Manfaat Mandi Subuh Yang Bisa Kamu Rasakan

Manfaat Mandi Subuh Yang Bisa Kamu Rasakan

Mandi adalah aktifitas yang dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, Selain untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat, dengan kita mandi, tubuh juga dapat terbebaskan dari kotoran yang menempel pada tubuh. 

Manfaat Mandi Subuh


Mandi pagi adalah aktifitas yang dilakukan kebayakan orang sebelum memulai kesibukan dalam pekerjaan mereka. Mandi pagi dengan air dingin tentunya sudah hal biasa yang dilakukan setiap orang, tapi tahukan bahwa mandi pada saat sebelum waktu subuh tiba bisa membuat badan kita lebih sehat?? berikut akan kami paparkan

Manfaat Mandi Sebelum Subuh

1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi kamu yang sudah menikah dan ingin segera memiliki momongan, manfaat mandi subuh ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mandi subuh bisa mengingkatkan hormon testosteron dan estrogen.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat mandi subuh lainnya adalah mengurangi kaku persendian, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Sementara itu, jika kamu mandi menggunakan air hangat pada waktu subuh maka hal itu baik untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar.

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Jika rasa nyeri muncul setelah kamu melakukan latihan fisik, kamu bisa mencoba mendaatkan manfat mandi subuh. Sebuah studi menemukan bahwa mandi subuh dengan air dingin dapat efektif mengurangi nyeri otot 1 hingga 4 hari pasca latihan. Manfaat yang bisa didapatkan ini, diduga terkait dengan efek relaksasi dari air dingin. 

4. Meningkatkan Memori

Bagi kamu yang ingin memiliki daya ingat kuat di hari tua, coba untuk rutin mandi subuh,. Manfaat mandi subuh ini juga dapat membuat otak lebih dingin, yang pada akhirnya bisa membuat otak bekerja lebih keras dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Tentu hal ini tidak lepas dari lancarnya peredaran di dalam tubuh yang membawa nutrisi dan oksigen menuju ke otak.

5. Merangsang Sel Darah Putih

Manfaat mandi subuh berikutnya adalah kemampuan nya dalam mengatasi penyakit.  Mandi subuh dengan air dingin diduga dapat merangsang sel darah putih dalam aliran darah. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh anda mampu melawan serangan penyakit maka kamu harus mandi subuh. 

Bonus

Ketika terkena air dingin, tubuh kita akan kaget dan langsung meningkatkan denyut jantung dan oksigen ke dalam tubuh. Suntakan langsung air dingin di atas kepala bisa memicu sistem saraf pusat yang pada akhirnya membuat tubuh lebih energik.

Namun, setiap orang memiliki alasan yang berbeda saat melakukan aktivitas mandi, ada yang untuk melepaskan penat, menghilangkan kotoran atau meningkatkan semangat.

Namun, setelah kamu melihat banyak manfaat mandi subuh, masihkah kamu ragu untuk melakukannya? Mandi subuh bukanlah sebuah aktivitas biasa, karena fakta membuktikan banyak manfaat yang bisa didapatkan ketimbang rasa takut menghadapi dinginnya air ketika waktu subuh.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.