Begini Cara Memanfaatkan Hotspot Trial Pada Mikrotik Agar Bisa Internet Gratis

Begini Cara Memanfaatkan Hotspot Trial Pada Mikrotik Agar Bisa Internet Gratis


Begini Cara Memanfaatkan Hotspot Trial Pada Mikrotik Agar Bisa Internet Gratis - Perkembangan teknologi internet yang ada pada masyarakat saat ini sudah dalam taraf kecanduan., sekarang rasanya apabila tidak online maka seperti ada yang kurang gitu. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pada beberapa area public seperti bandara, stasiun dan mall biasanya memberikan layanan akses internet gratis secara Cuma Cuma kepada para pengunjung.

Sebagai admin jaringan kantor, atau instansi tertentu, kamu juga harus menerapkan system yang sama. Kamu bisa memberikan layanan akses internet gratis kepada tamu atau pengunjung bahkan apabila kamu admin jaringan sekolah, kamu bisa memberikan internet gratis kepada para siswa. Umunya masyarakat Indonesia sangat menyukai sesuatu yang diawali dengan kata “GRATIS” termasuk saya juga :v. dan sekarang tak jarang juga pada warung makan juga sudah tersedia akses wifi gratis. 

Namun disini kamu sebagai admin jaringan, kamu jarus bijak dalam pemakaian bandwidth, kamu harus memberikan manajemen bandwidth agar bandwidth sesuai dengan porsinya. Ditambah lagi untuk layanan gratis, sudah sewajibnya kamu sebagai admin harus memberikan limitasi pada user interet gratis tersebut.

Hotspot Trial Pada Mikrotik

Kamu juga mungkin tidak asing lagi dengan ini, iya, hotspot pada mikrotik memiliki fitur trial, yang bisa kamu manfaatkan untuk memberikan akses internet gratis untuk pengunjung atau pelanggan kamu, tanpa harus memberikan username dan password untuk mereka. Pelanggan yang akan menggunakan fitur trial ini tidak perlu memasukan username dan password, mereka hanya perlu menekan tombol pada portal login saat terhubung pada wireless AP kita. Pada portal tersebut dapat diedit sesuai keinginan kita yang bisa juga disesuaikan dengan profil diperusahaan atau intansi kamu. Apabila kamu malas dalam mendesain ulang portal login nya, kamu juga bisa mendownload html loginnya, banyak tersedia diinternet yang dibagikan secara gratis.

Setting Dasar Hotspot Mikrotik

Konfigurasi dasar hotsdpot dapat kalian pelajari pada artikel sebelumnya. Sebelum kamu meberikan akses internet gratis kepada client menggunakan fitur trial ini kamu perlu melakukan pembatasan atau limitasi bandwidth agar client yang terkoneksi pada jaringan internet kita tidak mengganggu koneksi utama dikantor. Saya sarankan untuk menggunakan konfigurasi PCQ supaya bandwidth yang terbagi dapat merata. ( gambar manajemen bandwith PCQ)

Langkah selanjutnya kamu perlu membuat user profil pada hotspot untuk memberikan akses trial kepada client. Silakan kamu tentukan shared user sesuai kebutuhan dan jangan lupa un-cek parameter Add Mac Cookie agar apabila ada client yang sudah logout dan kehabisan waktu, harus meng-klik ulang halaman login page. Bagi kamu yang belum tau shared user, ini merupakan jumlah user yang dapat menggunakan user profil tersebut. Untuk setingnya pada menu IP >> Hotspot >> User Profile >> ADD

Hotspot Trial Pada Mikrotik 1


Lalu silakan arahkan parent queue ke simple queue yang sebelumnya sudah dibuat. Tinggal geser ke tab Queue 

Hotspot Trial Pada Mikrotik 2

Untuk konfigurasi server profilenya harus diubah ya, agar fitur trial hotspot mikrotik aktif. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencentang parameter Trial pada Sever Profile yang ada di tab Login. Dari server profile ini kamu dapat membatasi waktu online gratisan setiap client ini, misalkan saja 10 menit gitu. Kemudian arahkan user profile pada profile trial yang sudah dibuat tadi. 

Hotspot Trial Pada Mikrotik 3

Nah, untuk konfigurasi trial sudah selesai, kamu bisa mencoba dengan mengkoneksikan ke perangkat smartphone kamu ke interface hotspot.
Hotspot Trial Pada Mikrotik 4

User trial dapat login tanpa memasukan username dan password, mereka hanya perlu men-klik tombol diatas seperti gambar itu. Agar tidak terlihat kaku, kamu bisa mengganti login page sesuai keinginan kamu. Selain itu kamu juga bisa mengatur untuk limitasi waktu dan kecepatan kepada setiap user hotspot. 

Hotspot Trial Pada Mikrotik 5

Kamu tinggal klik, dan tidak perlu repot repot lagi membuat username dan password untuk mereka. Untuk kepentingan iklan perusahaan atau produk kalian, kalian bisa membuat redirect ke situs kalian sendiri. Gini nanti setiap user yang sudah berhasil terkoneksi pada hotspot kamu, mereka akan langsung di redirect ke halaman situs kelian secara otomatis. Caranya kamu hanya tinggal mengdit file alogin.html pada hotspot. 

Hotspot Trial Pada Mikrotik 6

Dengan fitur trial hotspot yang terdapat pada mikrotik ini kamu dapat mencostum sesuai kebutuhan kamu. Dan selain itu kamu juga bisa mengatur redirect ke situs perusahaan kamu. Oke , cukup sekaian ya, semoga ini bisa membantu kalian. Salam mikrotik user.

sumber http://www.mikrotik.co.id

1 comment

  1. hello!,I like your writing very much! percentage we keep
    in touch extra about your post on AOL? I need an expert on this
    space to resolve my problem. Maybe that is you! Taking a look ahead to
    peer you.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.