Tips Ampuh Dalam Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO

Tips Ampuh Dalam Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO


Tips Ampuh Dalam Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO – kita semua tau jika menulis artikel adalah salah satu aktivitas para blogger, banyak blogger yang tahu cara untuk menulis yang baik dan rapi, namuan mereka tidak tau bagaimana menulis artikel yang SEO friendly dan berkualitas.

Apa Itu Artikel ?

Artikel adalah sebuah karangan atau ketikan yang lengkap dan panjang yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Untuk update algoritma google yang terbaru, artikel sebuah blog/web yang berkualitas SEO tidak hanya bagus di mata mesin pencari saja, namun juga harus bagus dimata pembaca.
Banyak sekali tips yang mengulas tentang bagaimana menulis artikel yang berkualitas SEO friendly di internet. Tapi tidak semua sempurna bisa diterpakan dengan baik, dan bahkan ada beberapa yang sudah outdate dengan perkembangan algoritma dari mesin pencari (google).
Dalam menulis artikel kita tidak hanya untuk kegiatan dalam mengisi blog saja, namun ini juga bisa menjadi ajang dalam penambahan wawasan dan pengathuan bagi penulis , dan menulis artikel ini juga bisa menjadi peluang mu untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Buat apa sih nulis artikel ?

Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO

Tujuan menulis artikel adalah untuk membuat pembaca menjadi tau apa manfaat tulisan yang ia baca. Selain itu kita juga harus pintar dalam mengelola SEO, agar artikel yang kita buat berada di halaman pertama google. Nah yuk kita sama sama belajar, bagaiamana membuat artikel yang berkualitas.

Tips Ampuh Dalam Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO

1. Tentukan Topik Artikel

Jika kalian ingin membuat artikel , hal yang pertama kalian lakukanadalah dengan menentukan topik yang akan kalian bahas. Namun banyak teman teman yang merasa bingung dalam menentukan topik yang akan dibahas dalam artikel mereka. Jadi hal ini sangat penting untuk bisa membuat artikel yang berkualitas dan seo friendly, untuk kalian yang bingung, yuk simak !

Membuat tulisan yang kalian kuasai

Misalkan saja, kalian ingin memiliki kemampuan dalam bisnis online, maka kalian bisa memanfaatkan kemampuan mu untuk membuat artikel yang membahas bisnis online, dan kalian bisa menjelaskan apa itu bisnis online secara lengkap dan terperinci.

Menceritakan peritiwa atau pegalaman.

Misalkan kalian mampunyai pengalaman dalam bekerja di google, maka kalian bisa menentukan topik yang akan kalian tulis untuk dijadikan sebuah artikel,

Menceritakan kisah kamu

Pasti semua orang kan memiliki kisah, untuk itu kamu bisa menjadikan sebuah topic dari kisah kamu.

2. Gunakan Judul Menarik

Tips Ampuh Dalam Membuat Artikel Yang Berkualitas Dan SEO yang kedua adalah gunakanlah judul yang menarik serta mengundang klik, yang di maksud adalah agar bisa menark pembaca untuk membaca artikel kita. Nah untuk cara ini biasanya ada kesulitan bagian untuk menentukan judul jika kta membuat sesuai dengan keyword yang ditargetkan, akan tampak seperti tidak enak jika di baca, namun jika dibuat judul yang manrik, malah membuat keyword yang tidak bisa masuk.
Untuk solusi dari kasus diatas, kalian pengguna wordpress, kalian bisa menggunakan plugin ine seo pack atau sejenisnya yang bisa digunakan untuk me-rewrite judul artikel kamu, jadi  kamu akan punya 2 judul dalam 1 postingan, 1 judul buat keyword search engine dan 1 untuk pembaca.
Contoh nya kalian akan membuat artikel tentang cara mendapatkan uang dari intenet. Maka nanti kamu akan mendapatkan 1 judul buat keyword : cara mendapatkan uang dari blog.  Dan 1 judul pembaca : hingga puluhan juta rupiah. Jadi kalian bisa menggabungkan judul nya menjadi : cara mendapatkan uang dari blog hingga puluhan juta perbulan. Dan ingat, jangan sampai lebih dari 60 huruf, agar tidak terpotong dalam mesin pencari. Namun setelah update kemarin, google mematasi title tag SERP menjad 600px saja. Ini tergantung dari penggunaan huruf besar kecil kamu,

3. Tulis Artikel yang Panjang

Jadi cara membuat artikel yang berkualitas itu kalian juga harus membuat artikel tersebut panjang dan juga membpunyai manfaat untuk pembaca. Banyak yang berpendapat jika semakin panjang, maka semakin bak di peringkat search engine.
Namun pendapat ini juga tidak sepenuh nya benar, misalkan saja kamu mempunyai artikel yang panjang, namun tidak ada manfaatnya, hanya membuat pembaca malah mejadi bingung. Tips dari saya, buatlah artikel yang panjang, dan buat banyak poin penting sehingga pembaca menjadi lebih mengetahui isi artikel yang kalian buat. berdasarkan  analisa dari backlinko.com untuk saat ini rata rata panjang artikel yang berada di halaman 1 SERP adalah 1890 kata.

