10 Langkah, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

10 Langkah, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh - Salah satu nikmat Tuhan yang perlu kita jaga adalah kesehatan tubuh. Karena tubuh yang sehat merupakan modal untuk melakukan beragai aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas apapun dengan lancar dan hasil sesuai dengan harapan kita.

 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

Tubuh Anda adalah hal yang luar biasa dan akan bekerja dengan baik tergantung pada bagaimana Anda memperlakukannya; tubuh Anda juga membutuhkan upaya untuk menjaga kesehatan secara optimal.  kurangnya perawatan untuk tubuh Anda akan berakibat pada seringnya cedera dan munculnya berbagai penyakit 

Sebenarnya Tuhan menciptakan kita dalam bentuk dan kondisi yang sebaik-baiknya. Kita telag diciptakan dengan sebaik-baiknya maka dari itu kita harus menjaganya dengan usaha yang baik agar tubuh kita tetap sehat. Di era sekarang ini banyak gaya hidup seseorang yang mengikuti perkembangan zaman yang itu belum tentu merupakan gaya hisup yang sehat. Banyak sekali orang orang disekitar kita yang melakukan gaya hidup yang kurang baik bagi kesehatan tubuhnya. Gaya hidup tersebut meliputi, pola makan, tidur, serta olah raga yang jarang sekali dilakukan.


Bahaya Gaya Hidup Tidak Sehat


Pola makan yang kurang baik serta mengkonsumsi makanan yang krang sehat serta tanpa aturan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Kebanyakan orang lebih suuka mengkonsumsi makanan yang cepat saji dan instan, karena mereka terlalu sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan mereka. Mereka mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan kandungan yang terdapat di dalam makanan tersebut. Kebiasaan buruk ini juga dapat menjadi penyebab tubuh anda kurang sehat. Selain itu kebiasaan tidur terlalu larut malam juga menjadi salah satu gaya hidup yang tidak sehat.

Cara menjaga kesehatan tubuh kita dapat anda mulai dengan hal hal yang kecil yang mudah tetapi sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh 

10 Langkah, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

1. Penuhi makanan yang berserat

Tubuh kita membutuhkan makanan yang menganung serat untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri. Makanan berserat juga juga berfungsi untuk merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dalam tubuh kita. Kotoran dalam tubuh kita mudah dikeluarkan apabila kebutuhan serat kita terpenuhi. Jika kotoran tersebut sulit dikeluarkan akan berakibat kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya :

Buah kiwi – Kiwi merupakan buah yang mengandung serat tertinggi dibanding buah lainnya. Kandungan serat dalam buah kiwi 3,0 gram/ 100 gram serat. Anda dapat mengkonsumsi kiwi dengan dibuat jus atau di buat menu lain yang anda sukai seperti sup buah. Untuk menghindari kebosanan dengan hanya memakan buah kiwi secara langsung.

Kacang merah – Kacang merah juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Selain serat tinggi kacang merah mengandung protein dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah alpukat – Alpukat mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta dapat menurunkan kolesterol. Buah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai menu seperti juz, dimakan dengan susu, es buah serta menu lain yang seseai dengan selera anda.

Jagung – Jagung merupakan makanan yang dapat menggantikan nasi atau makanan pokok karena kandungan karbohidrat didalamnya. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, jagung mengandung serat yang cukup tinggi. Jagung dapat dikonsumsi dengan dibuat sayur, puding, atau cemilan seperti popcorn.

Buncis- Buncis termasuk sayuran yang mengandung serat tinggi. Selain mengandung serat tinggi buncis juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh serta mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.

Oatmeal – Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Konsumsi oatmeal untuk sarapan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan makanan kaya serat dengan tipe khusus sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu seratnya bernama beta glucan.

Kacang polong – Kacang polong merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi. Satu cangkir kacang polong mengandung 16,3 gram serat.


2. Sarapan sebelum jam 9

Sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Menurut beberapa ahli nahwa sarapan yang paling baik adalah sebelum jam 9 pagi. Sarapan menjadi sumber energi kita untuk melakukan aktivitas pada siang hari. Apabila kita tidak sarapan pagi, tubuh kita akan lemas, lesu, dan kurang bertenaga. Pada anak anak sarapan dapat meningkatkan kekuatan dan kecerdasan dalam berfikir. Dengan melakukan sarapan pagi, kita sudah memenuhi kebutuhan energi sebanyak 15-30% dari kebutuhan energi dan gizi harian. Selain itu, sarapan pagi juga mencegah dari obesitas dan hipokolesterol.


3. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi nasi , lauk, sayur, buah, dan susu. Nasi merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, lauk sebagai sumber protein, sayur sebagai sumber mineral dan buah sebagai sumber vitamin, susu merupakan penyempurna untuk kebutuhan meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita.


4. Menjaga kebersihan dan kehigenisan makanan

Semua makanan yang kita konsumsi harus dipastikan kebersihannya. Makanan seperti buah dan sayur lebih baik di cuci terlebih dahulu. Jika memasak makanan , masaklah sampai benar benar matang. Karena makanan yang belum matang sempurna memiliki reisko masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan tubuh kita


5. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan.

