10 Fakta Android Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

10 Fakta Android Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sudah berapa lama kamu menggunakan smartphone android ? Apakah kamu sudah mengetahui fakta tentang android ?mungkin hanya sedikit yang tahu tentang fakta fakta lain dari android berikut ini

10 Fakta Android Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selain fakta bahwa android merupakan sistem operasi yang dikembangkan leh google. Kali ini adimasrosidBlog akan memberikan kamu fakta fakta tentang android yang siapa tahu belum pernah kamu ketahui. Yuk simak 

Fakta android yang jarang diketahui banyak orang

1. Android ternyata bukan diciptakan oleh google

kita mengenal dengan berbagai layanan di android yang identik dengan google, faktanya android tidaklah dibuar oleh google. Android sendiri diciptakan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Shris White pada tahun 2003. Mereka memiliki hubungan erat dengan T-Mobile.

2. Android Adalah Cowok

Tahukah kalian apa jenis kelamin si android ini ?? kita mengetahui secara umum bahwa android ini adalah robot hijau. Namun Faktanya android merupakan robot hijau berjenis kelamin pria. 

Berasal dari kata ANDROID yang memiliki makna bahwa 'ANDR' memiliki makna pria dan 'DROID' berarti robot. Maka tidak heran jika banyak yang suka ngoprek android adalah seorang pria, namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa perempuan juga bisa ngoprek.

3.Android awalnya tidak didesain untuk tablet atau smartphone

ya, Dulunya android tidak didesain untuk smartphone, melainkan untuk kamera pintar. Namun sekarang sudah banyak tipe smartphone dan tablet yang sudah menggunakan sistem operasi android.

Menurut Andry Rubin, co-funder android, tujuan awal dari android adalah untuk memberikan kemudahan pengguna kamera melakukan tranfer gambar ke cloud storage. tetapi karena pasar mulai lesu, akhirnya dibantng stir ke smartphone.

4. Android Ternyata berhutang ke steve jobs

Pada tahun 2005 - 2007, android terus memantau perkembangan microsoft, bukan karena apa apa, namun karena memiliki standar teknologi sistem operasi paling umum. Pernah terbesit bahwa pengembangan android untuk membuat smartphone seperti blackbery yang memiliki banyak keyboard.

Namun pada tahun 2007 Steve jobs memperkenalkan iphone yang dibekali layar sentuh. Sejak saat itu android dioptimasi untuk smartphone dengan layar sentuh. Mungkin jika tidak karena steve jobs dan iphone mungkin smartphone kita saat ini menggunakan keyboard fisik. :v

5.Android qwerty

Seperti yang sudah adimasrosidBlog bahas diatas, dulu android mengincar untuk membawa keyboard fisik. Hal ini diperkuat dengan sempat mengeluarkan Sooner yang merupakan smartphone pertama android dengan keyboard fisik dan interface ala Palm OS.  

Smrtphone pertama itu meski terlihat aneh, namun memiliki fitur multy-tasking yang sudah mampu terhubung dengan PC dan semua kemampuan mandiri yang sekarang sudah ada pada sooner loh.

6. Alasan Android Open Source

Sudah tidak awam lagi bagi kita bahwa android merupakan open source. Apakah kalian tahu kenapa android disebut platform open source ? Karena google adalah anggota dari OHA (Open Handset Alliance) yang telah memberikan kebebasan penggunanya untuk memodifikasi kode sumber dari OSnya. Maka tidak heran jika beda vendor berbeda pula interface nya.

Karena open source juga kalian bisa nge-root smartphone android. bahkan kalian juga dapat bereksperimen dengan membuat costum rom.

7.Nama Asli Android.

TAhukah kalian mengapa diberi nama android ? ini adalah nama panggilan Andy Rubin, saat bekerja di apple. Nama itu menjadi panggilannya karena dia suka dengan robot.

Saat waktu pengembangan android, awalnya dinamakan dengan BugDroid karena logo robot hijaunya yang mirip kecoa, namun akhirnya dipilih nama android. Tetapi nama bugdroid masih dipakai oleh nama tim pengembang android di internal google.

8. Logo Awal Android

Sebelum terpilih logo Android dengan robot hijau, sempat ada logo lain yang dikembangkan oleh Dan Morrill. Logo yang seperti robot mabok ini dinamai Dandroids. Sampai kemudian muncul sketsa logo Android dari Irina Blok yang menjadi logo Android hingga sekarang. Ngaku deh, kamu pasti gak pernah tahu tentang fakta Android yang ini kan?

9. Tidak Semua Android Menggunakan Nama Makanan

Android 87.0 terbaru yang baru saja rilis dinamanakan Android Oreo. Sebelumnya ada Nougat (Android v7.0), Marshmallow (Android v6.0), Lollipop (Android v5.0), dan jauh sebelumnya ada Kitkat (Android v4.4). Semuanya menggunakan nama makanan. Hal ini diawali oleh Android Cupcake (Android v1.5), kemudian Donut (Android v1.6), Eclair (Android v2.0), Froyo (Android v2.2), dan lainnya.

Tapi ternyata versi Alpha dan Beta Android tidak menggunakan nama makanan, melainkan Astro (Android v1.0) dan Bender (Android v1.0). Jadi, gak semua nama Android adalah makanan manis kan?

10. Android Ada di Luar Angkasa

Selama ini kita tahu Android digunakan di smartphone, smartwatch, bahkan smarthome. Semuanya ada di bumi. Tapi tahukah kamu bahwa Android juga ada di luar angkasa? NASA pernah mengirimkan satelit ke luar angkasa yang dibekali dengan Nexus One dan Nexus S pada tahun 2013. Satelit yang ditemani dengan perangkat Android ini telah berhasil mengirimkan citra bumi dari luar angkasa.

Itu dia 10 hal tentang Android yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Apa kamu tahu fakta lainnya? Jika ada fakta lainnya, share yuk sama adimasrosidBlog

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.