Apa itu bitcoin ? apa kelebihan bitcoin ? Mata uang dengan nilai yang fantastik

Apa itu bitcoin ? apa kelebihan bitcoin ? Mata uang dengan nilai yang fantastik


Bitcoin muncul pertama kalinya pada tahun 2009, yang sampai saat ini masih eksis. Walaupun nilai tukarnya fluktuatif dan susah untuk diprediksi, dengan harga yang cenderung meningkat setiap tahun. Terakhir nilai bitcoin meroket hingga mengalahkan nilai emas.

bitcoin


Masih ingat kemarin Serangan siber skala global WannaCry  yang telah membuat gempar banyak orang, dan korban yang terkena harus menyetorkan uang senilai US$300 ke rekening hacker, namun ini bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk bitcoin. Dengan masalah ini, nama bitcoin pun turut menjadi perhatian, masih terisisa dalam kasus wannacry kemarin, apa sih bitcoin itu ? berikut penjelasannya.

Bitcoin : Mata Uang Digital Bebas Dari Ikatan Bank Dan Negara

Penggunaan bitcoin yang universal dan bebas, serta tidak ada aturan dari bank dan Negara. Didalam bitcoin juga menawarkan kemudahan transaksi bagi penggunaanya. Dimunculkan pada tahun 2009 oleh pemakai nama satoshi nakamoto, bitcoin merupakan salah satu mata uang digital (cryptocurrencies) yang siapa saja dapat menggunakannya tanpa perlu mengungkapkan identitas asli dan tanpa perlu control dari otoritas semacam bank sentral.

Berbeda dengan mata uang pada umumnya, yan penerbitan dan peredaranya diatur oleh bank sentral dan Negara. Bitcoin diperoleh denan memecahkan angka matematis atau komputasi. Dengan menggunakan hardware dan software khusus, bitcoin diperoleh dalam proses mining atau sering disebut dengan menambang.

Keleluasaan yang ada pada bitcoin dengan menyerahkan control sepenuhnya pada pemilik tidak lantas diartikan bahwa pemilik juga leluasa melakukan perubahan. Perlu kesepakatan antar pemilik agar bitcoin tetap sesuai sebagaimana mestinya. Dengan adanya kesepakatab anatara pemilik , bitcoin ini dapat bekerja dengan baik.

Tercatat sejumlah merchants telah menerima pembayaran dengan bitcoin. Beberapa nama yang sudah terkonfirmasi adalah paypal, Microsoft dell,newegg, overstock.com, expedia, igerdirect, dish network, virgin galactic, clearly canadin, dynamite entertainment, zynga dll .

Lalu Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin ?

Kita tahu bahwa semua itu ada kekurangan dan kelebihannya, walaupun terlepas dari konsep bitcoin sebagai alat pembayaran dan menggeser transaksi konvensional. Apa saja kelebihan dan kekurangan bitcoin ?

Kelebihan bitcoin

  • Tidak kenal batas, baik itu wilayah atau batas aturan berupa aturan perbankan dan Negara, yang berarti transaksi bitcoin dapat dilakukan dimana saja, lintas wilayah, benua,
  • Layanan transaksi berbiaya rendah.
  • Relative aman dan lebih efisien.
  • Transparan kerana semua informasi yang berkaitan dengan bitcoin dapat dilihat semua pengguna.
  • Tidak terpengaruh dengan inflasi
  • Bebas dari kharusan untuk meberikan identitas pribadi.

Kelemahan bitcoin

  • Penerimaan bitcoin sebagai alat pembayaran masih minim
  • Nilai tukarnya naik turun dengan drastis (fluktuatif). Factor yang mempengaruhi diantaranya jumlah bitcoin yang beredar, jumlah pengguna lebih sedikit daripada trader, berita, peretasan
  • Software bitcoin bisa sewaktu waktu mengalami perubahan dikarenakan belum final.
  • Memberi peluang besar bagi kejahatan atau yang enggan membayar pajak untuk melkukan pencucian uang.
  • Rentan hilang, 

Pahami bitcoin sebelum terjun ke dunia crytocurrency

Efisien dan keleluasaan yang ditawarkan bitcoin memang begitu menarik. Meskipun begitu, kelamahan bitcoin juga jangan diabaikan. Nilai tujar yang tidak stabil dan software yang masih beta menjadi hal yang perlu diwaspadai, karena itu, pertimbangkan sebelum menggunakan bitcoin gays,.

5 comments

  1. Hi there Dear, are you genuinely visiting this web site regularly, if so then you will definitely get good experience.

    ReplyDelete
  2. Stunning quest there. What occurred after? Take care!

    ReplyDelete
  3. tidak sedikit terima kasih sudah jadi tutor aku
    dalam masalah ini. saya menikmati artikel anxa dikala ini
    berssama cukup tentu dan yg paling disukai merupakan mekbaca bagaimana anda memang lahh menangani masalah yg
    saya anggap kontroversial. kamu selalu bersikap baik pada pembaca seperti saya dan menolong saya
    dalamm keberadaan saya Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. aku bukan pembaca online yg jujur tapi web anda sangat keren lanjutkan saja!
    saya akan pergi ke depaqn dan bookmark website kamu buat kembali kelak Teppuk tangan

    ReplyDelete
  5. Halo, apakah kamu keberatan membiarkan aku mengetahui hosting mana yg kamu pakai aku telah memasukkan situs kamu kee
    dalam 3 browser internet yg berbeda & saya harus mengatakan bahwa laman ini jauh lebih cepat daripada kebanyaakan Dapatkah anda menyarankan penyedia
    hosting yg baik bersama harega yang pantas Terima
    kasih, saya menghargai itu!

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.