Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah Dengan Masker Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah Dengan Masker Alami

Wajah adalah salah satu bagian dalam tubuh yang selalu dilihat pertama kali saat kita bertemu dengan orang lain. Maka tak heran jika terdapat sebuah bekas luka di wajah yang susah hilang adalah hal yang paling menjengkelkan baik bagi pria maupun wanita. Sebenarnya sudah banyak obat yang dijual untuk menghilangkan bekas luka di wajah, namun tak semua orang memiliki tipe kulit yang dapat menerima berbagai jenis bahan kimia yang terkandung dalam obat. Khususnya para wanita yang kebanyakan memiliki tipe kulit wajah yang sensitif, sehingga obat penghilang bekas luka di wajah tak berlaku bagi pemilik kulit sensitif.

Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

Tapi jangan khawatir, karena selain obat berbahan kimia, ada obat secara alami yang dapat menghilangkan bekas luka di wajah. Dan tentunya juga aman bagi si pemilik kulit sensitif. Apa saja?

Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

1. Masker Oatmeal

Oatmeal selain enak dikonsumsi apalagi bagi kamu yang sedang diet, ternyata juga memiliki banyak manfaat di bidang kecantikan lho. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang bertengger di wajah.

Buatlah masker dari campuran oatmeal dan beberapa bahan berikut ini, untuk menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat di wajah.

Campurkan bahan:

  • 1 gelas air
  • Setengah gelas oatmeal
  • 2 tetes perasan lemon
  • 1 sendok makan bubuk kayu manis
  • Campurkanlah seluruh bahan pada satu wadah, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.


2. Masker Putih Telur

Putih telur sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat penghilang bekas luka. Apalagi jika putih telur dicampurkan dengan bahan lainnya yang juga ampuh dalam menghilangkan bekas luka. Putih telur yang berasal dari telur ayam kampung dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan bekas luka, tapi jika kamu kesulitan menemukan telur ayam kampung, tak masalah menggunakan telur ayam biasa.

Campurkan bahan:

  • Sedikit perasan jeruk lemon
  • 1 sendok makan madu
  • 1 putih telur
  • Campur dalam mangkok kecil dengan ukuran yang sama, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering. Kelupas masker dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.


3. Masker Kunyit

Tak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia mengamini khasiat dari kunyit atau yang diluar negeri beken dengan nama turmeric ini. Banyak orang yang menjadikan kunyit sebagai bahan alami dalam pembuatan masker untuk wajah, yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah, mencegah jerawat dan lain sebagainya. Begitu pula dengan menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat, kunyit dinilai ampuh dan tak menyebabkan iritasi bagi kulit yang sensitif.

Campurkan bahan:

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • Setelah kedua bahan dicampur dan diaduk, langsung oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 10 menit dan jangan berlebih, karena warna kuning pada kunyit dikhawatirkan akan menempel dan susah hilang di wajah. Lalu bilas dengan air dingin dan jika ada sisa kuning dari kunyit, segera cuci wajah dengan sabun wajah. Lakukan cara ini setiap hari agar bekas luka memudar lebih cepat.


4. Masker Pisang

Pisang, selain enak disantap tapi juga memiliki khasiat dalam bidang kecantikan, salah satunya adalah menghilangkan bekas luka dan jerawat di wajah. Kandungan vitamin B, C, B6, Zat Besi, Fosfor, Magnesium dan berbagai zat lainnya dinilai sangat ampuh dalam mengatasi masalah bekas luka di wajah serta menghaluskan kulit wajah.

Campurkan bahan:

  • 2 sendok makan pisang yang sudah dilembutkan
  • 1 sendok makan baking soda
  • Setengah sendok teh air jeruk lemon
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker ini ke wajah. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas sampai bersih. Untuk hasil terbaik, aplikasikan masker ini ke wajah dua kali seminggu.


5. Masker Madu

Banyak yang bisa dilakukan oleh madu, salah satu keajaiban yang dianugerahkan Tuhan. Madu dapat digunakan dalam berbagai hal, entah untuk campuran minuman, diminum secara langsung, ataupun dioleskan pada area yang ada bekas luka, termasuk wajah. Jika digunakan secara terus menerus dan teratur, wajah yang memiliki bekas luka pun akan berangsur-angsur memudar.

