10 Hal yang Tidak Boleh diLakukan Saat MenCharger Smartphone

10 Hal yang Tidak Boleh diLakukan Saat MenCharger Smartphone

Baterai adalah komponen yang bisa dibilang vital bagi sebuah smartphone. Dalam pengunaannya sehari-hari, baterai sendiri membutuhkan pengisian daya dalam jangka waktu tertentu atau yang kita kenal dengan istilah charging atau ngecas. Sebagai pengguna smartphone, kamu tentu juga melakukannya, bukan?

10 Hal yang Tidak Boleh diLakukan Saat MenCharger Smartphone


Lalu sudah benarkah cara kamu ngecas smartphone selama ini? Atau sudahkah kamu menghindari hal-hal yang gak boleh dilakukan kala smartphone kamu dalam proses pengecasan? Berikut ini kasih tau sepuluh hal yang haram dilakukan saat ngecas smartphone.

10 Hal yang Tidak Boleh diLakukan Saat MenCharger Smartphone

1. Pakai Charger KW alias Abal-abal

Enggak cuma smartphone, perangkat pendukung lainnya termasuk charger juga mungkin mengalami kerusakan. Jika itu terjadi, kita tentunya membutuhkan charger baru. Buat kamu yang hemat alias ngirit charger KW dengan harga miring pastinya sangat menggoda, bukan?

Tapi demi kebaikan baterai dan smartphone kamu, disarankan agar jangan sekali-kali membeli dan menggunakan charger abal-abal. Meski aman dari segi kantong, menggunakan charger KW cepat atau lambat akan berdampak pada kerusakan baterai dan smartphone kamu.

2. Selalu Gunakan Fitur Fast Charging

Dengan padatnya aktivitas, fitur fast charging yang ditawarkan nyari seluruh produsen smartphone memang dirasa sangat membantu para pengguna. Dengan kapasitas baterai besar, kita gak perlu menunggu untuk waktu lama sampai baterai smartphone terisi.

Sayangnya, fitur fast charging ternyata bisa berdampak buruk bagi smartphone jika terlalu sering digunakan. Menggunakan fitur fast charging artinya memerlukan voltase lebih besar dan menghasilkan temperatur lebih panas yang lama-kelamaan akan merusak baterai smartphone.

3.Tetap Pakai Case Saat Ngecas

Masih ada hubungannya dengan temperatur alias suhu panas. Jangan sekali-kali biarkan smartphone kamu tetap menggunakan case selama proses pengecasan. Jika kamu termasuk pengguna yang memasang case untuk melindungi smartphone atau sekadar gaya, sebaiknya lepaskan dulu case tersebut kala akan ngecas.

Tetap menggunakan case saat proses pengecasan tentu membuat suhu smartphone jauh lebih panas. Jika hal itu terjadi hampir setiap saat smartphone di-cas, maka otomatis akan berdampak pada kerusakan baterai itu sendiri. Kerusakan bisa terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

4. Ditinggal Tidur Semalaman

Hal yang satu ini sampai sekarang masih jadi perdebatan buat beberapa pihak. Ada yang yakin bahaya ngecas smartphone semalaman hanya mitos semata, ada pula yang percaya bahwa ngecas smartphone semalaman bisa merusak baterai.


Kalau di atas kita sudah bahas soal suhu, tentu baterai smartphone akan jadi panas banget jika semalaman di-cas. Jadi, kali ini sarankan agar kamu enggak melakukan hal ini. Kamu sebaiknya bisa mengatur waktu dengan bijaksana termasuk untuk ngecas smartphone.

5. Pakai Berbagai Aplikasi Baterai

Sebagai pengguna smartphone, kamu tentunya ingin memanfaatkan banyak aplikasi termasuk aplikasi pendukung baterai. Berbagai aplikasi yang berhubungan dengan baterai tersedia untuk kamu gunakan mulai dari aplikasi penghemat baterai sampai aplikasi memperpanjang umur baterai.

Namun, menggunakan aplikasi pendukung baterai ternyata bisa berdampak buruk bagi baterai smartphone loh. Menggunakan lebih banyak aplikasi, termasuk aplikasi baterai, tentunya membutuhkan daya baterai ekstra yang dengan kata lain sama saja akan menguras baterai smartphone kamu.

6. Main Game


Hal yang satu ini rasanya enggak perlu penjelasan lebih lanjut. Gaming adalah salah satu aktivitas yang paling menguras baterai. Melakukannya sambil ngecas? Tentu akan memperpendek usia alias bikin cepat rusak baterai smartphone kamu.

7. Ngecas Seadanya atau Sampai Full

Kamu termasuk tipe pengguna yang sering ngecas smartphone sedikit demi sedikit? Atau justru kamu adalah tipe yang harus ngecas sampai full 100%? Dua hal tersebut nyatanya sama-sama bikin baterai smartphone kamu cepat rusak lho. Kenapa?

Angka ideal untuk kamu ngecas smartphone adalah hingga menyentuh angka 80%. Angka ini diyakini adalah yang paling ideal untuk menunjang daya tahan baterai. Selain itu, usia baterai akan jadi lebih panjang alias awet jika selalu di-cas hingga angka 80% ketimbang full 100%.

8. Ngecas Saat Baterai Masih Cukup

Kamu termasuk yang suka ngecas kapan aja, termasuk saat baterai smartphone bahkan masih menunjukkan angka 50%? Hal itu juga jadi salah satu faktor yang bisa mempercepat kerusakan baterai. 20% adalah angka aman untuk kamu mulai mengecas smartphone, di atas itu sebaiknya kamu hindari ya.

9. Pakai Powerbank KW Alias Abal-abal

Layaknya charger, menggunakan powerbank KW alias abal-abal tentunya juga akan merusak baterai smartphone kamu. Sekali lagi Jaka ingatkan agar jangan tergiur dengan harga murah untuk benda yang satu ini karena ujung-ujungnya malah akan merusak smartphone kamu.

10. Gunakan Smartphone saat Terhubung dengan Powerbank

Sama halnya ketika sedang di-cas menggunakan charger, kamu juga sebaiknya hindari untuk menggunakan smartphone saat sedang di-cas menggunakan powerbank. Segala aktivitas seperti chatting, foto-foto apalagi gaming lebih baik kamu hentikan dulu sementara waktu hingga proses pengecasan

Itulah sepuluh hal yang haram kamu lakukan atau sebaiknya kamu hindari saat ngecas smartphone. Tentunya kamu gak mau kan keluar budget ekstra cuma untuk ganti baterai yang cepat rusak? Dengan menghindari hal-hal di atas niscaya baterai smartphone kamu akan lebih awet alias berumur panjang.
source 

1 comment

  1. Greetings, I do think your website could be having internet browser compatibility issues.
    When I take a look at your blog in Safari, it looks fine however when opening in IE, it's got some overlapping
    issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up!

    Besides that, excellent website!

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.