Pengertian dan Penjelasan Apa Sih Mikrotik,RuterOS,Routerboard Itu .

Pengertian dan Penjelasan Apa Sih Mikrotik,RuterOS,Routerboard Itu .


Mikrotik merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi hardware dan software yang ada kaitanya dengan jaringan computer. Mikrotik berpusat di Latvia yang didirikan sejak tahun 1995 untuk mengembangkan router dan isp nirkabel,

pengertian mikrotik

Mikrotik di buat oleh MikroTikls yang merupakan sebuah perusahaan di Latvia yang bertepat di kota Riga. Latvia merupakan sebuah Negara pecahan dari uni soviet yang sekarang sudah berganti rusia ini. Mikrotik ini awalnya dalah perusahaan jasa layanan internet atau biasa kita menyebut ISP yang melayani pelanggannya menggunakan wireless. Saat ini mikrotikls sudah melayani banyak ISP nirkabel untuk akses internet di banyak Negara. Mikrotikls saat ini juga menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian Negara. Produk keunggulannya adalah router,switch,antenna, dan perangkat pendukung lainya. Sedangkan produk softwarenya berupka Mikrotik RouterOS

Apa Sih Mikrotik RouterOS Itu ?

MikroTik RouterOS™ merupakan system operasi yang digunakan untuk menjadikan computer menjadi router network, yang memiliki fitur berupa untuk membuat ip network, jaringan wireless, dan cocok untuk digunakan oleh ISP dan Provider hotspot lainya. Dalam instalasi mikrotik juga tidak membutuhkan piranti tambahan. Karena mikrotik ini didesain agar mudah dalam penggunaan dan selain itu juga baik untuk keperluan administrasi jaringan computer seperti merancang dan membangun system jaringan computer skala besar maupun kecil.

 Apa Sih Mikrotik Routerboard Itu ?

Mikrotik routerboard merupakan sebuah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard ini bisa disebut sebuah PC mini yang sudah terintegrasi yang didalamnya juga tertanam prosesor, ram, rom, memori flash. Untuk bagian OS nya Routerboard ini menggunakan mikrotik routeros yang berguna untuk router jaringan, bandwidth management, dhcp, dns server,proxy server dan hotspot server.

Routerboard ini ada juga yang berfungsi untuk wifi, seri routerboard untuk wifi atau akses point dan juga bisa untuk wifi client, meliputi RB411,RB433,RB600. Sebagian besar ISP wirelss saat ini menggunakan routerboard untuk mejalankan fungsi wirelss nya baik untuk AP ataupun sebagai AP client. Dengan menggunakan ini, kamu bisa menjalannkan fungsi seuah router tanpa tergantung oleh PC. Karena semua fungsi router sudah ada pada routerboard ini. Apabiila dibandingkan anda menginstall routerOS pada PC, Routerboard ini lebih memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih kompak serta hemat listrik. Apabila digunakan sebagai wifi, bisa menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.

Mikrotik pada standarnya merupakan perangkas keras yang berbasis PC ini dikenal dalam kestabilanya, kualitas control, dan fleksibilitas dalam berbagai jenis paket data dan penangangan proses rute atau biasa disebut sebagai routing. Beberapa aplikasi yang dapat diterapkan ketika terdpat mikrotik adalah manajemen bandwidth, firewall, wireless access point, VPN server, backhaul link, dll

System Level Lisensi Pada Mikrotik

Sama dengan windows, mikrotik bukanlah sebuah software gratis apabila kamu ingin menggunakanya secara penuh. Mikrotik dikenal sebagai istilah level pada lisensinya. Yang disetiap levelnya memiliki kempampuan yang berbeda beda sesuai dengan harganya. Berikut ada level lisensi mikrotik :

1.      Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi dalam menggunakannya dan juga penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

2.      Level 1 (demo); pada level ini kamu bisa menggunakannya untuk fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.

3.      Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan dalam menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.

4.      Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan dalam mengelola perangkat wireless tipe akses poin.

5.      Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.

6.      Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

Oke demikian pengertian apa itu mikrotik, pengertian routerboard dan pengertian routerOS. Semoga bisa membantu kalian ya.

Referensi
https://mikrotikindo.blogspot.com

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.