HIKMAH SEBUAH TERONG BUSUK

HIKMAH SEBUAH TERONG BUSUK

Selamat pagi gan.pada kesempatan kali ini, aku akan menulis tentang hikmah sebuah terong busuk. oke langsung saja .


Alkisah ada dua kakak beradik anak seorang tukang kebun yg mempunyai karakter berbeda, mereka diberi pilihan oleh ayahnya.

Sang Ayah menyuguhkan dua buah terong kepada kedua anaknya. Satu terong muda dan segar, sedang yg satu lagi terong tua dan busuk.

Sang Kakak langsung buru-buru mengambil terong muda dan segar lalu menyantapnya hingga habis.
Sementara adiknya tak bisa memilih lagi, ia harus menerima terong tua dan busuk.

Sang Adik mencoba merenungi keadaan ini. Ia selalu berpikir positif sambil berkata dalam hati ; _ini pasti ada hikmahnya_. Dipungutnya terong busuk itu dan ia pisahkan semua biji2nya lalu ia menanamnya.

Akhirnya biji2 terong itu tumbuh subur dan berbuah lebat hingga Sang Adik memiliki kebun terong yg luas. Sementara itu, si Kakak tidak memiliki apa-apa, bahkan kehidupannya kini ditanggung oleh adiknya.

Pesan Moral :

Umumnya manusia itu senang kalo menerima sesuatu yg baik,  perlakuan yg baik, pujian, sanjungan serta segala hal yg baik baik dan benci pada hal yg jelek, tak suka menerima hal yg jelek, celaan, kritikan, bahkan cenderung mengacuhkan pada semua hal-hal yg dianggapnya jelek.

Tapi.. tentu kita pernah mendengar kata bijak ''Hadiah istimewa tidak selalu terbungkus rapi dan indah''.

Inilah salah satu cara Allah SWT  memberikan kasih sayang pada hambaNya yg selalu bersyukur, bersabar dan berprasangka baik.

Meski awalnya pahit, namun pada akhirnya akan dirasakan manisnya yg berkepanjangan.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

*_” [Al-Baqarah : 216]_*"

Barokallah..!!!

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.