4 Bahaya Yang Mengancam Apabila Tidur Setelah Sahur

4 Bahaya Yang Mengancam Apabila Tidur Setelah Sahur

Bahaya tidur setelah sahur - jangan sampai kamu sakit hanya gara gara tidur setelah sahur gays, sebab Rasululloh sediri melarang hal tersebut, untuk kesehatan juga tidak baik bahkan bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya. 


Sahur sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan umat muslim sebelum melakukan puasa, yang waktunya sebelum shalat subuh. Sahur sangat dianjurkan bagi umat muslim agar tubuh tetap mempunyai nutrisi dan yang paling penting bisa mendapat berkah dari Allah SWT.

Kondisi perut yang kenyang dan rasa mengantuk saat bangun sahur ini membuat sebagian orang memilih untuk tidur setelah melakukan sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan, perilaku yang seperti ini termasuk ke dalam kategori yang kurang baik. Tidur setelah sahur sangat tidak dianjurkan oleh Rasululloh SAW karena didalamnya terdapat keberkahan. 

Rosululloh berdoa kepada Allah untuk umatnya seperti yang tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang artinya : 

" Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya "

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata " Diantara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shoolat subuh hingga matahari terbit, karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah ( waktu meraih kebaikan yang banyak " (Madarijus Saliki, 1:369)

Tidur setelah makan sahur akan mengakibatkan beberapa penyakit seperti perut buncit, dan berat badan naik. HAl ini di karenakan tubuh kehilangan waktunya untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh, yang mengakibatkan perut buncit dan kemungkinan berat badan juga akan naik.

Selain hal tersebut, masih ada lagi bahaya yang disebabkan karena tidur setelah sahur. Apa itu ? yuk simak

4 Bahaya penyakit Yang Mengancam Apabila Tidur Setelah Sahur

1. Perut buncit dan berat badan naik 

Setelah makan dan kenyang, tubuh kita memerlukan waktu untuk mencerna semua makanan yang masuk ke tubuh kita. Akan tetapi apabila kita  langsung tidur setelah selesai makan sahur, maka lemak bisa tertimbun dalam perut dan tidak langsung dapat dicerna dengan sempura, yang akibatnya perut akan menjadi buncit dan berat badan akan naik

2. Refluks Asam Lambung

Hati HATI , makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, awalnya dilambung kemudian malah menuju kekerongkongan. Namanya Refluks. Apabila itu terjadi, kerongkongan kamu akan terasa panas seperti terbakar. Tidak hanya itu, mulut akan terasa pahit. Pastinya akan membuat kamu tidak nyaman apabila kita mengalami ini saat berpuasa.

3. Rasa Panas di Area Dada

Ketika kita tidur, sistem perncernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, jika habis makan sahur langsung tidur, kita akan rentan terkena penyakit maag karena meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam inilah yang memicu sensasi panas di area dada.

4. Stroke

Resiko yang satu ini memang menyeramkan bukan? ternyata ada penelitian yang menyebutkan jika seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, resiko terkena gangguan stroke rendah. Dengan kata lain, jika kita ;angsung tidur setelah makan, maka resiko terkana stroke akan meningkat bukan ?

Efek Negatif Tidur Setelah Sahur

Makan sahur memang menjadi salah satu sunah untuk menjalankan ibadah puasa. Selama bulan ramadhan, jam tidur kia akan berubah. Apabila awalnya bangun jam 5 untuk sholat subu, di bulan Ramadhan ini kita harus bangun jam 3 untuk bangun sahur. 

Jika belum terbiasa, kita akan merasakan kantuk yang amat berat saat makan sahur. Tidak heran jika kemudian kita akan tergoda untuk kembali tidur setelah makan sahur. 

Memang ada sejumlah dampak negatif seperti yang disebutkan diatas yang akan kita terima apabila tidur selepas makan sahur. namun jangan kawatir, ada solusi nya kok 

Solusinya 

Jika memang merasa mangantuk yang tak tertahan setelah makan sahur, usahakan untuk kembali tidur setelah 2 jam usai makan sahur. Beri jeda waktu yang cukup untuk memberikan kesempatan tubuh mencerna makanan yang baru dikonsumsi oleh tubuh.

Bisa juga dengan mengakhirkan makan sahur. malam sebelum tidur lebih awal. ;Sehingga ketika selesai makan sahur, tidak tersa kantuk lagi karena kebutuhan tidur yang sudah terpenuhi. 

Lakukan aktivitas Sebelum tidur lagi. Bisa dengan menunaikan sholat subuh di masjid. lalu berdzikir dan membaca al-quran.  beri waktu untuk tubuh mencerna makanan yang baru kita konsumsi saat sahur.

Godaan untuk tidur lagi setelah sahur memang sangay berat apalagi jika kita punya kewajiban untuk bekerja atau melakukan aktivitas langsung di pagi harinya. Niatkan puasa untuk beribadah dan jaga pola hidup dan pola makan yang seimbang. Maka, bukan hal yang mustahil apabila di bulan suci ini akan memberi banyak berkah.


Sekian, semoga bermanfaat

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.