Mau Pankreasmu Sehat ? Berikut Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

Mau Pankreasmu Sehat ? Berikut Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

Pankreas merupakan organ dalam tubuh yang mungkin kerap diabaikan atau kurang diperhatikan oleh kita. Padahal, pankreas merupakan organ di dalam sistem pencernaan yang berperan besar sebagai penghasil enzim pencernaan. Tak hanya itu, pankreas pun bekerja untuk menjadi penghasil sejumlah hormon dan untuk itulah kita perlu tahu bagaimana cara merawat pankreas agar tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

Rutin Olahraga

Organ pankreas tak hanya menjadi tetap sehat tapi juga bakal lebih kuat dengan kita berolahraga secara rutin. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain adalah berenang, lari dan bersepeda di mana olahraga-olahraga ini pun dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh kita secara alami.

Menghindari Rokok

Aktivitas atau kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan dan sepertinya kita semua pun sudah tahu akan hal itu. Supaya pankreas tetap sehat, hindari kegiatan merokok atau bagi yang sudah telanjur memiliki kebiasaan tak sehat ini, segera hentikan untuk menurunkan risiko kanker pankreas serta penyakit akibat merokok lainnya.

Makan Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memang merupakan sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi. Karena gizinya yang tinggi, kita bisa coba mengonsumsinya demi meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menurunkan potensi terkena kanker pankreas. Sifat antioksidan dan senyawa staxanthin-nya baik bagi tubuh.

Makan Anggur Merah

Di dalam anggur merah, terdapat kandungan tinggi akan resveratol di mana resveratol ini masih termasuk golongan antioksidan yang dapat melindungi kesehatan pankreas dan seluruh tubuh kita. Segala bentuk sel kanker pankreas akan dapat dimatikan oleh antioksidan ini berikut juga segala peradangan dan risiko pembuluh darah rusak pun akan dapat dicegah.

Makan Ubi Jalar

Makan ubi jalar bukan hanya baik untuk penderita diabetes yang ingin gemuk lagi, melainkan juga bagus untuk melindungi sistem pencernaan, termasuk pankreas. Perlindungan ekstra ditawarkan oleh ubi jalar kepada pankreas sambil juga mendukung gula dalam proses pelepasannya secara berkala.

Makan Bawang putih

Walau ada bahaya bawang putih mentah, sebenarnya selama kita mengonsumsinya secara tepat dan tak berlebihan, justru malah mendatangkan sejuta khasiat bagi tubuh. Kandungan arginine, flavonoid, selenium dan sulfur di dalam bawang putih sangat bagus dalam proses pencegahan kanker pankreas.

Minum Jus Tanpa Gula

Sering konsumsi jus tanpa ditambah dengan gula ternyata cara ampuh dalam merawat pankreas supaya tetap dalam kondisi baik. Baik itu jus sayur atau jus buah, konsumsilah segelas setiap hari karena kandungan multivitamin dan mineralnya bagus sebagai detoks bagi tubuh sehingga segala bentuk racun di pankreas akan dikeluarkan dengan lancar.

Konsumsi Yogurt

Tak salah lagi, sumber makanan berprobiotik tinggi ini layak dikonsumsi bukan hanya saat terkena gangguan pencernaan, melainkan untuk menjaga kesehatan pankreas. Sebuah hasil studi tahun 2011 pada jurnal Applied Environmental Microbiology diketahui bahwa gejala pankreatitis bisa berkurang saat uji coba pada hewan.

Konsumsi Kunyit

Kurkumin di dalam kunyit adalah komponen yang dikenal bersifat antikanker sehingga tentunya meminum ramuan air kunyit atau mengonsumsinya dalam bentuk lain secara rutin akan mencegah kanker pankreas. Bersifat anti-inflamasi, kunyit juga terpercaya dalam proses pencegahan radang pankreas.

Makan Brokoli

Terdapat apigenin yang masih masuk golongan flavonoid di dalam sayur brokoli. Flavonoid jenis ini dapat dijadikan pelindung bagi pankreas. Lebih dianjurkan lagi, konsumsilah brokoli kukus supaya bisa mendapatkan khasiat nutrisinya secara lengkap, bahkan dikonsumsi mentah-mentah pun boleh bila suka.

Konsumsi Jamur Reishi

Makanan satu ini adalah makanan yang akan senantiasa menjaga kesehatan pankreas. Banyak masyarakat Jepang dan China yang sudah memanfaatkan jamur ini sebagai obat sejak dari ribuan tahun lalu. Untuk mencegah kanker pankreas dan memperpanjang umur secara alami, boleh pertimbangkan makan jamur satu ini.

Makan Akar Manis

Nama lainnya adalah licorice yang memang biasanya digunakan sebagai obat herbal. Mengonsumsinya akan membantu menjaga kinerja pankreas agar tetap baik dan juga sehat, apalagi dengan bantuan sifat antidiabetik dan antiradangnya.

Konsumsi Blueberry

Buah berry ini kaya antioksidan sehingga baik untuk melindungi dan menjaga kesehatan pankreas apalagi dari radikal bebas. Bahkan dengan makan blueberry, kadar gula darah akan senantiasa terkontrol dengan baik. Sifat antiradangnya pun siap menjadi penurun risiko gangguan vaskular di organ pankreas.

Makan Bayam

Untuk pankreas yang sehat dan terhindari dari risiko terkena kanker pankreas, rutinlah mengonsumsi bayam. Hal ini pun telah terbukti melalui hasil penelitian pada Journal of the National Cancer Institute sehingga Anda bisa mulai mencobanya.

Makan Cherry

Sebagai pencegah kanker pankreas, kita bisa pilih untuk konsumsi cherry organik. Pastikan untuk tak memilih cherry yang sudah terkena paparan pestisida. Kandungan antioksidan pada buah cherry akan secara alami melindungi pankreas kita dan merawatnya secara lebih baik.

Menghindari Makanan Tak Sehat

Makanan-makanan tak sehat untuk pankreas pada umumnya adalah makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula tinggi. Hindarilah makanan-makanan tersebut agar pankreas tetap sehat dan tak cepat rusak.

Mudah bukan cara merawat pankreas agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik tersebut? Pilihlah aktivitas dan makanan yang baik supaya bukan hanya pankreas saja yang sehat, melainkan organ dalam tubuh lain pun terawat dengan baik.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.