4. Guanakan Internal Link

Internal link merupakan link antar halaman dalam satu blog/web, jadi dalam artikel tersebut memiliki cabang ke artikel yang lain. Idealnya, kalian bisa menambah 10 internal link per post yang kalian buat.
Dengan mengunakan internal link, jika salah satu halaman mendapatkan sebuah backlink, maka 85% power backlink akan mengalir dan terbagi ke halaman yang lain atau biasa disebut linkjice.

5. Abaikan Keyword Density

Keyword density adalah suatu intensitas tampilan keyword dalam satu halaman artikel. Dulu sebelum ada google panda, idealnya keyword density itu 3-5%, namuan untuk algoritma saat ini, kalian tida perlu memikirkan soal itu, karena google saat ini sudah pintar dalam mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.  Namuan kalian juga harus berhati – hati jika presentase keyword density yang terlalu banyak akan berdampak buruk pada artikel kamu ( keyword stuffing )
keyword density

6. Gunakan LSI keyword

Misalkan saja , kamu sedang menulis sebuah artikel yang membahas tentang cara mendapatkan uang dari internet, maka kalian bisa menambahkan istilah seperti blog, backlink, tutorial dan istikah lain yang relevan dengan jdul tersebut.

7. Gunakan Blog, Italic, Underline dalam taraf wajar.

Ini berfungsi untuk membantu search engine untuk mengenai kata kata penting dalam artikel kamu. Tapi dalam praktekna, banak teman teman yang berlebihan dalam mengaplikasikannya pada keword bidik.  Wajar disini yaitu tidak berlebihan, gunakan bolg hanya untuk keyword, italic untuk istilah asing, dan underline untuk catatan penting.

8. Gunakan Elemen H1, H2, H3

Biasanya jika pada thema default wordpress, dan tema default blogger, elemen h1 ini digunakan untuk judul website, h2 untuk judul postingan dan h3 untuk elemen website seperti related post dll. Disini jika  kamu menggunakan blogger, kalian nisa memastikan h1 adalah untuk judul postingan, h2 untuk sub title postingan,   dan jangan terlalu banyak dalam penggunaan h1, cukup satu kali saja, jika kalian ingin lebih, silakan gunakan h2, dan h3

9. Gunakan Permalink

 Permalink adalah suatu URL dalam sebuah postingan yang telah kalian buat. Jadi permalink yang bagus itu idak hnya kaya tetang variasi saja, tapi jua harus mudah untuk dideteksi search engine yang menjadi topic utama.
Contoh :
Judul : 14 cara ampuh meningkatkan trafik blog
Permalink asli : /14-cara-ampuh-meningkatkan-trafik-blog.html
Permalink yang bagus dan SEO friendl : /cara-meningkatkan-trafik-blog.html
Berdasarkan hasil interview dari matt cuts, dia menyarankan untuk menggunakan permalink tidak lebih dari 5 kata.
“If you can make your title four- or five-words long – and it is pretty natural. If you have got a three, four or five words in your URL, that can be perfectly normal. As it gets a little longer, then it starts to look a little worse. Now, our algorithms typically will just weight those words less and just not give you as much credit.”

untuk cara membuat permalink sendiri kalian bisa masuk ke tautan permanen >> tautan permanen khusus. Sedangkan jika pada wordpress, kalian bisa langsung mengedit pada menu visual editor dan menarahkan ke bagian title post dan klik edit.

10. Optimasi Meta Deskripsi

Jika kalian menggunakan keyword utama di kalimat petama, biasanya artikel kalian akan terlihat kaku. Untuk hal ini, kamu bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi.dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dalam menulis sebauh artikel agar pembaca menjadi tertarik.
Namun google membatasi meta deskripsi hanya 160 karakter, jadi sebaiknya kamu mengoptimasi meta deskripsi ini.

11. Gunakan Alt Image

Fungsi alt image sendiri adalah agar dile gambar tersebut bisa menjelaskan isi file gambar ke robot yang akan mencrawl di halaman tersbut, dan yang dibaca google pun bukan gambar, melainkan atribut alt image.

12. Gunakan Variasi Keyword

Yang dimaksud variasi di sini adalah gunakan keyword utama secara menyebar di sekitar artikel. Contohnya
Keyword : cara membuat blog gratis
Oke balik lagi ke adimasrosid, disini saya akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi kamu yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk membeli domain dan hosting, maka blog gratis bisa menjadi satu solusi kalian. dan kalian bisa membuat blog gratis di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog sangat gampang, jika kalian mengikuti step by step yang akan laptopsiipat sajikan dibawah ini, saya yakin kalian sudah bisa berhasil membuat blog kalian sendiri...”

jadi intinya sebar keywprd utama kalian ke dalam beberapa paragraph dan artikel kalian menjadi lebih SEO friendly, jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat penjelasan gambar dari moz.com ini
cara membuat artikel berkualitas

Dengan menggunakan variasi keyword, artikel bisa lebih hidup dan coba bandingkan dengan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keyword atau mengulang keyword utama ke beberapa pararam.
Nah , demikian cara membuat artikel yang berkulitas dan seo , semoga ii bisa membantu kalian dalam membua artikel yang berkualitas dan seo, sampai jumpa lagi.


Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.