8 Bahan Alami Untuk Membuat Wajah Menjadi Mulus dan Bebas Jerawat

8 Bahan Alami Untuk Membuat Wajah Menjadi Mulus dan Bebas Jerawat


Wajah mulus memang menjadi dambaan tiap wanita. Kulit yang cerah, cantik, dan terlihat sehat memang salah satu hal yang menentukan kecantikan seorang wanita. Kulit yang sehat akan membuat seseorang terlihat cantik.

Namun, berbagai gaya hidup dan kebiasaan manusia dapat mempengaruhi warna kulit wajah sehingga tidak lagi mulus, seperti stres karena tekanan pekerjaan, polusi, nutrisi yang tidak mencukupi, kurang tidur, kulit rusak akibat terkena sinar UV, kulit kusam akibat merokok, serta meminum alkohol secara berlebihan.

Cara Membuat Wajah Mulus Memanfaatkan Bahan Alami


8 Bahan Alami Untuk Membuat Wajah Menjadi Mulus dan Bebas Jerawat

Sangat banyak skincare dan produk perawatan kulit wajah yang dapat Anda temui di pasaran, namun tentunya harganya juga cukup mahal. Namun jangan khawatir, karena kini ada cara membuat wajah mulus di rumah, seperti dengan menggunakan 8 bahan berikut:

1. Buah Lemon


Lemon memang sudah sangat tersohor sebagai salah satu buah yang dapat mencerahkan kulit. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengangkat kulit mati pada wajah sehingga mencerahkannya. Lemon juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi bercak hitam pada kulit wajah dengan meremajakan kulit. Untuk menggunakan lemon, Anda bisa memilih 3 cara berikut:

Caranya:


Peras satu buah lemon, dan gunakan air perasannya untuk melumuri wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Setelahnya, gosokkan mentimun ke kulit wajah untuk menambah kelembutan dan kelembapan. Lakukan sekali sehari secara rutin.

Cara kedua adalah dengan memeras setengah buah lemon dan mencampurkannya dengan 2 sdm madu. Oleskan merata pada wajah selaa 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.
Untuk mengangkat kulit mati, campurkan dua sdt perasan lemon dan dua sdt gula. Nantinya campuran ini akan berbentuk scrub yang dapat digunakan untuk memijat kulit wajah. Lakukan scrub sebanyak seminggu sekali untuk kulit yang bersinar dan mulus.

2. Kunyit


Kunyit merupakan zat antiseptik alami yang sangat bak untuk mengurangi bekas luka serta bekas jerawat pada wajah. Kunyit juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih mulus. Untuk menggunakan kunyit, pilih salah satu dari 2 cara berikut:

Caranya:


Campurkan satu sdm bubuk kunyit dengan jus nanas untuk membuat pasta. Aplikasikan pada wajah dan leher hingga masker campuran ini kering seutuhnya. Bilas dengan air hangat dan lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mengurangi noda pada wajah.

Buatlah pasta campuran antara bubuk kunyit dan tepung gram, campurkan dengan sedikit air atau susu. Oleskan pada wajah dan leher hingga mengering dan basuh dengan air hangat setelah 15 menit. Sekali seminggu dengan masker ini, wajah Anda dijamin lebih mulus.

3. Madu


Untuk mendapatkan kulit yang mulus, tentunya kulit wajah memerlukan pelembab alami sehingga terlihat sehat dan segar. Madu merupakan salah satu pelembab alami yang memiliki sifat antibakteri, sehingga membantu pula menghindari timbulnya jerawat pada wajah. Untuk menggunakan madu, pilih salah satu dari 2 alternatif berikut:

Caranya:


Gunakan madu tanpa campuran apapun, oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan sekali sehari.
Campurkan satu sdt madu dengan 2 sdt susu. Tambahkan satu sdt tepung gram dan aduk hingga merata, oleskan ke wajah selama 20 menit. Lakukan sekali seminggu untuk kulit wajah mulus yang bersinar dan lebih cerah.


4. Aloe Vera (Lidah Buaya)


Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kulit. Pertama, bersifat sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, zat anti peradangan yang terdapat dalam lidah buaya membantu menyembuhkan kulit yang iritasi. Lidah buaya juga memiliki sifat astringen, yang membantu menyembuhkan luka lebi cepat. Ditambah lagi kemampuan lidah buaya yang dapat melembapkan kulit serta meremajakannya.

Untuk menggunakan lidah buaya, petik satu helai daunnya, kemudian ambil gel di dalamnya. Oleskan gel tersebut ke wajah dan leher hingga mengering selama sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 3-4 kali selama seminggu dan rasakan perbedaannya.


5. Baking Soda


Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue ternyata dapat menyeimbangkan pH kulit, yang sangat penting untuk menjaga kulit agar lebih cerah. Baking soda memiliki kandungan antiseptik dan anti peradangan, juga dapat mengangkar sel-sel mati dan berbagai kotoran yang membuat wajah tidak mulus.

Untuk menggunakan baking soda, campurkan satu sdt baking soda dengan satu sdt air atau perasan lemon sehingga menghasilkan busa. Kemudian aplikasikan pada wajah dan gosok perlahan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus. Ulangi 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Mentimun


Mentimun mengandung zat yang dapat membuat kulit lembab, menutrisi kulit, serta membuat kulit lebih mulus dengan memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengangkat sel kulit mati. Untuk menggunakan mentimun, pilih salah satu alternatif berikut:

Caranya:


Iris-iris mentimun sedikit tebal, kemudian gosokkan irisan mentimun tersebut pada wajah. Biarkan ekstrak mentimun menempel di wajah semalaman, kemudian bilas dengan air hangat di pagi hari.

Blender campuran antara mentimun dan lemon untuk d ijadikan masker wajah. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering sebelum dibilas dengan air hangat.

7. Pepaya


Buah pepaya yang mudah sekali didapat di Indonesia ini ternyata juga dapat meningkatkan tekstur kulit serta menjaganya tetap cerah. Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai antibakteri yang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk menggunakan pepaya, lakukan langkah-langkah berikut:

Caranya yaitu:


Potong-potong pepaya menjadi bagian yang kecil.
Tambahkan satu sdt madu. Hancurkan hingga membentuk pasta.
Oleskan pada wajah dan leher selama setengah jam.
Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah.
Aplikasikan air mawar ke wajah setelahnya untuk menjaga kesegaran.

8. Minyak Kelapa


Minyak kelapa sangat kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit seperti timbulnya kerutan halus. Minyak kelapa juga akan membantu kulit menjadi lebih lembut dan ternutrisi, serta dapat masuk ke bagian terdalam kulit untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Untuk menggunakan minyak kelapa, lakukan langkah-langkah berikut:

Caranya adalah:


Hangatkan sedikit minyak kelapa di microwave.
Oleskan secara merata ke wajah, leher, tangan, dan kaki.
Pijat halus selama 10 menit.
Bilas dengan air hangat, lakukan sekali dalam sehari.

Demikianlah 8 macam bahan yang dapat digunakan sebagai cara membuat wajah mulus. Semoga bermanfaat bagi Anda yang bersemangat untuk membuat kulit lebih cantik dan menawan

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.