Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Pada Tangan

Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Pada Tangan

Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, kapalan pada tangan sering menjadi keluhan dari kebanyakan orang, karena dapat mengganggu penampilan. Walaupun tidak berbahaya, kalian sebaiknya tidak menyepelekan kapalan pada tangan ini. 

Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan Pada Tangan


Cara Menghilangkan Kapalan pada Tangan

Kapalan pada tangan dapat disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan secara berulang. Sebagai contoh, sering berolahraga, menggunakan alat perkakas atau alat musik secara berulang, bahkan menulis dapat menimpulkan tekanan atau gesekan yang berlebih. Akibatnya, laporan kulit pada telapak tangan bisa mengalami penebalan. 

Biasanya kondisi ini bisa muncul pada area telapak tangan dan jari tangan. Untungnya, ada berbagai cara untuk menghilangkan kapalan pada tangan, yuk simak berikut ini. 

1. Rendam tangan dengan air hangat

Cara yang pertama, dengan merendam tangan yang kapalan pada air hangat. Merendam tangan dalam air hangat ini dapat membantu melunakan penumpukan kulit yang menebal, sehingga lebih mudah untuk digosok / dibersihkan. 

Kalian cukup menyiapkan air hangat dalam sebuah baskom, rendam tangan kira kira selama 10-20 menit. Kalian juga bisa menambahkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam tempat berisi air hangat tersebut. Garam epsom ini dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat membantu melunakan kulit kapalan. 

Jika sudah,keringkan tangan menggunakan handuk bersih. Lakukan langkah ini secara rutin agar kapalan ditangan dapat cepat hilang. 

2. Gunakan batu apung

Setelah merendam tangan yang kapalan dengan air hangat, kalian bisa menggosok area kulit yang bermasalah dengan menggunakan batu apung. Tujuannya, agar tumpukan sel sel kulit menebal dan mengeras dapat terlepas. 

Lakukan langkah ini secara perlahan dengan gerekan memutar searah dengan jarum jam. Jangan terlalu keras menggosok area kulitnya ya, agar tidak terjadi infeksi ataupun berdarah. 

Sesudah digosok, bilas tangan dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 

3. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu kalian mengatasi kapalan pada tangan, dengan cara membuang tmpukan sel kulit mati. Caranya, dengan menggunakan krim atau losin yang mengandung senyawa eksfoliator. 

Nah, American Academy of Dermatology menyarankan agar kalian mencari krim atau losion yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat. 

Kandungan ini dipercaya dapat membantu melembutkan kulit kapalan secara bertahap sekaligus melembapkan kulit. Nantinya, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah. Kalian juga bisa mencari produk krim pelembap yang mengandung salah satu dari ketiga zat yang direkomendasikan. 

Agar hasilnya terasa maksimal, pastikan kalian mengoleskan secara rutin sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan produk. 

4. Dengan menggunakan baking soda

Kalian dapat menggunakan bahan alami yang ada dirumah sebagai cara menghilangkan kepalan di jari tangan. Salah satunya adalah baking soda. 

Cara kerja baking soda diyakini mirip dengan krim eksfoliator yang berfungsi mengelupas tumpukan sel-sel kulit mati menebal dan mengeras. 

Untuk menggunakan, kalian cukup mencampurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya dalam sebuah wadah kecil. Aduk merata sampai teksturnya membentuk pasta. Kemudian, tambahkan beberapa tetes air perasan lemon atau jeruk nipis. 

Oleskan pada area kulit yang mengalami kapalan. Pastikan kalian sudah membersihkan dan mengeringkannya terlebih dahulu. 

5. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung zat antibakteri, antijamur dan antiseptik alami. Untuk menghilangkan kapalan tangan, kalian bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah berisi air hangat. 

Kemudian, rendam kaki atau tangan kapalan selama beberapa saat. Namun, ingat jangan merendamnya lebih dari 15 menit ya, pasalnya kandungan tea tree oil sangat kuat dan rentan merusak lapisan kulit bila terpapar kulit terlalu lama.

Cara mencegah kapalan pada tangan 

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan kapalan diatas, kalian juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar masalah kulit ini tidak muncul lagi kemudian hari. 

Misalnya, dengan rutin menggunting kuku tangan, serta menggunakan sarung tangan ketika harus mengoperasikan alat atau benda yang rentan menimbulkan gesekan dan tekanan, seperti alat perkakas. Selain itu, jagalah kebersihan tangan dengan cara mencuci dan mengoleskan krim pelembap tangan. 

Jika kalian sudah melakukan berbagai cara menghilangkan kapalan ditangan serta tips mencegah tetapi tidak membuahkan hasil, bahkan kulit kapalan malah terasa sakit dan parah, maka kalian perlu berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter spesialis kaki ( podiatris ).

Dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi jika kapalan menumbulkan nyeri parah yang membuat kalian merasa tidak nyaman dan sulit berjalan. 

Operasi mungkin juga direkomendasikan dokter apabila kalian memiliki kelainan bentuk atau struktur dikaki dan jari kaki sehingga menyebabkan pertumbuhan kapalan berulang. Biasanya prosedur ini melibatkan pengangkatan atau perbaikan struktur jaringan tulang. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.