7 Fitur Pada Smartphone Yang Jarang Diketahui Padahal Berguna Banget

7 Fitur Pada Smartphone Yang Jarang Diketahui Padahal Berguna Banget

Hidup di zaman sekarang, manusia tak pernah lepas dari teknologi canggih. Mulai dari kendaraan umum, alat-alat rumah tangga, hingga peralatan komunikasi. Seluruh sistem yang digunakan dalam barang-barang elektronik -- atau mesin -- sudah kian modern dan maju.

Salah satu di antaranya yakni ponsel pintar atau smartphone. Bagi Anda yang hidup di perkotaan, benda ini adalah segalanya, karena mampu menyimpan berbagai jenis informasi yang Anda butuhkan.

7 Fitur Pada Smartphone Yang Jarang Diketahui

Selain digunakan sebagai alat berkomunikasi, ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti misal mengoperasikan listrik rumah, penerjemah bahasa, pendeteksi lokasi, hingga pemantau cuaca.

Sebagian besar pengguna ponsel bisa dikatakan sudah berpengalaman dalam pengoperasiannya. Tapi ada beberapa rahasia yang umumnya masih belum diketahui hingga sekarang.

Dikutip dari Bright Side, berikut 7 hal tersembunyi yang ada di dalam ponsel pintar, khusus bagi pengguna iOS dan Android.

7 Fitur Pada Smartphone Yang Jarang Diketahui

1. Memblokir Iklan

Cara tercepat dan termudah untuk memblokir iklan di ponsel Anda adalah dengan mengaktifkan "mode pesawat" (aiplane mode). Trik ini berfungsi dengan baik pada iOS dan Android.

Namun saat mode tersebut aktif, Anda tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon. Akan tetapi, Anda masih bisa menggunakan Wi-Fi.

2. Mengetahui Password Wi-Fi Asing

Setiap kali terhubung ke Wi-Fi baru, ponsel Anda secara otomatis akan meminta kata sandi yang dibutuhkan dan yang terlihat adalah titik-titik (dot). Namun tahukah Anda, bahwa ada sebuah aplikasi Android yang dapat membantu melihat semua kata sandi Wi-Fi yang pernah dimasukkan ke ponsel Anda?

Aplikasi tersebut bernama Wi-Fi Password Show yang memungkinkan Anda bisa melihat semua kata sandi Wi-Fi yang pernah dimasukkan ke ponsel Anda.

3. Membalas Panggilan Dengan Pesan Teks

Jika Anda melewatkan sebuah panggilan telepon di iPhone Anda, ternyata cara meresponsnya bisa menggunakan teks yang dapat dikirim dengan sekali ketuk. Tetapi Anda juga membuat teks itu berdasarkan keinginan Anda sendiri.

Caranya: Buka "Pengaturan", pilih "Telepon", lalu "Tanggapi dengan Teks", dan buat pesan Anda sendiri. Anda bisa menuliskannya dengan cara bebas, lucu, dan bahkan gila.

4. Mode Tamu untuk Android

Jika Anda tidak ingin orang lain memiliki akses ke data pribadi Anda saat mereka meminjam ponsel Anda, Anda dapat menggunakan Mode Tamu (guest mode) di ponsel Android Anda.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengetuk ikon "Pengguna" (user) di sudut kanan atas panel "Pengaturan" (setting) cepat. Lalu ketuk "Tamu" (guest).

5. Kode Rahasia iPhone

Bagi pengguna iPhone, Anda dapat menyembunyikan nomor Anda untuk melakukan panggilan keluar. Jika Anda memasukkan *#31# maka Anda akan menyembunyikan nomor Anda untuk semua panggilan.

Jika Anda hanya memerlukannya untuk sekali panggilan, cukup ketik #31# diikuti nomor telepon tujuan.

6. Audio Timer

Jika Anda adalah penikmat musik garis keras, fitur berikut ini pasti akan sangat berguna: audio timer atau pengatur waktu musik.

Ini adalah pengatur waktu yang memungkinkan perangkat Anda untuk mematikan semua audio pada waktu tertentu, namun hanya tersedia untuk pengguna iOS.

Caranya: buka "Timer", dan pilih lamanya audio dinyalakan. Ketuk "Saat Timer Berakhir" (When Timer Ends), dan pilih "Berhenti Memutar" (Stop Playing) di bagian bawah.

Klik Set, dan pengatur waktu muski Anda sudah dimulai. Saat penghitung waktu mati, semua audio yang sedang diputar akan berhenti.

7. Keyboard dan 'Mouse'

Para pengguna Android tidak perlu lagi repot menulis cepat dengan adanya fitur ini. Mereka bisa menggunakan keyboard atau mouse yang dihubungkan ke ponsel. 

Yang Anda butuhkan hanyalah kabel USB on-the-go atau kabel yang bisa dibawa kemana pun. Dengan menggunakan teknik sederhana ini, Anda bisa mengontrol ponsel Anda secara keseluruhan dengan menggunakan kursor mouse.

sumber
www.kaskus.co.id


Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.