Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Ketika Menjalani Puasa Ramadhan

Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Ketika Menjalani Puasa Ramadhan

Ada banyak sekali perubahan pada pola hidup kita selama puasa bulan ramadhan. Mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas kita. Walaupun segala aktivitas hampir dilakukan dirumah, kalian perlu memastikan setiap anggota keluarga bisa menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa. Hal ini agar selalu sehat dan fit, coba intip beberapa Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Ketika Menjalani Puasa Ramadhan.

Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Ketika Menjalani Puasa Ramadhan

Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Ketika Menjalani Puasa Ramadhan

Semua orang berharap agar ibadah puasa berjalan lancar sampai akhir ramadhan. Ketahuilah ada banyak sekali manfaat puasa, salah satunya dapat mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan. Manfaat tersebut dapat secara optimal ketika kalian dapat menerapkan pola hidup sehat selama bulan puasa. 

Untuk itu, kalian bisa menerapkan tips berikut agar keluarga dan teman kita tetap Fit dan bugar selama menjalani ibadah ramadhan. 

1. Minum 8 gelas air mineral

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka dari itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, yaitu dengan ccara minum ait ketika sahur dan berbuka. 

Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh ketika sedang berpuasa. Tubuh teteap dianjurkan meminum 8 gelas air mineral setiap hari. Kita perlu menjaga asupan gizi seimbang termasuk dengan mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak dapat diproduksi didalam tubuh.

Pola minum air selama puasa dapat kita lakukan dengan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas krtika buka dan sahur, dan 2 gelas ketika sahur. 

2. Makan buah yang mengandung air

Mencukupi cairan tubuh dapat menghindarkan kalian dari risiko kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, darah rendah, dan kerarr otot. Selalu sediakan buah yang tinggi akan kadar air ketika sahur dan berbuka puasa. 

Kalian dapat mengkonsumsi misalkan buah persik, semangka, ataupun jeruk. Selain mengandung air dan serat, buah-buahan tersebut juga memberika kebutuhan vitamin C. 

3. Konsumsi kurma ketika berbuka

Kurma merupakan jenih buah yang lekat dengan bulan ramdhan. Dibalik rasanya yang manis, kurma menyimpan segudang kebaikan akan kandungannya loh. 

Manfaat kurma sendiri sudah mulai dikenal luas sehingga terkadang dikonsumsi tidak hanya dibulan ramadhan saja. Kebanyakan orang mengkonsumsi kurma yang telah dikeringkan. Namun, tidak sedikit juga yang memilih ekstrak kurma untuk mendapatkan kandungan nutrisinya. 

Satu hal yang perlu diingat, selama puasa, perut berada dalam kondisi kosong untuk waktu yang cukup lama sehingga kalian perlu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan baik.

4. Olahraga

Tetap berolahraga adalah salah satu tips puasa yang sebaiknya jangan kalian lewatkan. Hindari berolahraga yang berjenis endurance ( daya tahan fisik ) dan yang berkenan dengan kecepatan, karena hal tersebut dapat menguras energi. 

Cukup lakukan aktivitas ringan, seperti yoga, jalan kaki, ataupun stretching. Ketika melakukan olahraga, jangan lupa perhatikan apakah tubuh mampu melanjutkan atau tidak ya. 

Apabila mengalami pusing dan sempoyongan, cobalah istirahat sejenak dan jangan paksakan diri kalian. 

5. Cukup tidur

Selain menerpakan cara yang disebutkan diatas, lengkapi dengan tidur yang cukup. Setidaknya orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika kita memiliki tidur yang cukup. 

Berdasarkan jurnal sleep tahun 2010, kurang tidur bisa mempengaruhi emosi dan suasana hati seseorang yang dapat diidentifikasi melalui ekspresi wajah. Suasana hati bisa memberikan dampak signifikan terhadap kegiatan sehari - hari kita. 

Sama halnya ketika dikantor. Seseorang butuh konsentrasi yang baik ketika sedang bekerja dirumah. Kualitas tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, cara berpikir, produktivitas dan performa fisik.

5 comments

  1. Olahraga sih yang masih jadi PR berat buat aku pribadi. Pas nggak puasaan aja belum bisa rutin, apalagi pas puasa huhuhu...

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya kakak. Yang sering terlewat sebenarnya waktu olahraga, kadang udah lemes kalau mau olahraga pas puasa. Tapi harus dipaksa kali ya biar gerak..🤭

    ReplyDelete
  3. Problem aku banget tuh, minum 8 gelas sehari! Aku ga puasa aja minumnya dikit, puasa biasanya lebih parah. Semangat pasti bisa! Semoga puasa kita lancar yaa, Aamiin

    ReplyDelete
  4. trimakasih mas artikelnya. smangat juga ya mas puasanyaaa. aku tadi baru aja makan kurma bhahahahaha ada yang bagi2 takjil di halte kampung melayu transjakarta. Lucky me !

    ReplyDelete
  5. Wahh, terima kasih tipsnya, yg jelas minum harus banyak banged, karena sehari2 aja udah kayak Onta kalo minum. 😅

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.