Cara Diet Sehat Ketika Lebaran - Tanpa membahayakan tubuh

Cara Diet Sehat Ketika Lebaran - Tanpa membahayakan tubuh

Dari sekian banyak tradisi Ketika lebaran. Ada satu hal yang biasanya kita nanti nanti, yaitu acara kumpul Bersama keluarga besar dan hidangan khas lebaran. Dan Ketika lebaran tidak jarang kita akan berkunjung ke rumah saudara / tetangga yang mana juga kita akan disuguhkan masakan yang akan menggoda kita dalam mempertahankan berat badan setelah puasa Ramadhan.

Cara Diet Sehat Ketika Lebaran



Pola makan sampai dengan masalah berat badan yang meningkat memang menjadi salah satu persoalan tentang Kesehatan. Padahal sebulan berpuasa biasanya tubuh kita menjadi lebih fit, dan berat badan lebih terkontrol. Namun, bagi Sebagian orang diet Ketika lebaran cukup sulit untuk dilakukan, karena banyaknya hidangan khas lebaran yang menggoda.

Namun jangan kahatir, kalian tetap bisa melakukan beberapa cara diet sehat Ketika lebaran tanpa kawatir kehilangan momen makanan khas lebaran yang enak dan lezat itu. Yuk simak berikut ini


1. kontrol menu khas lebaran agar tidak berlebihan

Momen lebaran memang identik dengan banyaknya hidangan yang lezat. Bahkan tidak jarang cuma ada satu atau dua menu saja. Belum lagi jika semuanya bersantan dan bisa meningkatkan konsumsi kalori. 

Jadi mulailah diet dengan mengontrol menu khas lebaran dirumah, supaya kalian nggak berlebihan dan tetap bisa menjaga menu diet mu. Misalkan saja, cukup memasak satu menu untuk lauk dan bisa gantian menu lainnya dihari berikutnya. Jangan semua menu dimasak di hari H lebaran saja yah. 


2. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi

Nafsu makan ketika lebaran memang cenderung meningkat, apalagi jika ada banyak hidangan yang menggugah selera. Cara paling realistik dalam mengontrol nafsu makan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi di pembuka ya. Misalkan saja apel atau buah - buahan lain yang mengandung banyak air seperti semangka, melon dan pepaya.

Makanan dengan tinggi serat ini dapat memperlanmbat pencernaan makanan, sehingga kalian tetap merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan makan lebih banyak. Jadi usahakan mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi sebelum berkunjung ke rumah kerabat untuk silaturahmi. Agar kalian nggak kalap mencicipi aneka hidangan lezat. 

3. Batasi konsumsi makanan berlemak dan bersantan

Diet sehat dengan menghidari makanan berlemak dan bersantan memang dianggap kurang realistis diterapkan ketika lebaran sih, karena banyaknya hidangan khas lebaran yang identik dengan lemak dan santan. Untuk itu, cara paling realistik diet sehat ketika lebaran itu dengan membatasi konsumsi makanan berlemak dan bersantan. 

Misalkan dalam sehari cukup makan yang berlemak dan bersantan satu kali, atau dengan cara membatasi porsi nya, yang biasanya satu porsi, dikurangi menjadi seperempat porsi saja. Dengan begitu kita tetap bisa makan enak ketika lebaran tanpa berlebihan.

4. Batasi konsumsi gula 

Selain menu makanan yang lezat seperti opor, rendang dan semur. Makanan manis seperti nastar, kue coklat dan es sirup memang cukup menggoda selera kan. Namun konsumsi makanan manis tetap harus terkontrol agar nggak berlebihan ya. 

Cara diet ketika lebaran ini harus diterapkan dalam konsumsi makanan yang manis. Misalkan dengan makan satu sampai tiga kue manis, menguangi takaran sirup, mengganti teh manis dengan teh tawar dan memperbanyak minum air putih. 

5. Tetap berolahraga disela kesibukan lebaran

Setelah pola makan tetap terjaga dan porsinya tetap terkontrol, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berolahrafa yah. Minimal 15 menit sehari, bisa dengan workout dirumah, lari pagi atau jalan kaki sebelum memulai kegiatan silaturahmi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi selama lebaran jadi lemak tubuh semua yah. 

Nah itu beberapa cara diet sehat ketika lebaran. Diet sehat memang bukan berarti kita harus mengutangi makanan, tetapi tetap mengontrol makanan supaya nggak berlebihan. Dengan begitu diet sehat tetap bisa dilakukan ketika lebaran. 

5 comments

  1. Dapat insight baru ni buat sharing ke istri. Makasih infonya ni. ☕☕👍🏻

    ReplyDelete
  2. Thanks ka sudah sharing tipsnya. Emang dari diri kita harus bisa kontrol makanan itu sendiri sih yaa biar tubuh tetap terjaga :D

    ReplyDelete
  3. Thanks ka sudah sharing tipsnya. Emang perlu mengontrol diri terhadap makanannya, agar tubuh tetap terjaga :D

    ReplyDelete
  4. tips bermanfaat ini, saya mencoba berolahraga disela sibuk lebaran

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.