-T2 ini menggunakan antena UHF, yang dilengkapi dengan alarm peringatan akan bencana ( early warning system ), serta sudah kompatible dengan penggunaan WiFi. Untuk konektornya set top box STB Tanakan DVB-T2 ini sudah dilengkapi dengan fitur USB, HDMI, Jack Aerial Antenna, sampai dengan RCA juga. 

3. Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Tidak kalah dengan kedua merk diatas, polytron sebagai produsen barang eletronik juga tidak ketinggalan dengan memproduksi produk set top box TV digital. salah satunya yaitu Polytron DVB-T2 PDV 600T2. Untuk kualitasnya sebagai alat penerima siaran TV digital ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Polytron DVB-T2 PDV 600T2 sudah dilengkapi dengan fitur Sistem Peringatan Dini ( EWS), hal ini dapat menjadi pengingat ketika akan terjadi peristiwa bencana. Selain itu, Polytron DVB-T2 PDV 600T2 juga memiliki fitur EPG atau panduan jadwal program siaran, yang dapat memutar media secara Full HD (1080p), fitur perekam acara favorit(PVR), sampai dengan fitur time shift yang akan memungkinkan kalian menggeser waktu siaran. 

4. Visat U1 DVB-T2

Walaupun produk set top box TV digital ini jarang didengar, namun Visat U1 DVB-T2 merupakan salah satu rekomendasi yang tidak bisa kalian lewatkan. Belum lagi jika kalian mengingat fitur set top box TV digital ini juga beragam. Namun harga nya tetap ramah dikantong. 

Visat U1 DVB-T2 sudah mendukung DVB-T2, MPEG-2 dan MPEG-4. serta sudah dilengkapi pula dengan fitur PVR yang memungkinkan kalian untuk merekam siaran TV kesukaan kalian apabila kalian tidak bisa menontonnya secara langsung. Tidak hanya itu saja, set top box TV digital ini juga sudah mendukung resulusi Full HD, dan memiliki kapasitas penyimpanan hingga ribuan chnnel TV serta program radio. 

5. Kaonsat 899 HD DVB-T2

Apabila kalian menginginkan produk set top box yang memiliki banyak fitur dan bisa digunakan di TV jadul, maka Kaonsat 899 HD DVB-T2 ini bisa menjadi pilihan kalian. Set top box TV digital ini sangat memungkinkan untuk kalian gunakan di TV tabung ataupun TV modern seperti LEC dan LCD.

Untuk antenanya, produk set top box TV digital ini sudah menggunakan antena UHF, namun bisa juga menggunakan jenis antena lama atau antena indoor. Kalian bisa juga merekam siaran TV kesukaan kalian dengan menggunakan HDD internal atau flasdisk, karena set top box ini juga dilengkapi dengan port USB. 

6. Evercross STB DVB-T2

Salah satu pilihan STB yang bisa jadikan pilihan yaitu Evercross STB DVB-T2 pro. set top box ini merupkan penerima siaran TV digital yang memiliki fitur resoulsi Full HD sehingga kalian bisa menonton TV semakin nyaman dengan kualitas gambarnya. 

Selain itu, STB ini juga dapat merekam ketika siaran sedang dilakukan. Beberapa port yang tersedia pada STB ini yaitu port HDMI, USB, dan WiFi dongle. Pada kardusna terdapat 1 unit STB, 1 unit kabel power, 1 unit remote dan 1 unit kabel RCA. 

7. Advance STB DVB-T2

Pilihan alternatif lainnya untuk STB TV digital yaitu Advance STB DVB-T2. Produk ini memiliki resolusi 1920x1080 dan memiliki output yang jernih dan menambah pengalaman menonton TV menjadi semakin nyaman. Kalian bisa menggunakan antena UHF / Digital outdoor untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jernih. 

Penggunaan antena outdoor ini disebabkan karena sinyal digital diseluruh wilayah Indonesia belum merata, sehingga untuk asil yang lebih maksimal disarankan menggunakan antena outdoor. 

8. NGY Digital STB DVB-T2

Nah pilihan receiver TV Digital selanjutnya adalah NGY Digital STB DVB-T2. Dengan menggunakan produk ini, siaran TV digital kalian akan semakin bagus untuk ditonton. Bagi pengguna TV analog / tabung, tidak perlu lagi membeli TV baru, karena kalian dapat menyambungkan kabel antena menuju STB NGY kemudian menghubungkan ke TV kalian. 

Beberapa fitur yang dimiliki NGY Digital STB DVB-T2 adalah Video recorder, 1080 Full HD, USB media player, Youtube on TV ready. Untuk menggunakan youtube on TV ready, pengguna STB ini membutuhkan perangkat tambahan bernama USB WiFi receiver yang dijual terpisah dari unit. 

