Panduan Memasang Meta Deskripsi, Title Tag, Dan Heading Tag Yang Benar Pada Blog

Panduan Memasang Meta Deskripsi, Title Tag, Dan Heading Tag Yang Benar Pada Blog


Panduan memasang meta deskripsi, title tag, heading tag -  dalam dunia SEO kita wajib mengoptimasi meta deskripsi, title tag dan heading tag agar blog kita mendapatkan nilai SEO yang baik.

Seperti yang kita tau sebelumnya, jika membuat sebuah web/blog kita agar berada di posisi teratas di google kita harus melakukan optimasi SEO, salah satunya dengan mengoptimasi meta deskripsi, title tag, heading tag, agar bisa mengkiatkan relevansi web/blog kita terhadap search engine.

Panduan Memasang Meta Deskripsi, Title Tag, Dan Heading Tag

1. meta description

Dalam meningkatkan rangking halaman di search engine itu salah satu nya dengan memasang meta description, jadi meta description ini ada dua, yaitu untuk homepage dan untuk halaman artikel.
Dalam pengisian deskripsi yang baik dan benar, panjang maksimal 160 karakter.

Panduan Memasang Meta Deskripsi pada homepage

  • Login ke blogger
  • Masuk ke setelan
  • Pilih menu preferensi penelusuran
  • Pada bagian tag meta, aktifkan deskripsi, silakan isi dengan deskripsi yang sesuai dengan blog kalian

Panduan Memasang Meta Deskripsi pada artiel

  • Masuk ke blogger, lalu entri baru, atau bisa edit entri
  • Pada  bagian sidebar kiri, akan muncul option deskripsi penelusuran. Silakan isi dengan deskripsi yang sesuai dengan artikel kalian.


memasang deskripsi


2. title tag

Untuk selanjutnya dalam Panduan Memasang Meta Deskripsi, Title Tag, Dan Heading Tag adalah memasang title tag, letak title tag ini ada di jdul artikel kalian. Di title browser. Untuk meningkatkan rlevansi dengan title tag ini kamu harus meletakan katakunci blog yang kalian sedang incar di title tag.
Misalkan saja judulnya dalah “ panduan lengkap menjadi orang sukses dan pintar “ , maka title tag harus menuliskan hal yang sama dengan judulnya pada title bar browser kalian

Panduan Memasang Title Tag

  • Login ke blogger
  • Masuk ke template, kemudian klik edit HTML
  • Cari kode berikut

<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
  • Cari kode <title> kemudian lihat kode dibawahnya, apakah sudah sama dengan kode yang saya berkan, jika sama, silakan lanjut ke poinkedua
  • Cari kode <head>
  • Masukan kode diatas dibawah kode <head>

3. heading tag

Untuk terakhir adalah memasang headin tag, dalam memasang heading tag ini sama saja kamu berkata ke search engine jika “Bagian ini adalah bagian yang paling penting, ini penting, ini yang tidak penting”, untuk memasang heading tag ini kalian hanya harus memilih mana kata yang akan di beri heading tag h1 , h2 , dan h3.
Akhir kata, demikian Panduan Memasang Meta Deskripsi, Title Tag, Dan Heading Tag Yang Benar Pada Blog, dengan melakukan optimasi 3 poin diatas, blog kalian lebih menjadi SEO friendly dan disukai google.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.