Perbedaan Facial Foam, Gel Dan Oil Untuk Cuci Muka - Mana Yang Cocok Untuk Kulitmu ?

Perbedaan Facial Foam, Gel Dan Oil Untuk Cuci Muka - Mana Yang Cocok Untuk Kulitmu ?

Adimasrosid Blog - Jenis Pencuci wajah atau facial wash saat ini hadir dalam berbagai bentuk, dan dengan formulanya masing - masing. Mulai dari facial foam, cleaning gel, dan cream cleanser, hingga cleansing oil, semuanya menjanjikan kulit yang bersih tanpa kotoran sama sekali. Tantangannya adalah ketika memilih cleanser yang cocok bagi kulit kau. KArena masing-masing jenis cleanser itu juga diperuntukan bagi karakter kulit wajah yang berbeda-beda.

Agar kamu nggak salah pilih demi memaksimalkan kebersihan dan kesehatan kulitmu, ketahui yuk apa aja macam pencuci awajah yang beredar di pasaran saat ini.

Perbedaan Facial Foam, Gel Dan Oil 

Perbedaan Facial Foam, Gel Dan Oil


1. Facial foam adalah jenis cleanser paling banyak digunakan yang teksturnya berbusa dan membuat wajah lebih kesat


Facial foam umumnya bersifat water-based dan memiliki kandungan yang membuatnya menghasilkan busa sekaligus mengangkat sisa kotoran. Busa dari facial foam juga efektif mengangkat minyak yang berlebih pada wajah dan membuat wajah lebih kesat. Makanya, jenis pencuci wajah seperti ini cocok bagi kamu yang kulitnya normal.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, hindari menggunakan facial foam karena hanya akan membuat wajahmu semakin kering dan serasa bersisik. 

2. Cleansing gel memiliki tekstur yang ringan sehingga aman dan tidak membuat iritasi bagi kulit yang bermasalah


karena formulanya yang lembut dan tidak membuat iritas, pencuci wajah berjenis gel seperti ini disarankan bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang berminya, berjerawat, kombinasi atau sensitif. Cocok juga untuk kamu yang aktif berolahraga karena bisa mengangkat sisa kotoran dan keringat dengan efektif, jika kamu berjerawat, pilih cleansing gel yang memiliki kandungan anti jerawat.


Sebelum mencuci wajah dengan menggunakan cleansing gel, ada baiknya kamu bersihkan wajah terlebih dahulu baru mencuci wajah dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air. 

 3. Cream cleanser adalah pencuci wajah tanpa busa yang bertekstur krim dan mampu melembabkan wajah.


Jenis cleanser seperti ini mengandung emulsi dan minyak alami yang mampu mengangkat kotoran pada wajah tanpa menghilangkan lapisan minyak pada kulit. Formulanya cocok bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang cenderung kering atau sensiti. Kandungan minyak dalam cream cleanser ini mampu mengangkat sisa make up secara maksimal.

Setelah mencuci wajah dengan menggunakan cleanser ini, jangan lupa bersihkan wajah kembali dengan toner atau facial wipes untuk memastikan tidak ada lagi residu yang tersisa.

4. Cleansing oil berbahan dasar minyak dan memiliki sifat oil attracts oil yang mampu menyerap minyak dan kotoran sekaligus menutrisi kulit.


Jenis cleanser ini paling ampuh untuk mengangkat makeup juga melembabkan  kulit berkat kandungan minyaknya. Ketika memakainya, kamu harus melakukan pijatan pada wajah agar bisa mengangkat sisa kotoran. Setelah mengaplikasikannya, kamu harus membilasnya dengan maksimal, bahkan disarankan tetap menggunakan cleansing gel atau foam agar tidak ada lagi minyak yang tersisa ada wajah.

Pastikan produk yang kamu gunakan bersifat non-comedogenic biar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat

Nah setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai macam-macam pencuci wajah ini, semoga kamu bisa lebih bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.  

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.