Inilah Bebrapa Waktu Istimewa Untuk Berdoa

Inilah Bebrapa Waktu Istimewa Untuk Berdoa

RosidBlog - Sungguh indah keajaiban doa. Berbisik di lantai tika bersujud, namun dapat didengari sampai ke langit. Kita diberi kelebihan doa sebagai tempat meminta apa yang sering dihajati di dalam hati. Dan sesungguhnya Allah saja apa yang tahu apa yang terkandung di dalam hati kita dan Dia jualah yang menentukan perkara terbaik untuk kita.
Sebagai seorang Muslim, kita perlu percaya dan bersangka baik kepada Allah dengan segala ketentuan dan rezeki yang dilimpahkan. Waktu mustajab yang dikurniakan oleh Allah kepada hamba-hambaNya perlu dimanfaatkan dengan taat agar segala cita-cita yang dihajati terkabul.


Kemungkinan belum terkabulnya semua doa yang kita panjatkan karena mungkin belum saatnya kita mendapatkannya sekarang. Allah tahu yang mana kamu butuhkan dan yang hanya harapkan. jadi berbaik sangkalah kepadanya. Perbanyaklah meminta dan berdoa kepada Allah.

Doa adalah kewajiban bagi setiap muslim, Doa mencerminkan bahwa kamu adalah sosok yang rendah dihadapannya. Allah sangat menyukai hambanya yang berdoa. Maka, sangatlah rugi jika kita melewatkan untuk berdoa dan meminta karena kita akan termasuk hamba yang sombong.

Waktu Pertengahan Malam Terakhir
Waktu pertama adalah saat pertengahan malam terakhir. mungkin diantara kita sangat sulit untuk bangun tengah malam. Namun jika kamu mengetahui bahwa dipertengahan malam disetiap malamnya, Allah SWT meninggalkan Arsy dan turun kemuka bumi. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi

Allah SWT akan turun kebumi di sepertiga malam terakhir dan berkata "Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti akan aku perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya" ( HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim ).

Rasulullah saw bersabda. Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya”. ( HR. Ibnu Majah)

Waktu Setelah Sholat Wajib
Waktu kedua adalah ketika selasasi melakukan ibadah sholat fardhu. tidak jarang kita sering mengabaikan pentingnya berdoa setelah shalat fardhu. namun salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah ketika selesai sholat, hal ini diperkuat denga dalil yang berbunyi. 

Dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. ( HR. Tirmidzi )

Waktu Antara Azan Dan Iqamah

Apabila terdengar azan berkumandang, segeralah membersihkan diri untuk bersiap menghadap Yang Maha Esa. Allah amat menyenangi hambaNya yang meninggalkan segala hal keduniaan dan mematuhi seruan dariNya sejurus tiba waktu.

Ketika azan berkumandang, pintu langit terbuka dan doa mudah dimakbulkan bagi hamba yang taat. Allah turut mengurniakan waktu istimewa untuk hambaNya yang berdoa pada awal waktu solat iaitu antara azan dan laungan iqamah.

Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud “Doa di antara azan dan iqamah tidak tertolak” (Hadis Riwayat At Tirmidzi dan Abu Daud)


Waktu Malam Lailatul Qadar
Waktu ketiga adalah pada malam Lailatul Qadar, Malam yang lebih mulia dari seribu bulan ini terjadi pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan. Akan tetapi, Allah menyembunyikan kapan waktu malam Lailatul Qadar, Allah hanya mengisyaratkan malam tersebut terjadi di 10 malam terakhir dibulan puasa.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. ( Qs. Al-Qadr 97: 3-5 )

Imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)

Ketika Bersujud dlm Sholat
Waktu kedelapan adalah ketika bersujud dalam sholat. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi.

Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. ( HR. Muslim )

Dalam riwayat lain.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: Yang paling dekat seorang hamba pada Rabbnya ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah kalianlah berdoa. ( HR. Muslim, Abu Daud, Nasa’i dan Ahmad )
  

Semasa Hujan Turun

Waktu hujan turun membasahi bumi bukan sahaja dapat menyirami tumbuhan dan menyejukkan bumi yang kering. Waktu ini juga Allah cipta untuk hambaNya berdoa supaya dapat dikabulkan.

Hujan yang turun turut disertai dengan rezeki dan rahmat bagi hambaNya yang taat dan tidak putus-putus berdoa. 

Satu hadis sahih membuktikan bahawa waktu tersebut doa mudah dimakbulkan.

Rasulullah s.a.w bersabda yang bermaksud “Doa tidak tertolak pada 2 waktu, iaitu ketika azan berkumandang dan ketika hujan turun.” (Hadis Riwayat Al Hakim)

2 Waktu Pada Hari Jumaat

Hari Jumaat adalah hari yang istimewa di sisi Allah. Hari yang juga dikenali sebagai ‘Sayyidul Ayyam’ atau penghulu segala hari merupakan hari yang diwajibkan untuk mengerjakan Solat Jumaat bagi lelaki dan amalan sunat seperti membaca Surah Al-Kahfi serta memperbanyakan zikir-zikir lain.

Rasulullah SAW pernah membicarakan tentang hari Jumaat dalam sebuah hadis sahih di mana Baginda bersabda:
“Hari Jumaat ada 12 jam yang mana tiada seorang hamba muslim berdoa padanya kecuali akan diberikan (dimakbulkan), maka carilah ia di hujung waktu selepas Asar.” (Hadis Riwayat Abu Daud)


Ketika Waktu Sahur Dan Berbuka Puasa

Ibadah puasa merupakan benteng untuk menahan nafsu serta menjadikan mukmin lebih tawadhuk dengan merasakan keperitan orang yang sering berlapar. Selain kelebihannya pada aspek kesihatan, orang yang berpuasa juga mempunyai kelebihan yang lain seperti dapat dimakbulkan doa yang diminta pada Allah pada dua waktu utama iaitu ketika bersahur dan berbuka.

Sesuai dengan hadis yang dikemukakan tentang keajaiban waktu terakhir sepertiga malam, waktu sahur juga tergolong dalam waktu mustajab itu. Oleh itu banyakkan berdoa dan berzikir sambil bersahur sehingga masuknya waktu solat fardhu Subuh. Setelah penat seharian berpuasa, Allah mengurniakan satu lagi waktu mustajab untuk orang berpuasa memanjatkan doa kepadaNya.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang bermaksud : “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang dizalimi.” (Hadis Riwayat At Tirmidzi)

Berdoa pada waktu-waktu mustajab merupakan cara kita berusaha untuk mendapatkan keridhoan serta kejayaan dunia dan akhirat dari Ilahi. Di samping itu, rajinlah juga berdoa kepada Allah pada setiap masa, tanpa hanya menunggu waktu-waktu yang disebutkan di atas ini kerana Allah Maha Mendengar dan Maha Mengasihi setiap hambaNya.
Semoga amalan kita yang berterusan dapat diterima di sisi Allah dan dapat mempersiapkan diri kembali bertemu denganNya dengan timbangan amal yang cukup.





Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.