9. Skybox DVB-T2

Untuk pilihan terakhir, ada produk set top box TV digital yang juga banyak dicari, yaitu Skybox DVB-T2. Populernya produk set top box ini karena keunggulannya yang mampu menawarkan gambar serta suara yang lebih jernih, anti jernih, anti hujan, karena sudah didukung pula dengan fitur HD.

Apabila kalian tidak ingin melewatkan siaran kesayangan anda, tersedia fitur perekam layar pada set top box TV digital ini, yang bisa kalian simpan ke dalam HDD eksternal ataupun flasdisk anda. Tidak hanya itu, produk set top box TV digital ini juga akan dapat memungkinkan kalian memuta berbagai media lainnya seperti format .mp4 dan masih banyak lagi. 

Keuntungan menggunakan set top box TV digital

Setelah kalian mengetahui rekomendasi set top box TV digital, kalian juga perlu mengetahui keuntungan dari menggunakan set top box TV digital. Pasalnya, kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya dari menggunakan set top box TV digital. Apa saja keuntungan tersebut ? yuk simak berikut ini.

1. Harga lebih terjangkau dari membeli TV digital

Kelebihan pertama dari menggunakan set top box TV digital yaitu harganya yang lebih terjangkau dari pada harus membeli TV digital baru. Saat ini telah banyak produk TV yang bisa menangkap siaran digital tanpa harus dilengkapi set top box. 

Akan tetapi, untuk membeli kalian perlu mengeluarkan uang yang jauh lebih mahal mulai dari jutaan rupiah. Sedangkan set top box TV digital terbaik bisa kalian dapatkan dari harga ratusan ribu da TV kalian siap menangkap siaran TV digital. 

2. Tidak memerlukan antena parabola khusus

Tidak memerlukan antena parabola khusus merupakan salah satu kelebihan dari menggunakan set top box TV digital. TV dengan siaran analog memerlukan antena yang mungkin membuat kalian repot untuk mencari posisi agar menghasilkan gambar yang sangat jernih. 

Namun, dengan menggunakan set top box TV digital kalian tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Kalian bisa memanfaatkan antena TV UHF-VHF dengan hasil gambar yang jauh lebih jernih apabila dibandingkan dengan TV analog atau bisa juga menggunakan antena TV digital bagi indoor ataupun outdoor. 

3. Channel yang lebih beragam

Kelebihan dari menggunakan set top box TV digital selanjutnya channel yaitu memiliki channel yang jauh lebih beragam. Apabila pada TV analog yang menggunakan antena hanya bisa menangkap channel TV lokal saja dengan gambar yang kurang jernih, lain halnya dengan menggunakan digital TV. yang menghasilkan berbagai channel dengan tampilan jernih. Oleh karena itu, dengan menggunakan set top box TV digital terbaik kalian bisa menikmati lebih banyak channel. 

4. Dapat membaca format video

Kelebihan selanjutnya dari menggunakan set top box TV digital yaitu dapat membaca format video. Hal ini memungkinkan kalian menonton video yang kalian miliki pada layar TV. 

Kalian hanya perlu mencolokan USB yang berisi video yang ingin kalian tonton pada set top box TV digital. Setelah itu, kalian bisa langsung memutar video tersebut dan menonton dilayar TV.

5. Tidak perlu berlangganan

Mungkin kalian pernah mendengar istilah TV kabel atau parabola yang membuat siaran lebih jernih dan channel lebih beragam. Akan tetapi, kedua hal tersebut memerlukan biaya berlangganan setiap bulannya. 

dengan menggunakan set top box TV kalia bisa mendapatkan semua itu tanpa harus berlangganan. Kalian hanya perlu membeli set top box TV digital sekali saja dan akan siap digunakan tanpa ada biaya setiap bulannya. 

Itulah pembahasan mengenai Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaru dan Terbaik beserta informasi mengenai tips memilih set top box TV digital dan keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Pastikan kalian mencari tau review toko dan produk sebelum membeli nya ya, agar tidak mendapatkan barang yang palsu. 

6 comments

  1. kebetulan lagi nyari ini kak, sejak banyak iklan dan berita kominfo minta ganti ke digital semua. terima kasih infonya kak

    ReplyDelete
  2. Kebetulan lagi butuh banyak info tentang setbox TV. Terima kasih banyak infonya kak. Bisa jadi bahan pertimbangan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama ka, semoga bisa segera menonton channel tv digital ka

      Delete
  3. Set top box ini hanya untuk tv digital aja ya kak? Belum termasuk smart tv kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau smart tv harusnya sudah bisa menerima signal digital ka, tapi perlu research lagi nih.
      kalau ini hanya alternatif bagi pemilik tv tabung yang ingin menonton channel digital

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.