10 Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi Yang Jarang Di Ketahui Orang

10 Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi Yang Jarang Di Ketahui Orang

Tidak dapat dipungkiri lagi jika protein memang memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan, metabolism dan regenerasi sel tubuh. Sumber protein ini paling popular seperti olahan susu, telur dan daging. Namun tahukah kamu jika ternyata ada banyak sekali makanan yang mengandung protein tinggi selain susu, telur dan daging ? dan ini bisa kamu jadikan sebagai alternative untuk memenuhi kebutuhan protein harianmu. Berikut ulasan dari adimasrosid blog. 

10 Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi


1. Delima

Buah delima merupakan buah yang memiliki kandungan protein tinggi, kandungan anti oksidannya yang tinggi ini sering dijadikan rujukan jika salah satu makanan dengan property medis penangkal kanker. Selain manfaatnya untuk pengobatan, ternyata buah delima ini kaya akan protein. Salah satu buah delima ini bisa mengandung 1.67 – 3 gram protein. 

2. Spirulina

Makanan dengan kandungan protein yang kedua adalah buah spirulina, buah ini sering disebut sebagai makanan super kaya dengan kandungan protein dan nutrisi lainnya seprti klofil, dan zat besi. Dalam satu buah spirulina ini bisa mengandung protein sebanyak 65%. Buah spirulina ini termasuk kedalam family alga dan sudah sejak lama dipakai oleh peradapan kuno amerika selatan dan afrika karena kandungan nutrisi dan manfaat untuk pengobatan. Produk dari spirulina ini biasanya dalam bentuk kapsul dan serbuk. 

3. Quinoa

Quinoa atau dibaca Keen-wa ini berasal dari amerika selaan, dan sudah dikonsumsi selama ribuan tahun lalu oleh suku inca sebagai makanan pokok. Makanan quinoa ini serig dijadikan sebagai alternative diet. Semangkuk quinoa ini memiliki kandungan protein sebanyak 14 gram.

4. Hummus

Humus merupakan sejenis campuran bahan makanan tinggi protein, seperti chickpeas dan olive oil, dan beberapa rempah. Semangkuk humus ini memiliki kandungan protein sebanaak 8 ram. Humus awalnya bersal dari mesi dan biasanya dijadikan sebagai makanan pendamping. Humus biasanya di santap dengan snack, seperti tortilla, chips, corn dan bahkan bisa kamu pakai sebagai campuran salad, makanan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang diet tapi ingin ngemil terus. 

5. Kacang Tanah

Menurut beberapa penlitian dan studi kasus, jika kacang tanah ini bisa membantu kamu menurunkan berat nadan. Dalam 1 ons kacang tanah mengandung 7 gram protein. Tapi jangan juga berlebihan, karena kandungan lemak dalam kacang tanah ini ada lemak jenuhnya, lebih baik kamu mengkonsumsi kacang tanah rebus tanpa ada tambahan garam dan ini bisa lebih sehat buat kamu.

6. Almond

Almond sering kali digunakan sebagai toping, atau campuran makanan agar menambah cita rasa dan membuat tampilan lebih menawan. Selain rasanya yang enak dan texturnya yag crunchy, almond ini termasuk ke dalam makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Karena dalam 1 ons almond, bisa mengandung 6 gram protein. 

7. Brokoli

Brokoli adalah sayuran dengan kandungan nutrisi yang sangat baik. Semangkuk brokoli ini katanya memiliki kandungan 3gram protein. Menurut para ahli gizi, mereka menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli dengan cara dikukus, agar menjaga kandungan protein dan nutrisi penting lainnya tetap utuh. Brokoli ini merupakan salah satu sumber vitamin K dan kalsium yang baik untuk kepadatan tulang. Dan brokoli ini cocok sebagai pengganti susu. 

8. Alpukat

Selain bisa dijadikan masker, alpukat ini ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup besar, sekitar 2 gram setiap buah. Alpukat ini kaya dengan lemak tak jenuh dan merupakan umber protein nabati yang baik untuk kesehatanmu, serta bisa melancarkan pencernaan mu karena kandungan seratnya yang juga tinggi

9. Beras Hitam

Jangan salah antara beras hitam dan beras ketan ya. Karena kedua ini berbeda jauh. Mungkin bagi kamu yang jarang mendengar beras hitam, namun asal kamu tahu, beras hitam ini memiliki kandungan protein yang tinggi, selain manfaatnya untuk mengingkatkan kesehatan jantung, dan mencegah penyakit diabetes. Dalam 100 gram beras hitam ini terdapat kandungan 7.50 gram protein loh. Kamu bisa mencampurkannya dengan kacang polong agar terlihat lebih menarik ketika dimakan. 

10. Tempe

Siapa sih yang tidak tahu yang satu ini. tempe pada dasarnya adalah makanan dari kedelai. Kandungan protein dalam 100 gram tempe ini bisa mencapai 19 gram protein. Tempe merupakan alternative makanan yang murah dan mudah didapat. Supaya tidak bosan mengkonsumsi tempe, kamu bisa membuat kreasi misalnya, steak tempe, atau tempe bumbu.

Nah , sekarang kam sudah tau kan makanan dengan kandungan protein yang tinggi, jadi kamu tidak terpatuk dalam telur, susu dan daging lagi.  10 makanan alternative diatas bisa kamu jadikan makanan apabila kamu tidak suka atau mungkin alergi dengan produk olahan susu, telur dan daging. Sekian ulasan dari adimasrosid , jangan lupa share ke teman jika bermanfaat.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.