Cermati Inilah Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Begini Cara Pencegahanya

Cermati Inilah Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Begini Cara Pencegahanya

kulit wajah kering - Untuk medapatkan kulit wajah yang halus dan kencang kita harus melakukan perwatan wajah. Namun, kulit pada kondisi tertentu kulit akan kehilangan cairan yang akan menjadikan kulit tampak kering. Agar masalah kulit kering dapat dihindari, kita perlu perawatan kulit wajah yang tepat. 

cara merawat kulit wajah kering

Perawatan kulit wajah sangat peru dilakukan agar bisa mengurangi resiko kulit kering. Karena semakin bertambahnya usia kita, akan lebih besar mengalami kulit kering. Tanda jika kulit kering bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, pecah-pecah, terasa gatal dan mengelupas.

Cara Menjaga Kelambapan Kulit Wajah. 

Beberapa kebiasaan berikut ini dapat kamu lakukan untuk perawatan wajah apabila terjadi kulit wajah yang kering. 

1.Basuh Dengan Air Biasa

Hindarkan penggunaan air panas karena ini akan memperburuk kondisi kulit yang kering. Ketika mandi, sebaiknya batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit.

2.Cermat Dalam Memilih Pembersih Wajah

Gunakanlah produk yang lebut dan tanpa ada pengharum, tujuanya agar kulit anda terhindar dari iritasi kulit yang nantinya akan menyebabkan kulit semakin kering. 

3.Pakai Pelembab Setelah Mencuci Wajah.

Untuk lebih baiknya, gunakanlah pelembab wajah dalam bentuk krim atau salpe untuk wajah yang kering. 

4.Pilih Pelembab Yang Mengandung Minyak Alami.

Seperti pelembab yang mengandung minyak zaitun, minyak jojoba (bukan jomblo jomblo bahagia loh). Selain itu ada banyak sekali bahan alami yang dapat membantu kulit kering yaitu lactic acid, hyaluronic acid,gliserin, lanolin,minyak mineral dan ppetrolatum.

5.Waspada Produk Yang Menyebabkan Kulit Kering

Bebapa produk yang sebaiknya kamu hindari ketika kulit kamu kering adalah produk yang mengandung alcohol, retinoid, pengharum, alpha-hydroxy acid (AHA)

Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kering

Kulit wajah kering terjadi ketika lapisan kulit paling luar mengalami kekurangan cairan, yang disebabkan oleh berbai hal. Sebaiknya kamu menghindari berbagai penyebab kulit wajah kering.

1.Salah Menggunakan Pelembab Untuk Wajah

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah menggnakan pelembab kulit wajah yang salah. Padahal produk itu bermanfaat maksimal, ketika digunakan ketika kulit dalam keadaan lemba atau sesaat setelah mandi.

2.Mandi Dengan Air Panas

Hal ini bisa menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik gunakan air biasa. dan keringkan kulit dengan vara menepuk dengan handuk secara perlahan. Jangan sekali kali menggosok secara berlebihan

3.Sabun Terlalu Banyak

Sebagimana air panas. Sabun juga bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Ditambah lagi jika digunakan terlalu banyak. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangitambahan.

4.Udara Kering

Ini merupakan satu penyebab utama yang bisa menghilangkan kelembaban kulit. Selain itu, pendingin udara juga bisa menjadi pengaruh yang sama terhadap kulit wajah. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab kulit.

5.Paparan Sinar Matahari

Sinar mataharin juga merupkan salah penyebab kulit menjadi kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya atau menggunakan topi untuk melindungi wajah.

6.Penggunaan Obat-Obatan

Bebapa jenis obat memiliki efek samping mengeringkan kulit,cseperti obat untuk tekanan darah tinggi, penurun kolesterol, anti alergi, dan obat jerwat.

7.Kondisi Kesehatan Tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda jika tubuh sedang mengalami perubahan. Misalkan saja perubahan hormone pada wanita menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, kurang gizi dan gangguan tiroid juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Kapan harus melakukan pemeriksaan ?

Apabila kamu sudah melakukan bebapa hal untuk mengurangi kulit wajah yang kering dan juga sudah melakukan perwatan wajah, namun hasilnya masih saja belum terlihat , malah menjadikan kulit semakin kering dan menimbulkan kulit wajah menjadi gatal, dan berwarna merah, sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter kulit. 

Waspadai kemungkinan kulit kering sebagai tanda jika ada gangguan kesehatan pada tubuh. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan akan memberikan krim atau salep yang bisa membanttu mengtasi keluhan kamu. Dan bisa mengurangi penyebab utamanya. 

Saat kamu mengalami kulit wajah yang kering tentu akan mengganggu penampilan kamu, dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena it, sangat penting untuk melakukan perwatan kulit wajah yang kering dengan cermat dan teliti. Dan jangan lupa pastikan kamu minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi buah dan sayur, hindari rokok. Terapkan pola hidup yang sehat agar bisa menjaga kondisi kulit wajah anda. 

referensi 
https://www.alodokter.com

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.