Review Lengkap Smartphone Huawei Mate 20 Pro | Hp Dengan Kamera Terbaik

Review Lengkap Smartphone Huawei Mate 20 Pro | Hp Dengan Kamera Terbaik

Pada Penghujung tahun kemarin Huawei secara resmi meluncurkan smartphone unggulan mereka, yaitu Mate 20 series di tanah air. NAmun baru pada awal januari 2019 kemarin dua smartphone ini bisa ditemukan dipasaran indonesia, baik melalui online maupun offline.

Sekarang masyarakat indonesia sudah dapat membeli smartphone huawei mate 20 dengan harga Rp. 8.999.000 dan Huawei Mate 20 pro dengan harga Rp. 11.999.000

Diposisikan lebih tinggi dari P20, Mate 20 pro tetap membawa kamera leica di belakang. Namun kini perangkat ini memiliki chipset terbaru yakni kirin 980 sedangkan untuk P20 hanya kirin 970.

Jika dibandingkan dengan adiknya, yakni mate 20, setikdaknya ada 5 perbedaan utama, Yaitu pada desain, resolusi kamera, fingerprint, wireless charge, dan kapasitas baterai. Secara kasat mata, Huawei Mate 20 Pro tampak lebih ramping dengan layar AMOLED 6,39 inchi dan poni memanjang. Sementara untuk desain MAte 20 agak lapang dengan layar IPS LCD 6.53 inci dengan poni format tetes air. 

Perbedaan mencolok yang bisa langusng dilihat oleh mata adalah keberadaan fingerprint. Untuk mate 20 pro menaruh sensor fingerprint pada sisi dalam layarnya sedangkan untuk MAte 20 terletak pada belakang ( di bawah kamera )

Setelah mengetahui perbedaan Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro dari segi tampilan, mari kita lanjut untuk pembahasan lebih dalam lagi. 

Desain

Spesifikasi Smartphone Huawei Mate 20 Pro


Mate 20 Pro tampil dengan desain kaca depan dan belakang melengkkung seperti yang terlihat pada smartphone samsung galaxy S9 Plus. Untuk Mate 20 Pro, baik panel depan maupun belakang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass yang mampu menghadang goresan benda tumpul. Selain itu , MAte 20 Pro juga memiliki bodi kaaca dengan tekstur halus pada bagian belakang yang membuat nyaman untuk digenggam. Namun sayangnya, untuk indonesia hanya tersedia satu warna saja, yaitu Emerald Green. 


Untuk Bagian simcard, smartphone ini memiliki slot kartu nano sim dan nano memori yang disusun bertumpuk yang terleak pada dasar ponsel, bersamaan dengan port charge type C yang sudah support dengan USB on the go. Namun smartphone ini masih menggunakan format Hybrid, yang membuat pengguna untuk memlilih antara mengaktifkan SIM-SIM atau SIM-Memori card.

Sebagai bocoran, Huawei /mate 20 PRo ini menggunakan kartu memori jenis baru yaitu, NAno-Memory ( NIM) yang hanya di produksi sendiri oleh huawei. Smartphone ini juga meniadakan jack audio 3,5mm, namun sudah menyertakan earphone dengan ujung Type C. Selain itu juga adapter 3,5mm agar bisa menancapkan earset atau headphone favorit kamu.

Tiga kamera Leica

Review Lengkap Smartphone Huawei Mate 20 Pro


Sma dengan P20 Pro, Mate 20 Pro ini juga mengusung 3 kamera Leica pada bagian belakang. Namun formasinya berbeda. Jika P20 Pro terdiri dari lensa wide, B/W, dan tele. untuk mate 20 pro terdiri dari wide, ultra-wide dan tele.

( baca juga : review samsung Galaxy M )

Selain itu, mate 20 pro ini juga memiliiki mode AI portrait colour yang bisa mengisolasi subyek manusia dan mendesaturasisasi warna di sekitar untuk brfokus pada subyek tersebut.

Chipset Kirin 980


Bersama dengan Apple, Huawei adalah satu satunya perusahaan yang menawarkan chipset berbasisi proses 7nm. Prosesor octa core kirin 980 ini diklaim perusahaan mampu menawarkan peningkatan kinerja 20 persen dan meningkatkan efisiensi 40 persen dari chipset 10nm.

Dengan RAM 6GB dan ruang penyimpanan 128 GB, smartphone ini mampu menangani game sarat grafis dan streaming video dengan halus. dan fitur multitasking mudah dan cepat tentunya. dan ditambah dengan kapasitas baterai 4.200 mAh yang sudah mendukung wireless reverse charging.

Letak Fingerprint


Sensor sidik jari pada bagian dalam layar pertama kali dikenalkan kepada konsumen indonesia melalui vivo v11 pro. Huawei mate 20 pro ini menjadi perangkat kedua yang menggunakan pemindai sidik jari pada bagian layar.

Untuk posisi sidik jari sendiri terletak pada sepertiga layar. Sepinttas ada tidak akan mengetahui letaknya, karena tidak ada notif pada layar, baik saat menyalapun. Sensor sidik jari ini akan menyala ketika layar terkunci untuk memberi tahu anda dimana anda harus meletakkan sidik jari anda, dengan catatan sudahmenyeting pengaturan fingerprint ID sebelumnya. Selain fingerprint, mate 20 pro juga memiliki face unlock yang berfungsi sama seperti milik Apple. 

Kekurangan


Untuk kekurangan pada mate 20 pro ini hanya terletak pada kartu memori eksternal saja, yang menggunakan jenis nano-memori card. karena mungkin kamu akan sullit untuk menemukannya dipasaran. dan juga masih belum support dual standby sim card + memori card.

Untuk smartphonr huawei mate 20 pro ini sudah tersedia secara luas di indonesia mulai tanggal 30 desember 2018 dengan harga Rp. 11.999.000

oke, sekian dulu ya, semoga bermanfaat

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.