Daftar Makanan yang dapat Menghilangkan Stress

Daftar Makanan yang dapat Menghilangkan Stress

Stress memang merupakan musuh setiap orang. Bahkan ada yang sampai pergi ke psikolog untuk meredakan stress yang sangat membebani pikirannya. Terkadang memikirkan deadline baik itu tentang tugas sekolah atau kerjaan memang melelahkan. Namun apa salahnya untuk berpaling sejenak dari kecemasanmu dan mulai melakukan sesuatu untuk meredakan kecemasan tersebut. 


Daftar Makanan yang dapat Menghilangkan Stress


Salah satu yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengubah pola makan. Pola makan yan benar dapat menjauhkan kamu dari stress yang berlebihan. Memang tidak semudah kelihatannya. Akan tetapi kasihilah tubuh kalian jika tidak pernah diperhatikan. Dengan mengkonsmsi makanan dibawah ini, paling tidak kalian sudah berusaha membuat tubuhmu lebih nyaman, dan tingkat stress kalian sedikit teredakan. 


Daftar Makanan yang dapat Menghilangkan Stress


1. Ikan kaya omega 3

Omega-3 yang terdapat pada ikan terbukti mampu memicu tubuh untuk menendalikan adrenalin dan hormon pemicu stress. Jika kamu pecinta ikan, bergembiralh! makan ikan banyak banyak agar kalian cukup memiliki asam lemak esensial yang dapat mengusir stress. 

James Pottala, ketua tim peneliti dari universitas of south dakota, sanford school of medicine menyebutkan, omega 3 dapat membantu mengoptimalkan kinerja otak sehingga kalian tidak mudah stress. Asupan omega-3 yang memadai juga dapat membantu menambah jumlah neurotransmiter pada otak. Neurotransmiter ini berguna untuk menyambungkan satu fungsi otak dengan yang lainnya. Semakin banyak neurotransmiter maka semakin banyak pula informasi yang terserap, dan semakin cepat juga suatu informasi diproses, sehingga kamu bisa semakin lancar dan nyaman dalam mengerjakan pekerjaan kalian. 

2. Jus Jeruk dan minuman bervitamin C

Vitamin C sangat baik untuk melawan stress. Buah-buahan citrus juga kaya akan gula alami, sehingga dapat menjaga gula darah stabil, dan jika gula darah menjadi stabil dan stress takan mau menghapiri.

Ketika stress, tubuh akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah besar dibandingkan biasanya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dengan efektif. Selain membantu mengurangi stress, vitamin C juga dapat mengembalikan tekanan darah dan kortisol atau hormon stress ke tingkat normal. 

3. Susu dan makanan bervitamin D

Walaupun tubuh kita secara alami menyerap vitamin D dari matahari, vitamin D yang dapat dari sumber suplemen mampu membantu meningkatkan antibodi terhadap stress. Vtamin D juga mampu menormalkan tekanan darah, meredakan sakit dan nyeri tubuh, serta membantu melancarkan pernapasan. 

Untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, konsumsi keluarga kacang polong, kacang merah dan kacang berwarna putih. Kamu juga bisa mendapatkannya dari segelas susu sebelum tidur. Karena riset membuktikan bahwa kalsium juga membantumu untuk menenangkan suasana hati sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika sedang stress. 

Stres memang sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Namun terlepas dari itu, itu semua harus kalian hadapi. kamu selalu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan. Tetap semangat, jangan lupa makan! semoga semua pekerjaan bisa segera dirampungkan. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.