Segudang Manfaat konsumsi Daging Kepiting

Segudang Manfaat konsumsi Daging Kepiting

Bagian mana sih dari kepiting yang kalian sukai ? Karena mulai dari daging sampai dengan kakinya, semua bernutrisi loh. Tidak hanya itu, manfaat kepiting juga bisa memberikan asupan vitamin, mineral, dan lemak sehat bagi tubuh kita.

Manfaat konsumsi Daging Kepiting

 

Manfaat konsumsi Daging Kepiting

Kandungan nutrisi kepiting

Hampir mirip dengan lobster, kepiting merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang sangat melimpah. Pada setiap 100 gram kepiting bagian kakinya saja, sudah memenuhi 35-39% kebutuhan protein harian bagi seseorang. Dan asal kalian tau, jika berbeda jenis kepiting juga berbeda pula kadar nutrisinya loh. Berikut rincian nutrisi dalam 100 gram kaki kepiting untuk jenis Alaskan King Crab 

  • Kalsium: 5% AKG
  • Copper: 131% AKG
  • Magnesium: 15% AKG
  • Fosfor: 22% AKG
  • Potasium: 6% AKG
  • Selenium: 73% AKG
  • Zinc: 69% AKG
  • Vitamin B12: 497% AKG

Untuk dagingnya, sebagian besar kaloi datang dari kalorinya. Untuk cara mengolah nya juga sangat berpengaruh terhadap jumlah total kalori dan lemaknya. Jika ingin  menghindari asupan lemak berlebih, jangan menggunakan butter atau saus krim yang mana akan menambah jumlah kalori. Karena penggunaan 1 sendok butter leleh saja sudah menambah 100 kalori, terutama dari lemak jenuhnya. 

Manfaat konsumsi kepiting

Kepiting merupakan salah satu hewan air bercangkang yang paling bernutrisi, yang mana nutrisi ini sangat bermanfaat bagi tubuh, apa saja nutrisi itu ? yuk simak berikut ini

1.Kaya asam lemak omega-3


Sangat penting memastikan asupan asam lemak omega-3 tercukupi, jika mengalami kekurangan nutrisi jenih ini, kamu bisa memiliki penyakit kulit. Sebaliknya jika kamu mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang sesuai kebutuhan kamu bisa menurunkan resiko mengalami penyakit janung, saraf, peradangan, dan penyakit mata.

2. Memperkuat tulang


Kalsium merupakan faktor penting bagi kesehatan tulang manusia.Tidak hanya itu saja, fosfor juga merupakan mineral yang tak kalah krusial. Daging kepiting mengandung fosfor yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi kita loh. Fosfor juga bisa menjaga tulang agar tetap kuat serta mencegah penyakit akibat penuaan seperti osteoporosis

3. Baik untuk otak


Daging kepiting juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, selenium, copper dan asam lemak omega-3. Zat zat itu sangat baik untuk perkembangan otak dan dapat meningkatkan fungsi kognitif sistem saraf kita. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi kepiting juga bisa mengurangi resiko radang dan penebalan pembuluh darah juga. 

4. Sumber antioksidan


Kandungan antioksidan dalam kepiting juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, Zat seperti selenium dan riboflavin dapat mengoptimalkan fungsi sistem imun sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis. Antioksidan dalam kepiting juga bisa menangkal zat radikal bebas yang buruk bagi tubuh. 

5. Melancarkan sirkulasi darah


Mineral dalam kepiting seperti copper bisa membantu penyerapak at besi oleh sistem pencernaan kita. Tidak hanya itu, Mineral ini juga dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga darah yang mengalir dari tubuh membawa cukup oksigen. Zat ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan serta pertumbuhan sel-sel tubuh setelah cidera atau sakit.
 

Efek samping mengkonsumsi kepiting

Kandungan yang komposisinya menonjol dalam daging kepiting adalah copper(131%AKG) dan vitanin B12(479%AKG). Resiko terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B12 tidak terlalu signifikan, karena jenisnya merupakan vitamin larut air.

Namun, ada resiko mengkonsumsi terlalu banyak copper. Mineral ini bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah, bahkan akumulasi copper dalam jangka panjang bisa menyebabkan gagal ginjal. Tidak hanya itu, perhatikan pula asupan sodium dari konsumsi kepiting, Apabila kamu memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya batasi dalam mengkonsumsi kepiting. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.