Mitos Perawatan Kulit Yang Sering Dilakukan Padahal Sebenarnya Salah dan Akan Menambah Masalah

Mitos Perawatan Kulit Yang Sering Dilakukan Padahal Sebenarnya Salah dan Akan Menambah Masalah

Tanpa kita sadari, ada banyak mitos perawatan kulit yang sebenarnya keliru tetapi sering diterapkan oleh wanita dan remaja perempuan. Sering kali tips kecantikan ini juga beredar di media, padahal kebenarannya tidak terbukti. Coba cek apa saja mitos-mitos berikut yang sebenarnya salah, mungkin salah satunya ada yang Anda lakukan.

Mitos Perawatan Kulit Yang Sering Dilakukan Padahal Sebenarnya Salah dan Akan Menambah Masalah

Mitos Perawatan Kulit yang salah

1. Tidak perlu pakai sunscreen saat mendung


Banyak orang yang mengira bahwa saat cuaca mendung, radiasi sinar UV menghilang. Ini karena katanya, sinar matahari yang menyebabkan radias, tertutup oleh awan sehingga tidak akan sampai ke bumi.

Padahal, saat cuaca mendung bahkan hujan sekalipun, radiasi UV tetap sampai ke bumi. Oleh karena itu, apapun cuacanya pastikan untuk tetap menggunakan tabir surya saat Anda berkegiatan di luar ruangan. Jangan lupa untuk memakainya ulang setiap dua jam sekali jika saat berenang atau melakukan kegiatan luar ruangan yang bermandikan keringat.
Selain itu, usahakan untuk tetap memakai tabir surya meskipun Anda sedang menggunakan make up. Hal ini dikarenakan make up sama sekali tidak menghalangi sinar UV untuk menembus kulit. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan riasan yang bahan-bahannya mengandung SPF untuk dapat melindungi kulit secara lebih maksimal.

2. Produk perawatan kulit yang mahal sudah pasti bagus


Mitos perawatan kulit kedua yang banyak dipercaya yaitu produk perawatan yang mahal sudah pasti bagus. Leslie Bauman, MD, Kepala University of Miami Cosmetic Group dan penulis buku The Skin Type Solution, menyatakan bahwa mitos yang satu ini benar-benar keliru. Pasalnya, tidak selalu produk mahal pasti bagus dan cocok untuk kulit. Banyak produk murah yang justru sama bagusnya dengan produk mahal tetapi dipatok dengan harga yang jauh lebih murah.

Bauman menyatakan pada dasarnya sebagian besar produk perawatan tertentu sebenarnya mengandung bahan aktif yang sama. Hanya saja, merek dan popularitas produk membuatnya yang sudah terkenal membuat harganya melambung tinggi. Untuk itu, terlepas dari merek dan harga produk, Anda perlu mengecek kandungan dan cara pengemasannya untuk memastikan produk ini baik dan layak digunakan.

3. Seminggu pakai produk tertentu, hasilnya sudah bisa terlihat


Banyak orang memiliki kebiasaan untuk langsung ganti produk saat ia tidak melihat hasilnya dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu. Padahal menurut Mark G. Rubin, Asisten Profesor Dermatologi di University of California, butuh waktu 8 hingga 10 minggu untuk melihat efek produk pada kulit sebelum menggantinya dengan produk baru.

Ingat, tidak semua orang memiliki respon kulit yang sama. Sebagian bahan bisa bekerja lebih cepat pada orang tertentu dan bekerja lebih lambat untuk orang lain.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan berganti produk terlalu cepat karena kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan produk baru. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan hanya karena reaksi suatu produk di kulit Anda cenderung lebih lambat dibandingkan dengan teman Anda.

4. Penggunaan scrub bisa menipiskan kulit

Di antara sekian banyak mitos perawatan kulit yang berkembang, penggunaan scrub adalah salah satu yang sering muncul. Scrub dipercaya dapat menipiskan kulit. Padahal faktanya tidak demikian.

Menurut Mary P. Lupo, MD, FAAD, seorang profesor klinis dermatologi di Tulane University School of Medicine, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan dengan produk yang sesuai dengan kondisi kulit justru dibutuhkan dan dapat meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit Anda.

Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Pasalnya, segala kotoran dan kulit mati yang menumpuk sebagai salah satu penyebab kulit menjadi kusam dapat terangkat. Malah, jika Anda melakukan eksfoliasi secara teratur dengan produk yang tepat, hal ini bisa meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Kolagen adalah zat yang sangat penting untuk membuat kulit tampak lebih muda. Biasanya, kolagen akan berkurang dan rusak jika Anda terlalu banyak terpapar radikal bebas. Oleh karena itu, kulit bisa mengendur dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

Nah, jika Anda termasuk ke dalam orang yang percaya bahwa scrub bisa menipiskan kulit maka Anda tidak bisa mendapatkan manfaat penting dari eksfoliasi. Padahal, dengan eksfoliasi yang tepat Anda tidak perlu membeli berbagai produk pengencang dan pemutih kulit. Hanya dengan eksfoliasi, Anda bisa mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan terhindar dari penuaan dini.

Lalu, bagaimana cara merawat kulit yang benar?


Merawat kulit yang benar tentu saja dilakukan dengan cara menerapkan metode perawatan yang tepat sesuai kondisi. Kenali tipe kulit Anda dan gunakan berbagai produk yang sesuai.
Selain itu, usahakan untuk tidak menelan mentah-mentah mitos perawatan kulit yang berkembang di masyarakat tanpa mencari tahu kebenarannya. Ingat, tidak semua informasi yang Anda dengar merupakan fakta, jadi penting untuk mencari tahu kebenarannya sebelum mempraktikkannya. Pasalnya, berbagai mitos perawatan kulit yang keliru bisa merugikan Anda.

Dalam memilih produk perawatan kulit Anda juga perlu cermat. Usahakan untuk menggunakan produk berbahan dasar alami. Gunanya untuk meminimalkan risiko dan efek samping yang mungkin terjadi seperti iritasi dan juga alergi. Namun, Anda juga perlu cermat dalam memilih produk perawatan kulit alami. Pilihlah produk yang sesuai untuk kebutuhan kulit Anda.

Salah satu produk perawatan kulit yang perlu Anda pilih dengan tepat adalah sabun mandi. Pasalnya, mandi merupakan kegiatan harian yang pasti dilakukan tanpa terlewat. Untuk itu, pilihlah sabun mandi dengan kandungan scrub alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk.

Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan scrub berbahan alami sebanyak 4-5 kali seminggu jika Anda memiliki kulit yang berminyak, sedangkan jika Anda termasuk memiliki kulit yang kering, Anda dapat mengaplikasikannya 1-2 kali per minggu. Nah, hal ini bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk merawat kulit tubuh Anda.

Pilihlah produk berbahan dasar alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti aprikot. Hal ini dikarenakan aprikot termasuk salah satu buah yang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan sehat tanpa perlu melakukan perawatan mahal yang mengeluarkan banyak uang

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.