Segudang Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Ciplukan - Pernahkah Anda mendengar tentang buah ciplukan? Bagi Anda yang masih asing mendengarnya, buah ciplukan sebenarnya adalah sejenis tanaman liar yang tumbuh di semak-semak atau lahan sawah yang sudah dipanen. Tak jarang, ciplukan dianggap sebagai tumbuhan pengganggu tanaman palawija di desa-desa. Namun seperti kata pepatah lama, don’t judge the book by its cover. Dibalik penampilan yang layaknya seperti tanaman liar dan pengganggu itu, ternyata ciplukan memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna untuk tubuh.

Apa saja manfaat dari buah ciplukan? Yuk langsung saja kita bahas satu persatu!

manfaat buah ciplukan

1. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat Buah Ciplukan yang pertama untuk mengobati penyakit kulit. Jika terkena penyakit kulit seperti bisul dan kurap, tidak perlu buru-buru menggunakan obat dari apotek. Kita dapat mencoba cara alami dari tanaman ciplukan ini, yang tentunya jauh lebih alami dan aman karena tanpa bahan kimia. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melumatkan daun dari tanaman ciplukan sampai lembut, lalu oleskan ke bagian yang terkena penyakit kulit itu.

2. Mengobati Flu dan Demam

Sebentar panas, sebentar hujan. Mungkin keadaan itu tidak asing lagi bagi kita, dimana perubahan cuaca terjadi begitu ekstrim. Situasi ini membuat kita lebih rentan terkena berbagai penyakit, terutama flu dan demam. Walaupun termasuk penyakit ringan, namun dapat sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Namun jangan khawatir, memakan beberapa buah ciplukan dapat membantu meredakan gejala flu dan demam. Selain itu, manfaat buah ciplukan lainnya Anda dapat meminum air rebusan daun ciplukan untuk mempercepat penyembuhan.

3. Mencegah Penuaan Dini

salah satu menfaat buah ceplukan adalah mencegah penuaan dini. Awet muda adalah dambaan hampir setiap wanita. Untuk mendapatkannya, tak jarang para wanita rela merogoh kocek besar demi membeli berbagai produk kecantikan untuk melawan penuaan dini. Namun siapa sangka, ternyata buah ciplukan pun dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membentuk kolagen. Dengan begitu, kulit Anda akan terhindar dari kerut dan keriput yang datang sebelum waktunya.

4. Makanan Untuk Diet

Jika Anda sedang mencari makanan alternatif untuk program diet, buah ciplukan bisa menjadi salah satu pilihan. Buah ini merupakan asupan rendah kalori, yang hanya memilliki 53 kalori per 100 gram. Anda dapat mengkonsumsi buah ini setiap hari tanpa khawatir banyaknya kalori yang masuk ke tubuh. Namun jangan lupa, diet sebaiknya diimbangi dengan olahraga yang teratur, ya.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu ancaman yang menakutkan bagi banyak orang, karena dapat memicu munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Tak jarang pula orang merasa tenang dari ancaman kolesterol tinggi karena tubuhnya yang tidak gemuk. Namun jangan salah, orang kurus pun dapat terkena kolesterol jika asupan dan pola makannya tidak baik. Mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dengan kandungan asam oleat dan linoleat yang ada di dalamnya.

6. Menurunkan Darah Tinggi

Tidak hanya kolesterol, ternyata buah ciplukan juga bermanfaat untuk membantu menurunkan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya dengan merebus ciplukan kering ke dalam air sekitar 250 ml. Jangan lupa disaring sebelum meminumnya supaya tidak tertinggal ampas-ampas dalam minuman. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur setiap pagi dan sore. Perlu diingat juga untuk tidak mengkonsumsi minuman ini setelah 24 jam disimpan ya, karena kandungan manfaat di dalamnya sudah rusak.

7. Mengobati Penyakit Paru-Paru Basah

Masih sebagai obat, tanaman ciplukan dipercaya dapat mengobati penyakit paru-paru basah atau bronkitis. Ciplukan dapat dikonsumsi dengan keseluruhan bagian tanaman, dari akar hingga buah. Tanaman ciplukan yang telah dicuci bersih kemudian direbus sehingga menjadi minuman herbal. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya minum rebusan ciplukan ini tiga kali dalam sehari.

8. Mengobati Diabetes

Jika Anda merasa tenang dari ancaman diabetes karena merasa diabetes hanya menyerang orang yang sudah berumur, mungkin Anda perlu berpikir ulang. Kini diabetes justru banyak menyerang orang-orang di usia produktif, yang berarti orang yang lebih muda. Anda dapat mencegahnya dengan mulai memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, salah satunya dengan buah ciplukan. Buah ciplukan dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes karena memiliki senyawa yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, buah ciplukan dapat mengatur jumlah gula darah yang masuk ke dalam  tubuh.

9. Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara masih menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Penyakit ini masih menjadi pembunuh nomor satu yang mengintai para wanita. Karena itu, kita perlu melakukan berbagai tindakan preventif sebelum kanker payudara datang. Buah ciplukan dapat menjadi solusi karena mengandung senyawa fisalin dan withanolid. Kedua senyawa ini bersifat antikanker, dapat menghambat serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Bagi penderita kanker payudara sendiri, mengkonsumsi buah ciplukan dapat menjadi pengobatan alternatif disamping kemoterapi.

10. Penawar Racun

Ciplukan merupakan tanaman penawar racun, yang mana melarutkan racun melalui air seni. Selain itu, ciplukan juga membantu mengurangi kadar garam dan lemak berlebih dalam tubuh. Mengkonsumsi ciplukan secara teratur, baik buah ataupun bagian tanaman lainnya, dapat membantu menyehatkan tubuh terutama hati dan ginjal.

Nah, ternyata banyak sekali manfaat dari buah ciplukan. Anda dapat menanam buah ini di sekitar pekarangan rumah, karena tanaman ini termasuk mudah untuk tumbuh. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mengkonsumsi tanaman kecil yang memiliki berbagai manfaat ini. Demi hidup yang lebih sehat, tidak apa jika harus repot sedikit, bukan? So, let’s always try to be healthy!

2 comments

  1. Hei, apakah kamu keberatan membarkan saya mengetahui host situs mana yang kamu pakai aku
    sudah memasukkan website anda kke dalam 3 browser website yang sama sekali tidak serupa dan aaku harus menyampaikan bahwa blog ini banyak
    dimuat lebih langsung daripada rata-rata Dapatkah kamu
    merekomendasikan peyedia internet hosting yang baik bersama harga
    yg jujur? Terima kasih, aku menghargai itu!

    ReplyDelete
  2. aku selalu membaca parawgraf di surat info namun saat inii karena saya pembeli internet,
    mulai sejak saat iini aku memakai net untuk
    posting berkat web.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.