Bagaimanakah Maksud Dari Ahlak Yang Baik ?

Bagaimanakah Maksud Dari Ahlak Yang Baik ?

Sebagai pembuka, marilah kita mulai dengan do'a bercermin : Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii
Artinya : 
" Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku "

ahlak yang baik


Sungguh mulai sebagai seorang Msulim di setiap langkahnya yang senantiasa diiringi do'a, termasuk ketika bercermin. Do'a tersebut sering kali kita lakukan saat kita hendak bercermin, saat kita hendak mempersiapkan tampilan fisik kita agar menjadi lebih baik. Diawali dengan ucapan syukur atas nikmat fisik yang diberikan Allah kepada kita, dan dengan diakhiri dengan ucapan syukur atas karunia akhlak yang baik.

Apa yang penting dari akhlak yang baik ?


Menurut saya, itu sangat penting, malah terkadang akhlak yang baik itu bisa menuntun kita ke arah kesuksesan. Banyak kasus yang kita temui, ketika orang yang notabene diakui telah mengetahui semuanya, yang kemudian menjadi tersisih baik dalam persaingan juga pergaulan ketika kemuadian memiliki akhlak yang baik itu seolah apa yang didapatkan tidak berbekas pada dirinya dan kepribadianya. 

Terlebih pada jaman sekarang ini, amanah dari seseorang di salah gunakan dengan banyaknya kasus korupsi yang terjadi pada saat ini, maka akhlak yang jujur lebih kita idamkan untuk memimpin negeri ini daripada hanya sekedar titel dibelakang nama mereka. 

Lalu akhlak ini kapasitas siapa ?


Ahlak jelas menjadi kapasitas kita sebagai manusia, sedianya Allah menginginkan pasti seluruh umat dijadikan soleh dan berakhlak baik, mengingat kita selain diberikan akal juga bekali rasa. ' tools ' rasa inilah yang kemudian melahirkan akhlak, karena akhlak yang baik biasanya lebih dapat diterima dan dirasakan hati. Ahlak yang baik umumnya juga mempertimbangkan apa yang orang lain rasakan atas perbuatan kita.

Apanila dianalogikan manusia hanya membutuhkan akal, mesti turunya Al-quran sebagai penerang tidak aka terbantahkan, namun karena Al-quran menjadi Akhlak Nabi Muhammad SAW yang sedemikian mulia, maka Islam diterima dan Al-quran berhasil menjadi penuntun umat dalam keselamatan dunia dan akhirat. 

Sekaran pertegas komitmen kita untuk selalu condong pada kebaikan, karena pada dasarnya akhlak yang baik adalah persoalan memilih.  Seperti halnya dualisme sisi baik dan sisi buruk, maka ketika niat kita sudah baik, tentu yang terlintas, tersirat ataupun tersurat dalam pikiran pasti hanya ha hal yang baik saja. 

Bagi umat muslim menjadi akhlak yang baik bukan tentang persoalan dunia, namun kelak menjadi catatan tersendiri atau bahkan mungkin menjadi teman di akhir nanti. Wallahu'alam Bishawab.

Sebagai penutup, bagi yang lupa dengan doa ini, saya akan memberikan doa agar diberikan akhlak yang baik :

Allaahummahdinii li-ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wash-rif ‘annii sayyi-ahaa, laa yash-rifu ‘annii sayyi-ahaa illaa anta.

Ya Allah tunjukanlah aku kepada akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukanya kecuali Engkau.
Dan palingkanlah dariku kejelekan akhlak, tidak ada yang dapat memalingkannya kecuali Engkau ( HR. Muslim no:77 )

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.