Anti Mainstream! 5 Negara Ini Memiliki Perayaan Tahun Baru Yang Berbeda

Anti Mainstream! 5 Negara Ini Memiliki Perayaan Tahun Baru Yang Berbeda

Kalau ngomongin bulan desember nih, sobat semua pasti tahu dong bahwa akan ada perayaan tahun baru. Perayaan Tahun Baru umumnya identik dengan pesta kembang api dan /atau meniupkan terompet

Perayaan Tahun Baru



Tentunya ada banyak momen baik itu yang menyenangkan, menyedihkan, mengenaskan sudahsobat cicipi di tiap bulan demi bulan yang berlalu. Tentu pula terselip harapan baru untuk di tahun yang akan datang. Bebas deh! Semua orang punya planningnya masing-masing 

Tapi di artikel ini saya bukan mau ngomongin resolusi yah, saya mau ajak sobat untuk cari tahu bahwasanya di luar negeri sana ada negara-negara yang merayakan tahun barunya berbeda dengan kita-kita, kalau bahasa kekiniannya sih anti-mainstream!


Gak cuma agan sista yang penasaran, saya juga ikut penasaran. Jadi daripada penasaran terus mending kita scroll kebawah. 

5 negara berikut ini juga punya tradisi atau perayaan tahun baru yang unik

1. Manila, Filipina

Sebagian orang Filipina mematuhi serangkaian tradisi malam tahun baru. Di antaranya terdapat tradisi mengenakan baju bermotif bulat-bulat (polka dot), karena bentuk lingkaran dipercaya mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, tradisi mengguncang-guncang uang logam di dalam panci bertutup sambil berkeliling di dalam rumah, dan menghidangkan buah berbentuk bundar dipercaya mendatangkan keberuntungan. Untuk pesta kembang api, kamu bisa melihatnya di Lapangan Plaza Sulayman atau Manila Bay.



2. Hong Kong, Tiongkok

Perayaan Tahun Baru Di Hong Kong, orang berkumpul di pinggir pantai distrik Central, Causeway Bay, dan Tsim Sha Tsui untuk melihat permainan cahaya (Symphony of Light) di gedung-gedung pencakar langit sepanjang Pelabuhan Victoria. Pesta detik-detik pergantian tahun diadakan di lapangan Times Square dan Ocean Terminal.


3. Tokyo, Jepang

Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan berbagai tradisi “toshi koshi” (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun (31 Desember hingga 1 Januari pagi hari) disebut “joya” (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga. Pada malam pergantian tahun tahun baru, di Jepang terdapat tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba dan ikan sarden (toshikoshi iwashi). Di malam pergantian tahun, kuil-kuil Buddha melakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia.


4. Auckland, Selandia Baru

Auckland terletak 496,3 km sebelah barat batas penanggalan internasional yang menjadikannya kota besar pertama di dunia yang mengalami pergantian tahun. Malam tahun baru dirayakan dengan berpesta di jalan-jalan utama dan pesta kembang api. Di kota-kota lainnya, dewan kota biasanya mengadakan pesta-pesta lokal, karnaval, dan pesta kembang api.

5. Taipei, Taiwan

Sebagian orang Taiwan merayakan malam tahun baru dengan menghadiri panggung musik di kota-kota besar. Layar super lebar digunakan untuk saling berteriak mengucapkan ucapan selamat tahun baru dengan lokasi pesta di kota-kota lain di Taiwan. Di Taipei, keramaian berpusat di kawasan bisnis dan perbelanjaan sekitar gedung Taipei 101. Orang yang berkumpul di jalan-jalan sekeliling Taipei 101 berteriak bersama menghitung detik-detik pergantian tahun mulai dari 10 hingga nol. Selapis lampu di gedung Taipei menyala pada setiap hitungan. Setiap lapis terdiri dari 8 lantai, dan seluruhnya ada 8 lapis lampu pada gedung Taipei 101. Pada setiap hitungan, kembang api diluncurkan ke segala penjuru dari setiap lapis lampu.


Kalau Perayaan Tahun Baru di tempat kamu, ada budaya / tradisi unik apa nih saat malam Tahun Baru?

semoga artikel ini berfaedah dan bisa menambah khasanah pengetahuan sobat ya! Selamat menyambut tahun 2018 ya, jadilah lebih baik dan lebih baik lagi dari tahun sebelum-sebelumnya. Jangan lupa tinggalkan jejaknya, ya! 

source : wikipedia 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.