6 Bahan Alami Sebagai Pengganti Sabun Cuci | Membuat Barang Barang Kincong Tanpa Bahan Kimia

6 Bahan Alami Sebagai Pengganti Sabun Cuci | Membuat Barang Barang Kincong Tanpa Bahan Kimia


Saat ada keluarga yang kumpul dirumah atau ada acara dirumah, banyak makanan yang dipersiapkan untuk acara tersebut. Mulai dari makanan kecil hingga makanan besar yang berminyak seperti rending, soto, dll. Menu makanan tersebut akan meninggalkan noda dan minyak pada peralatan makanan yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya ibuk ibuk akan mencuci piring dengan menggunakan sabun yang dijual bebas di toko. Namun apabila kamu lebih jelih lagi. Ada bahan alami untuk mencuci piring yang tidak kalah bersih juka dibandingkan dengan sabun kimia.

Hal ini bisa kalian pakai apabila kamu harus mencuci piring dan kamu kehabisan sabun dirumah. Dan rumah kalian jauhh dari toko .

 6 Bahan Alami Sebagai Pengganti Sabun Cuci | Membuat Barang Barang Kincong Tanpa Bahan Kimia

6 Bahan Alami Sebagai Pengganti Sabun Cuci


1.       Garam Kasar

Salah satu penyedap rasa ini bisa kamu pakai untuk membersihkan perlatan masak, kandungan mineral di dalam garam mampu menyerap noda dan minyak bekas masakan. Kamu bisa menggunakan garam kasar yang dicampur dengan lemon untuk menghilangkan noda dan bekas minak pada wajan dan centong kayu.

2.       Baking Soda

Selain garam kasar, bahan alami pengganti sabun cuci adalah baking soda. Wajan yang lengket karena bekas minyak bisa kalian bersihkan menggunakan baking soda. Namun untuk pemakaian baking soda kali ini harus dicampur dengan sabun cuci. Silakan dicampur dengan sabun cuci piring secukupnya saja dengan baking soda. Lalu silakan cuci peralatan masak kamu seperti biasanya.

3.       Cuka

Cuka biasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk makanan agar lebih terasa sedap. Selain untuk itu, cuka juga bisa digunakan untuk membantu kamu dalam membersihkan berbagai noda yang membandel yang ada di talenan. Selain itu talenan kamu akan terhindar dari kuman dan bakteri. Caranta rendam talenan beberapa menit yang sudah dicampurkan cuka dengan air panas. Lalu sikar secara perlahan dan bilas . lakukaan ini setiap hari saat kamu selesai menggunakan talenan.

4.       Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa sebagai bahan alami pengganti sabun cuci. Dengan menggunakan jeruk nipis, lemak yang menempel di piring akan lebih cepat hilang karena jeruk nipis mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman. Jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap dari aroma tajam makanan yang menempel di piring.

5.       Lidah Buaya

Seperti yang kita tau, lidah buaya sering digunakan untuk prosuk kesehatan dan kecantikan. Bagi kamu yang sering mengeluh kulit terasa kasar dan perih saat mencuci piring, mulai saat ini, kamu nisa menggunakan sabun cuci dari lidah buaya. Karena pada lidah buaya dapat melembutkan dan menyegarkan kulit. Nutrisi terbaik pada lidah buaya sangat banyak yaitu seperti kandungan mineral , air, dan vitamin. Dengan penggunaan yang digabung dengan jeruk nipis, maka selain piring kinclong, tangan kamu akan tetap lembut.

6.       Blimbing Wuluh

Cara lain untuk memberihkan peralatan masak yaitu dengan menggunakan blimbing wuluh. Untuk peralatan masak yang berasal dari keramik, kamu bisa mengkupas belimbing wuluh dahulu, lalu gosok pada noda yang ada di keramik. Diamkan beberapa menit, setelah itu gosok  menggunakan kain sampai bersih.

Sedangkan untuk peralatan masak berupa porselen kamu bisa menggosok pada noda dipermukaannya lalu diamkan beberapa menit dan bilas menggunkan air bersih hingga bersih.

Asalkan kita mau discover science banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Oke sekian untuk artikel bahan alami pengganti sabun cuci ini. Semoga ini bisa membantu kalian semua

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.