Berikut Gunung Emas Yang Dikabarkan Rasulullah SAW diAkhir Zaman

Berikut Gunung Emas Yang Dikabarkan Rasulullah SAW diAkhir Zaman

Sungai Eufrat telah disebutkan Rasulullah SAW sebagai salah satu pertanda akhir zaman. Sungai ersebut dikenal dengan nama Al-Furat dalam bahasa arab, yang berarti air paling segar. Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Al-Hadith Al-Nabawi, Eurat adalah sungai yang mengalir dari timur laut turki. 

Rasulullah SAW bersabda, "hari kiamat tak aakan  terjadi sebelum seungai eufrat mengering dan menyingkapkan 'gunung emas' yang mendorong manusia berperang. 99dari 100 orang akan tewas (dalam pertempuran), dan setiap dari merka berkata'" mungkin aku satsatunya yang akan tetap hidup'."(HR Bukhari)

Gunung Emas


Namun Nabi Muhammad SAW juga melarang siapa saja yang melihat kemunculan gunung emas tersebut untuk mengambilnya sedikit pun. Sebagai mana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radiyallahu'anhu, Nabi Shallalahu'alaihi wa salam bersabda. 

" Segera saja sungai eufrat akan mengring lalu nampaklah gunung emas. barangsiapa yang menjumpai , jangan diambil sediktpun." (HR Muslim 2894)

Dalam hadist tersebut, Rasululloh pernah bersanda bahwa sungai yang mengalir di tiga negara besar, turki suriah dan irak ini pada saatnya nanti akan neyingkapkan harta karun yang besar berupa gunung emas. /selain itu, dalam kitab Al-burhan fi alamat al-maahdi akhir zaman diungkapkan bahwa keringnya sungai eufrat meruupakan tanda saat darangnya al-mahdi di akhir zaman. 

"sungai itu membelah pegunungan toros, llalu melewati suriah di kota jarablus melewati irak dikota al-bukmal, dan bertemu sungai tigris di al-qurnah yang bermuara di teluk arab. " ujar Dr. Syauqi. Panjang sungai tersebut mencapai 2375 KM dengan dua anak sungai, yaitu al-balikh dan al-khabur sudah mengering. 

pada saat Nabi Muhammad SAW mempredksi masa depan sungai eufrat lewat sabdanya, wilayah subur didaerah mediterania itu masih dikuasai oleh dua kekuatan besar, persia dan bizantum. sungai tersebut adalah garis batas alami dari dua kerajaan tsb. 

Dahulu selain kawasan suriah dan iran, kekuasaan persia juga mencakup daerah yaman hinggar daerah disekitar lau merah. sedangkan bizantium mencakup sebagian suriah (bagian utara) dan turki hingga eropa.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.