Perbandingan Honor V10 VS Samsung Galaxy A8 Plus - Mana Yang Lebih Bagus ?

Perbandingan Honor V10 VS Samsung Galaxy A8 Plus - Mana Yang Lebih Bagus ?


Sebelum Samsung meluncurkan smartphone andalannya Galaxy S9, vendor asal Korea Selatan ini telah lebih dulu merilis smartphone semi-premium miliknya yang hadir dengan nama Samsung Galaxy A8 Plus. Perangkat ini sendiri dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni di kisaran 8 jutaan. Hadir sebagai perangkat yang mengunggulkan bagian kamera, Galaxy A8 Plus ini mendapat persaingan yang cukup ketat dari Honor V10 yang juga resmi meluncur ke Tanah Air. Keduanya sama-sama andalkan fitur kamera serta performa ala smartphone high-end.


Soal desain, kedua smartphone ini memiliki rupa menawan. Huawei Honor V10 datang dengan balutan material alumunium, sedangkan Samsung Galaxy A8 Plus menggunakan bahan kaca pada bagian belakang berpadu frame berbahan alumunium. Perbedaan lain, Samsung Galaxy A8 Plus menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang bodi, sedangkan Huawei Honor V10 memiliki fingerprint sensor di bagian depan bawah layar. Sayangnya, terdapat satu fitur yang membuat Samsung Galaxy A8 Plus lebih unggul ketimbang Huawei V10. Fitur tersebut adalah kemampuan tahan debu dan air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit berkat dukungan sertifikasi IP68.

Sekarang ganti pada bagian layar, kedua smartphone ini yakni Huawei Honor 10 dan Galaxy S8 menawarkan panel full display. Samsung Galaxy A8 Plus hadir dengan panel Super AMOLED dengan rasio 18.5:9 ratio seluas 6 inch sedangkan Honor V10 gunakan panel LTPS IPS dengan rasio 18:9 dan memiliki luas 5,99 inch. Soal tampilan, keduanya pun gunakan custom interface bawaan seperti EMUI 8.0 di Honor V10 dan Samsung Experience UI pada Galaxy A8 Plus. Huawei Honor V10 berjalan dengan OS Android 8.0 Oreo. Untuk performa, smartphone ini menggunakan chipset Hisilicon Kirin 970 dengan grafis Mali-G72 MP12 yang dipadukan RAM berukuran 6 GB dan memori internal dengan kapasitas 64 GB atau 128 GB.

Sementara itu, pesaingnya Samsung Galaxy A8 Plus berjalan pada OS versi lawas Android 7.1.1 Nougat. Chipset yang digunakannya adalah Exynos seri 7885 Octa dengan grafis Mali-G71 yang didukung RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Bisa dilihat, Smartphone Honor V10 sendiri diperkuat dengan adanya chipset kelas tinggi besutan Huawei yang diklaim memiliki performa sekelas Snapdragon 845. Untuk Kekurangan sangat terlihat pada Samsung Galaxy A8, smartphone ini hanya menggunakan chipset kelas menengah saja.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.