Pengetian Deep Web Dan Bahaya Deep Web Yang Perlu Kamu Ketahui

Pengetian Deep Web Dan Bahaya Deep Web Yang Perlu Kamu Ketahui

Di era modern ini, internet dianggap sebagai pemenuh kebutuhan pokok hidup sehari-hari, karena di zaman sekarang ini, kebanyakan sudah menggunakan internet. Apabila tidak ada internet orang seperti ada yang kurang. Di internet sendiri kita akan mendapatkan informasi dengan mudah, mau yang menguntungkan atau yang merugikan, semua ada di internet.

Perkembangan Teknologi

Mungkin di jaman dulu, yang belum mengenal teknologi, untuk membeli barang kita harus beberpgian dahulu, namun sekarang, kita duduk manis di rumah pun bisa memeli barang.

Perkembangan teknologi memang sangat pesat dari tahun ke tahun, dan sudah terbukti bahwa teknologi dapat membantu pekerjaan kita menjadi mudah. Namun, pada sitasi ini yang akan melahirkan sebuah resiko yang sangat besar.

Lebih parahnya lagi, resiko ini meningkat seiring perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, kita harus berhati hati, jangan mudah tergoda saat berada didunia maya.

Apa itu Deep Web ?

deep web

Sebenarnya, berita ini sudah lama dan sudah bnyak yag tahu, tapi mungkin yang masuk ini, kamu belum tahu.

Deep Web juga dikenal sebagai Deepnet,Darknet,Invisible Web, Undernet dan Hidden Web. Deep web sendiri merupakan bagian dari WWW, namun tidak termasuk kedalam internt yang dapat dicari dengan mudah, 

Ada yang berkata bahwa Di dalam Deep Web, semua yang kamu cari ada disana. KArena konten yang terpublish di internet normal ini hanya 5% dari total keseluruhan, lalu yang lain kemana ? tentu di deep web, Namun untuk mencari konten yang ada di deep web tidak lah mudah.

Menurut Bergman, Pendiri BrighPlanet ini memberikan istilah :
1. bahwa mencari diinternet pada saat ini dapat dibandingkan dengan menjaring ikan di permukaan laut, akan mendapatkan banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi informasi yang sangat dalam tidak akan tertangkap

2. Kebanyakan dari informasi yang terdapat di jaringan Internet, terkubur sangat dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari web yang standar tidak dapat menemukannya. mesin pencari web yang tradisional tidak dapat "mendeteksi" atau mengambil data di dalam Deep Web. Halaman-halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka tercipta secara dinamis sebagai hasil dari pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa.

Konten konten yang ada di dalam deep web tidak dapat di temukan dengan mesin pencari biasa, seperti google, bing, yahoo. karena itu lah deep web disebut sebagai Invisible Web. Di dalam deep web terdapat banyak sekali sisi gelap yang tidak dapat dijangkau oleh web biasa, oleh karena itu, untuk dapat masuk ke gerbang deep web kita memerlukan tools khusus untuk mendapatkan informasi di dalam deep web. Ibaratnya kita ini ada dipermukaan laut, untuk menyelam kedalam laut, kita memerlukan alat bantu menyelam.

Apa saja isi Deep Web ?

Didalam deep web kita akan menemukan berbagai konten yang beredar secara bebas tanpa ada filtering. Sebagian konten deep web berupa database hasil penelitian yang dilakukan lembaga penelitian, atau pemerintahan yang bersifat pribadi.

sebagian konten merupakan konten p*rno , ilegal dan konten yang dibuat oleh penjahat dunia maya. dokumen rahasia pemerintahan serta aneka konten ekstrim lainya juga terdapat disana, tanpa sensor sama sekali. 

Bahkan disana kita dapat menemukan situs penjualan manusia dan situs penelitian yang melibatkan manusia sebagai objeknya. Selain itu ada juga eksploitasi anak sebagai objek s*ks, jual beli obat terlarang, jasa pembunuh bayaran dan black market. Dengan menggunakan bitcoin sebagai pembayaranya. 

Disana juga merupakan surga bagi orang pedofil, tak jarang kita juga akan menemukan tutotial membuat bom, cara menuculik dll .Gimana ? mau ke sana ?

Disisi lain, deep web merupakan tempat yang sangat berbahaya untuk dikunjungi, karena disana banyak sekali disebar virus virus komputer .

Deep web memiliki informasi yang lebih besar hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi yang mencapai 7500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. 

Cara mengakses Deep Web

1. Menggunakan TOR Browser

TOR merupakan browser seperti VPN yang memungkinkan kita untuk mengakses internet secara anonim. saat kita menggunakan tor, koneksi internet kita akan dialihkan ke jaringan milik tor sendiri. JAriingan tersebut telah dienkripsi agar tidak terdeteksi oleh pihak manampun baik dari isp atau situs yang dikunjungi. 

Tips Membuka deep web


1. Sebaiknya menggunakan proxy tambahan. 
2. Jangan melakukan login apapun saat membuka situs deep web
3. Waspadai trafik internet yang mencurigakan.
4. Setelah selesai, hapus cache, hisory dan folder temp komputer.
5. Jangan menyimpan sandi dibrowser.
6. Jangan mendownload apapun di deep web 
7. Block POP-UP


Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.