Kuota Kartu Sembako Murah Bertambah - Begini Cara Menperoleh Kartu Sembako Murah

Kuota Kartu Sembako Murah Bertambah - Begini Cara Menperoleh Kartu Sembako Murah

Cara Menperoleh Kartu Sembako Murah

Cara Menperoleh Kartu Sembako Murah


Umum info - Untuk mengurangi dampak perekonimian masyarakat akibat adanya apndemi virus corona covid-19 kini presiden joko widodo telah menaikan kuota penerima kartu sembako murah yang awalnya hanya 15,2 juta penerima bertambak menjadi 20 juta penerima. 

Selain itu, nilai kartu sembako murah ini juga naik sebesar 30%, yang awalnya hanya 150 ribu kini menjadi 200 ribu. dan akan diberikan selama kurun waktu 9 bulan. Menteri keuangan Sri mulyani dalam konferensi pers ( 25/2/2020 ) menjelaskan " naik 30% dari 150 ribu menjadi 200 ribu perkelompok penerima manfaat ".

Dilansir dari tirto, bantuan ini sebenarnya telah di luncurkan sejak bulan februari 2017 lalu, hal ini dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk memperkuat perlindungan kepada masyarakat agar memliki akses pangan yang bergizi. Sebelumnya program seperti ini dinamakan Bantuan Pangan Non-Tunai  ( BPNT ).

Lalu bagiaman sih cara meendapatkan kartu sembako murah ini ?Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri sebagai peserta keluarga penerima manfaat ( KPM ) yang dilakukan oleh kementrian sosial sebagaimana di rangkum dalam situs OJK. Setelah terdaftar maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut. 

1. Calon KPM akan memperoleh surat pemberitahuan yang berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan. Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu akan di proses secara paralel dan sinergis oleh pihak bank yang tergabung dalam himpunan bank milik negara ( Himbara), kantor kelurahan, dan kantor walikota/kabupaten.

2. Setelah proses verifikasi data berhasil, penerima bantuan sosial akan di berikan buku rekening dari bank dan akan mendapatkan kartu keluarga sejahtera ( KJS ), yang berguna untuk kartu non tunai atau kartu untuk pengambilan bantuan program.

3.  Selanjutnya panerima bantuan sosial yang sudah memperoleh kartu KKS dapat langzsuzng atang ke - ewarong ( Elektronik  Warung Gotong royong ) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS 

E-warong ini adalah agen bank, pedagang, atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan pinak bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan/penukaran/pembelian bahan pangan oleh KPM. Pasar tradisional , warung, toko kelontong, warung desa, sapai rumah pangan kita (RPK) merupakan beberapa contoh dari e-warong.

Keluarga penerima manfaat ( KPM ) bisa membeli bahan pangan yang mereka butuhkan di berbagai e-warong yang memiliki tanda lokasi penyaluran bantuan sosial non - tunai. dan untuk transaksi dilakukan non - tunai berdasarkan jumlah saldo yang dimiliki pada kartu keluarga sejahtera ( KKS )

Selain itu, bagi penerima manfaat ini akan mendapatkan laporan rinci seputar dana yang telah disalurkan, jumlah dana yang ditarik dan jumlah dana yang tersisa. Dengan adanya program kartu sembako ini diharapkan angka kemiskinan di indonesia berada di bawah 9%, sementara itu, Badan Pusat Statistika ( BPS )mencatat angka kemiskinan di Indonesia Sebesar 9,41% pada bulan maret 2019. Adapun survei terbaru pada bulan maret 2019 angka kemiskinan turun menjadi 9,22%.

"Menurut BPS, ada peran BNPT dalam penurunan angka kemiskinan diIndonesia, oleh karena itu, dengan adanya program sembako diharapkan tingkat kemiskinan akan terus menurun. Target pemerintah dibawah 9% tahun 2020 ini " uangkap Mensos dalam kegiatan sosialisasi program sembako di jakarta, (22/1/2020), dilansir dari kemsos.go.id

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.