9 Buah Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Darah Tinggi

9 Buah Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Darah Tinggi


Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya, yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Darah tinggi ini terjadi akibat asam darah meningkat akibat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi kolestrol, yang akibatnya bisa merusak pembuluh darah hingga organ dalam lainnya.

Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Bagus

Banyak orang yang mempunyai darah tinggi enggan meminum obat karena khawatir akan efek sampingnya. Mereka lebih memilih perawatan secara alami dengan mengkonsumsi buah-buahan natural yang jelas nutrisinya. Namun ternyata, tidak semua buah memiliki manfaat untuk mengurangi darah tinggi. Apakah anda tahu buah apa saja yang baik untuk penderita darah tinggi? Jika ingin tahu, simak buah untuk menurunkan darah tinggi di bawah yah!

9 Buah Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Darah Tinggi


9 Buah Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Darah Tinggi

1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk penderita darah tinggi. Kandungan potassium yang tinggi di dalamnya akan dengan cepat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin. Potasium ini juga dapat mencegah seseorang terkena serangan jantung karena jantungnya selalu terlindungi. Apabila dikonsumsi secara rutin, buah pisang ini akan membuat tubuh lebih berenergi, kulit lebih halus, dan pencernaan akan lebih lancar.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang lezat dengan segudang manfaat, terutama bagi penderita darah tinggi. Buah ini dapat mencegah seseorang terkena penyakit stroke karena kandungan folatenya yang banyak. Selain itu, kandungan lemak baik, potasium, linoleic dan oleic acid dapat menurunkan tingkat LDL kolestrol dan meningkatkan tingkat kolesterol baik. Serat yang ada pada alpukat juga baik untuk pencernaan, yang dapat menurunkan resiko terkena kanker, diabetes, dan hipertensi.

3. Blewah

Buah blewah atau cantaloupe merupakan sejenis buah melon berwarna putih dan hijau yang juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Pada penderita darah tinggi dan diabetes, buah ini wajib dikonsumsi karena sudah terbukti dapat menurunkan tekanan dan kadar gula dalam darah. Hormon yang ada di dalam tubuh pun akan menjadi seimbang karena banyaknya kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Buah ini juga memiliki kandungan potassium, magnesium, dan beta-carotene yang dapat mencegah penyakit darah tinggi datang menerjang.

4. Pear

Selain baik untuk penderita darah tinggi, buah pear ini dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena banyak mengandung vitamin C. Satu buah pir setiap hari dapat mencukupi kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh selama seharian penuh. Buah ini juga kaya akan anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sedangkan untuk penderita darah tinggi, buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah anda. Penelitian menyebutkan bahwa buah ini dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh secara cepat natural.

5. Semangka

Buah berwarna merah yang terasa dingin di mulut ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk penderita darah tinggi. Menurut penelitian, kandungan potassium yang banyak pada semangka dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan ini juga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap dalam keadaan yang sehat dan prima. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang banyak yang dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

6. Stroberi

Buah stroberi sudah terkenal di seluruh dunia memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama bagi penderita darah tinggi. Buah memiliki kadar potassium yang tinggi, yang dapat menstabilkan tekanan darah serta mengandung antioksidan yang sangat kuat. Kandungan seratnya pun dapat menyerang dan menghancurkan kolesterol jahat, yang sekaligus dapat menjaga tubuh dari lemak jahat. Apabila rutin di konsumi, buah strawberry ini juga akan mencegah asam urat, sakit liver dan penyakit berat lainnya.

7. Jambu

Buah jambu memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, vitamin, protein, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh seorang penderita darah tinggi. Kandungan vitamin C yang lebih tinggi 4 kali lipat dari jerung dapat membuat sistem imun bekerja semakin optimal. Selain itu, kandungan potassium, zat besi, vitamin A dan B nya dapat menjaga tekanan darah pada level yang normal. Buah ini juga disarankan bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

8. Mangga

Mangga, buah manis berwarna kuning dan hijau ini memiliki kandungan potassium dan magnesium yang sangat banyak. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Buah ini juga mengandung banyak selenium, kalsium, zat besi dah phosphorus yang dapat membuat tubuh tetap sehat. Kandungan vitamin B6 yang ada pada buah ini juga dapat membantu otak untuk bekerja lebih optimal.

9. Blueberi

Hampir serupa dengan stroberi, buah blueberi ini merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk penderita darah tinggi. Menurut penelitian dari Harvard University dan University of East Anglia, kandungan bio-aktif pada bluberi dapat mengurangi tekanan dalam darah dan mencegah tubuh untuk terkena hipertensi. Selain itu, rasa manis pada buah bluberi dapat menjadi salah satu ‘obat’ cemilan bagi penderita diabetes tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Bagaimana? Sudah jelaskah buah untuk menurunkan darah tinggi? Ya, buah-buah di atas sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Banyak juga manfaat lain yang akan di rasakan pada tubuh apabila dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itu, mulai hari-hari Anda dengan memakan buah-buahan ini yah!

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.