Makanan instan mempunyai keunggulan yang praktis disajikan, namun makanan cepat saji memiliki lebih banyak efek negatif bagi kesehatan tubuh. Makanan instan sangat bersahabat bagi kita yang sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan. Salah satu makanan instan yang sering kita jumpai adalah mi instan. Mie instan ini memang mudah disajikan, namun banyak sekali mengandung zat kimia di dalamnya seperti nikotin polifosfat, kalium karbonat, zat lilin serta perwarna makanan yang semua zat tersbut tidak baik jika terlalu sering masuk dalam tubuh kita.

Kita bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi sama sekali makanan instan tetapi jangan terlalu sering, maksimal seminggu sekali. Dalam memasak mie instan juga dengan cara yang benar yaitu jangan memasak bumbu mie dalam api yang menyala tetapi taburkan bumbu saat mie telah selesai dimasak dan berada didalam piring. Saat memasak mie air hasil masakan diganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin sehingga air hasil masakan mie banyak mengandung lilin dan jika masuk kedalam tubuh akan berbahaya.


6. Kontrol porsi makan 

Jika porsi makan anda terlalu banyak, maka resiko gemuk akan semakin tinggi. Orang yang gemuk akan lebih mudah tersrang berbagai penyakit serta obesitas. Beberapa bahaya makan dengan porsi yang berlebihan akan menimbulkan penyakit diabetes, mengalami gangguan fungsi pada sinyal insulin otak, pertumbuhan psikologis, serta kadar gula dapat meningkat lebih tinngi.

7. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan tubuh terhadap air putih setiap hari yaitu minimal 1,5 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Tubuh kita 70% terdiri dari cairan sehingga kebutuhan terhadap air putih perlu untuk dipenuhi. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan manfaat air putih, tidak bisa digantikan oleh air yang lain. Air putih merupakan air yang paling sehat untuk tubuh serta tidak berbahaya untuk tubuh. Manfaat yang diketahui orang awam mungkin hanya menghilangkan rasa haus dalam tubuh, tetapi sebenarnya air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Beberapa manfaat air putih untuk tubuh seperti :


  •     Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  •     Mengontrol kalori dalam tubuh
  •     Meningkatkan energi
  •     Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh
  •     Membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap baik
  •     Meningkatkan produktivitas dalam tubuh
  •     Meningkatkan fungsi otak
  •     Melancarkan sistem peredaran darah
  •     Mengobati sakit kepala

8. Hindari kebiasaan begadang


Bagi yang melakukan banyak aktivitas di siang hari maka hindarilah begadang pada malam harinya. Begadang akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat karena angin malam todak bagus untuk tubuh. Akibat begadang malam dapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh kita seperti :


  •     masalah berat badan
  •     sistem kekebalan tubuh melemah
  •     penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, sakit kepala, refleks lemah, mengurangi harapan hidup
  •     dalam jangka panjang bisa terjadi kerusakan sel-sel saraf pada otak


Melihat banyaknya resiko yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda sebaiknya hindari begadang.

9. Olahraga secara teratur


Menjaga kesehatan tubuh selain dalam hal makanan kita juga harus menyeimbangkan tubuh dengan olahraga secara teratur. Olahraga dapat merefresh kembali tubuh, sehingga menjadi bugar dan semangat serta terhindar dari penyakit. Manfaat olahraga bagi kesehatan tidak hanya diperoleh dengan alat modern serta cara yang memberatkan tubuh anda. Lakukanlah olahraga yang nyaman dan sesuai dengan porsi kekuatan tubuh, yang penting tubuh anda bergerak sehingga tidak kaku dan mudah terserang penyakit.

Anda dapat memilih olahraga yang anda senangi seperti berenang 3 kali dalam seminggu, senam setiap hari minggu atau lari-lari kecil untuk mengeluarkan keringat dalam tubuh serta masih banyak olahraga yang bisa anda pilih. Untuk menjaga kesehatan tubuh lakukanlah olahraga minimal sekali dalam seminggu. Bagi yang pekerja kantor atau mahasiswa atau profesi lain yang melakukan aktivitas di hari kerja, anda bisa melakukan olahraga ketika week end bersama keluarga atau sahabat anda tentunya akan lebih menyenangkan.

10. Menjaga kebersihan


Kebersihan merupakan kunci dari kesehatan badan. Jagalah kebersihan diri serta lingkungan anda. Kebersihan diri seperti cucilah tangan sebelum anda makan serta setelah makan. Mandilah 2 kali sehari agar kuman dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan anda tidak menempel di tubuh anda. Kuman dan bakteri yang berada di tubuh atau lingkungan anda disebabkan kurangnya kebersihan diri atau lingkungan anda.

Makanan yang anda makan juga perlu dijaga kebersihannya. jika anda hendak membeli makanan, pilihlah makanan yang tertutup oleh plastik, hindari membeli makanan yang ada di pinggir-pinggir jalan karena makanan yang ada di jual di pinggir jalan banyak terkena debu dan polusi sehingga dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti sakit perut dan diare.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan tubuh sehari- hari. Lakukanlah dengan senang hati agar anda dapat mendapatkan kesehatan tubuh yang sempurna. Untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat tidak harus dengan biaya yang mahal bukan? Yang penting ada kemauan dan niat pasti tubuh yang sehat bisa anda dapatkan. Selamat mencoba semoga tubuh anda tetap sehat.

1 comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.