Campurkan 1 sendok makan madu murni dengan 1 sendok minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada daerah wajah yang memiliki bekas luka atau pun bekas jerawat. Pijat-pijat selama dua menit, kemudian lap dengan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air panas.

6. Masker Yogurt

Yogurt digemarin oleh banyak orang, karena sangat cocok dijadikan campuran minuman yang menyegarkan. Tapi selain enak untuk dikonsumsi, yogurt nyatanya juga memiliki banyak khasiat, khususnya dalam bidang kecantikan. Banyak masker alami yang terbuat dari yogurt, dan salah satu manfaatnya yang bisa dirasakan adalah yogurt dapat menghilangkan bekas luka dan jerawat yang telah lama bersemayam di wajahmu.

Yuk bikin masker yogurt agar bekas luka di wajah pudar dengan cara yang alami dan aman!

Campurkan bahan:

  • 4 sendok teh perasan jeruk lemon
  • 3 sendok teh plain yogurt
  • 4 sendok makan madu
  • 1 butir putih telur
  • Setelah bahan dicampur, oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga masker mengering dengan sempurna. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab, agar wajah tidak kering setelahnya. Gunakan masker ini seminggu 2 kali agar hasil lebih maksimal.


7. Masker Alpukat

Buah yang tumbuh di kawasan tropis ini memang memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Bisa digunakan sebagai minuman ataupun bahan makanan. Rasanya yang sedikit pahit namun gurih seperti mentega ini membuat banyak orang menyukai buah alpukat. Kandungan vitamin E dan anti oksidan yang terkandung dalam buah alpukat adalah zat yang berperan dalam menghilangkan bekas luka di wajah secara alami.

Seringlah membuat masker alpukat, agar bekas luka di wajah dapat hilang tanpa perlu penggunaan obat berbahan kimia.

Campurkan bahan:

  • 1 sendok makan madu
  • Setengah potong alpukat (hancurkan dagingnya)
  • 8. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk penyembuhan luka, di wajah dan di bagian tubuh lainnya. Lidah buaya memiliki anti-inflamasi, salah satu sifat yang dapat menyembuhkan luka. Tapi tentu, lidah buaya ini hanya digunakan untuk bekas luka yang sudah benar-benar mengering. Selain itu, lidah buaya juga mengandung moisturizer yang memberikan kelembaban dan sensasi dingin pada kulit.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, yaitu ambil satu helai lidah buaya, buka kulit luar hingga terlihat daging lidah buaya yang berwarna transparan. Oleskan secara perlahan pada bekas luka di wajah. Gunakan cara ini rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Masker Wortel

Wortel memang dikenal luas sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Padahal manfaat dari buah wortel tak sampai disitu saja, karena nyatanya buah wortel juga mengandung vitamin C yang cukup banyak, serta mineral yang sangat baik untuk menyembuhkan bekas luka di daerah manapun di tubuh kita.

Cara membuat masker dari wortel pun cukup sederhana, tinggal tuangkan satu sendok teh garam halus pada jus wortel dengan kandungan air yang sedikit. Kemudian gosok secara perlahan pada bekas luka di wajah. Biarkan hingga mengering, dan bilas menggunakan air hangat. Ulangi cara ini setiap hari agar bekas luka cepat menghilang.

10. Masker Minyak Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang ajaib, karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk memberi kemudahan pada hidup manusia. Buah kelapa yang digunakan dagingnya untuk masakan dan airnya sebagai salah satu obat penawar racun yang handal. Minyak kelapa, sama seperti minyak zaitun, juga memiliki manfaat lebih dalam bidang kecantikan. Kandungan acid pada minyak kelapa bekerja sebagai anti oksidan yang menghambat radikal bebas, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan wajah yang terdapat bekas luka. Gunakanlah cara ini setiap hari, karena jika kamu rajin mengoleskan bekas luka dengan minyak kelapa, maka bekas luka itu pun akan memudar dengan sendirinya.

Itu dia 10 masker alami yang dapat kamu buat untuk menghilangkan bekas luka, baik bekas jerawat atau pun jenis bekas luka lainnya. Memang bekas luka tidak memberikan efek negatif dan berbahaya pada kulit, namun sebagian besar wanita akan merasa parno dengan adanya bekas luka di wajah mereka. Penampilan pun akan tidak maksimal jika terdapat bekas-bekas noda di wajah.

Coba buat masker di atas, yang menurut kamu paling mudah untuk diterapkan. Let’s try, Ladies!

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.